Kenali Berbagai Jenis Trafo Dan Kegunaanya, Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Discussion in 'General Discussion' started by Zuli Haismi, Aug 13, 2020.

  1. Zuli Haismi

    Zuli Haismi New Member

    Joined:
    Apr 27, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siapa sih yang tidak menggunakan listrik jaman sekarang. Bahkan listrik sudah masuk hingga ke pedalaman loh. Nah, bagi kamu yang selalu menggunakan listrik setiap hari pasti sudah akrab dengan peralatan yang satu ini, Trafo. Mungkin listrik di rumah kamu pernah rusak gara-gara trafo. Sebenarnya apa sih trafo, jenisnya apa saja, dan apa fungsinya dalam arus listrik?

    Bagi kamu mungkin yang saat ini sedang mencari trafo untuk kebutuhan arus listrik di rumahmu, saat ini sudah banyak yang menjual secara online kok. Jadi kamu tidak perlu repot-repot ke toko untuk mencarinya. Kamu tinggal menggunakan kata kunci Jual Trafo Murah atau Distributor trafo, Kamu langsung akan menemukan berbagai toko online yang menjual trafo.

    Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis trafo dan kegunaannya, dan tentunya hal ini akan sangat membantu kamu yang sering mengalami kerusakan listrik karena trafo. Simak saja yuk langsung ulasanya berikut ini.

    Trafo merupakan alat listrik yang berfungsi untuk mengubah atau menjadikan energi listrik ke arus dc dan ke arus ac. Bekerja pada prinsip elektromagnetik dan dapat juga bekerja pada arus bolak-balik ( AC)

    Trafo merupakan komponen utama dalam dunia kelistrikan untuk menyalurkan listrik dari PLN, dimana besaran dayanya mencapai ratusan kilo volt. Cara kerjanya adalah arus listrik dihantarkan terlebih dahulu ke tower-tower dan kemudian disalurkan kembali melalui trafo ke rumah-rumah warga. Dan berikut ini adalah jenis-jenis trafo dan fungsinya.


    1. Transformator Step Up

    Trafo yang satu ini memiliki lilitan sekunder yang banyak jika dibandingkan dengan lilitan primer. Trafo ini berfungsi untuk menaikan tegangan dan biasanya digunakan dalam pembangkit listrik.


    2. Transformator Step Down

    Trafo step down memiliki jumlah lilitan yang sedikit dari jumlah lilitan primernya, fungsinya adalah untuk menurunkan tegangan.


    3.Transformator AutoTransformator

    Auto transformator hanya memiliki satu lilitan, sebagian lilitan primer disebut juga lilitan sekunder. Keuntungan jika menggunakan trafo ini adalah memiliki ukuran yang kecil oleh karena itu performanya lebih bagus dibandingkan trafo yang memiliki banyak lilitan.


    4.Transformator Autotransformator Variabel

    Trafo Autotransformator Variabel pada bagian tengahnya dapat diubah sehingga memungkinkan perubahan pada bagian lilitan primer dan sekunder.


    5. Transformator Isolasi

    Trafo isolasi memiliki jumlah lilitan sekunder dan primer yang sama. Tegangan primer dan sekundernya juga sama. Pastikan kamu memilih jenis trafo yang berkualitas jika kamu sedang membutuhkan nya. Sekarang ini sudah gampang banget kok mencari tempat menjual alat-alat listrik selain trafo, seperti Distributor panel listrik dan Jual Panel Murah. Kamu tinggal tanya saja ke mbah google, semua pasti tersedia.


    6. Transformator Pulsa

    Jenis trafo selanjutnya adalah trafo pulsa. Trafo yang satu ini dirancang untuk menghasilkan gelombang atau getaran pulsa. Trafo ini menggunakan bahan yang cepat naik, sehingga saat titik tertentu arus primer yang terdapat di trafo ini akan menghasilkan fluks magnet.


    7. Transformator Tiga Fase

    Trafo tiga fase biasanya dihubungkan secara bersamaan untuk bekerja pada arus primer dan sekundernya. Lambang pada arus primer adalah Y dan arus pada sekunder lambangnya ^


    Itulah jenis dan fungsi trafo yang sering dijumpai dalam alat-alat listrik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu ingin membeli trafo dan alat-alat listrik lainya, gak usah pusing nyari kemana-mana distributorpanel.net adalah solusinya. Disana tersedia Jual trafo PLN dan Panel Maker
     
Loading...

Share This Page