Kemudahan menjalankan usaha

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by aidatour, Jun 14, 2017.

  1. aidatour

    aidatour Member

    Joined:
    Feb 17, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Berawal dari niat untuk memiliki usaha sendiri, saya mulai mencari tau bagaimana cara memulai usaha. Saat itu saya masih bekerja sebagai supervisor di perusahaan swasta. Setiap hari rasanya keinginan untu resign semakin kencang saja. Target terus meningkat, tekanan datang terus-menerus. Jenjang karir juga tidak bisa diharapkan, gaji cukup walaupun tetap saja rasanya kurang.

    Kemudian ada rekan saya yang mengajak untuk bergabung dengan komunitas bisnis online. Di tengah kesibukan saya sempatkan mampir. Ternyata banyak manfaat yang saya dapat. Mereka membuka mata saya bahwa bisnis tidak harus melulu dimulai dengan modal yang besar. Kita bisa cari produsen produk yang kita pilih, lalu pasarkan secara online. Simpel, tidak harus sewa toko, beli peralatan serta menumpuk stok barang.
    Tokonya pun cukup secara online. Saya juga dikenlkan dengan konsep internet marketing. Saya yang awalnya buta dengan konsep internet marketing pelan-pelan mulai paham. Intinya bagaimana agar semakin banyak pembeli yang tertarget mengunjungi dan melihat toko online kita. Pada akhirnya tentu saja mereka diharapkan membeli produk kita.

    [​IMG]

    Perjuangan awal adalah pada saat survei mencari produsen. Saya yang kebetulan lahir dari keluarga pekerja sama sekali tidak memiliki pengalaman tentang urusan dagang. Beberapa produsen di Jakarta dan Jawa Barat kami sambangi. Hasilnya beragam, kebanyakan belum memuaskan. Mungkin karena modal kami yang juga tidak terlalu besar, dan produk serta harganya juga belum cocok dengan kondisi kami. Memang disitulah letak pembelajarannya, makin banyak produsen yang kami kunjungi makin terasah intuisi bisnis kami. Setelah proses pencarian yang tidak singkat, akhirnya kami menemukan satu produsen yang pas. Dan ternyata letaknya tidak jauh dari tempat usaha kami. Begitulah kalau sudah jodoh, dicari kemana- mana ketemunya di dekat rumah juga. :):)

    Saat ini Alhamdulillah toko online kami sudah sangat berkembang, omzet kami sudah cukup stabil dan perputaran stok barang dagangan sangat sehat. Kami sudah mulai menambah pegawai, ada yang mengurusi marketing online dan juga packaging. Tidak terasa sudah lebih dari 4 tahun usaha kami berjalan dan Insya Allah semakin baik. Allah menjawab doa saya ketika merasa bimbang memutuskan terus bekerja atau memulai usaha. Sekarang Insya Allah kami akan berusaha mengembangkan bisnis online kami secara Islami. Mudah-mudahan kedepannya bisa membantu orang-orang disekitar kami yang membutuhkan pekerjaan. Tahun ini saya dan istri merencanakan berangkat umroh bersama keluarga. Kami sudah menyisihkan sebagian keutungan usaha kami untuk bisa berangkat ke tanah suci. Kebetulan kami kenal pengusaha umroh murah yang satu komunitas bisnis online dengan kami.

    Untuk kedepannya kami berencana menambah produk bisnis online kami yang masih mendekati produk lama. Kami memang memiliki konsep pendekatan calon konsumen yang tersegmen. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi teman-teman yang juga ingin memulai usaha namun masih ragu karena banyaknya pertimbangan. Wassalam
     
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,108
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Yang pasti Tidak semudah membaca den.
     
  3. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    usaha itu gak segampang apa yang ditulis, perlu perencanaan matang bahkan harus sangat cermat dalam perencanaan
     
Loading...

Share This Page