Kemudahan Berjualan di Marketplace yang Perlu Kamu Ketahui

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Nov 13, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Kini sudah banyak orang yang dulunya berbisnis offline ataupun hanya melalui media sosial kini mulai beralih berjualan di marketplace. Berjualan di marketplace ini dianggap lebih aman dan nyaman.

    Ditambah, barang yang tersedia di dalam marketplace sangat beragam dan memiliki harga yang juga sangat bersaing. Konsumen hanya duduk manis dirumah, memilih barang yang mereka inginkan, dan proses pesanan tersebut akan diproses oleh penjual. Hal ini membuat konsumen lebih nyaman untuk melakukan transaksi lewat marketplace.

    Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa itu marketplace? Marketplace adalah pasar, tempat, atau bisa juga disebut wadah melakukan transaksi jual beli secara online. Ibarat di pasar konvensional, marketplace ini sama dengan mal atau pusat perbelanjaan yang dipenuhi oleh para pedagang atau toko-toko dengan berbagai pilihan dan penawaran produk.

    Di Indonesia sendiri, marketplace atau pasar online sudah sangat banyak dan beragam, kamu dapat memilih Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Walaupun sekilas semuanya terlihat sama, namun sebenarnya mereka memiliki bisnis model yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan karakteristik produk atau jasa kamu, karena masing masing marketplace memiliki karakteristik tersendiri.

    Lalu Apa Saja Keuntungan Berjualan di Marketplace?

    1. Selalu Mengadakan Promosi

    Marketplace akan banyak membantu kamu dalam penjualan, karena marketplace berani memberikan event ataupun penawaran promosi yang menarik minat para pembeli. Sehingga banyak sekali orang yang berkunjung yang masuk ke dalam marketplace tersebut. Dengan demikian kamu bisa lebih efisien dalam hal biaya promosi dan usaha mendatangkan calon konsumen lapak kamu berjualan di marketplace.

    2. Tanpa Biaya

    Kamu bisa membuka toko lebih dari satu toko maupun hanya satu tergantung ketentuan marketplace tersebut dan berjualan di dalamnya. Selain banyaknya pembeli yang tinggi, kelebihan menggunakan marketplace adalah kamu tidak dipungut biaya. Sehingga memudahkan penjual dan juga pembeli.

    Lain halnya apabila kamu berjualan di pasar konvensional, kamu harus mengeluarkan biaya untuk menyewa kios, listrik, dan lain sebagainya.

    3. Aman dan Terpercaya

    Salah satu penyebab marketplace banyak diminati oleh penjual dan pembeli adalah karena keamanannya. Uang pembeli tidak akan hilang, sebab uang akan tertahan di marketplace sebelum proses pesanan dipastikan sampai ke tangan pembeli.
    Jika barang yang dibeli oleh pembeli sampai dan sesuai dengan keinginan mereka, maka uang baru akan diberikan kepada si penjual. Sistem ini sama dengan rekening bersama, yang melibatkan tiga pihak antara pembeli, penjual, dan pihak marketplace itu sendiri.

    Ada juga marketplace yang melayani pembayaran dengan sistem COD (Cash on Delivery) atau pembayaran di tempat. Dengan cara ini, pembeli pun merasa aman dan nyaman bertransaksi karena tidak perlu takut uangnya hilang atau membeli barang yang tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Dengan demikian kamu sebagai penjual, akan sangat terbantu dalam pelayanan serta manajemen keuangan dalam jual beli.

    Begitulah beberapa keuntungan berjualan di dalam marketplace yang bisa kamu coba. Selain berjualan melalui website dan sosial media, mencoba berjualan di marketplace juga tidak ada salahnya.
     
Loading...

Share This Page