Kenali dan Cegah Kolesterol Berlebih bagi Tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by dkala, Jul 9, 2018.

  1. dkala

    dkala New Member

    Joined:
    May 16, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Kolesterol adalah lemak berwarna kekuningan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh manusia terutama di dalam hati. Kolesterol merupakan lemak yang penting namun terlalu berlebihan dalam darah dapat membahayakan kesehatan.Kolesterol termasuk zat gizi yang sukar diserap oleh tubuhdan termasuk dalam klasifikasi golongan lipid (lemak).Kolesterol berasal dari semua bahan makanan asal hewani, daging, telur, susu, dan hasil perikanan, jaringan otak, jaringan saraf, dan kuning telur.Kolesterol dalam tubuh berfungsi dalam pembentukan hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, pembentukan vitamin D, dan sebagai sumber energi.

    LDL (low density lipoprotein) kolesterol mengandung paling banyak kolesterol dan merupakan pengirim kolesterol utama dalam darah.Kolesterol dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan seperti sel otot jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kadar LDL kolesterol yang tinggi dan pekat di akan menyebabkan kolesterol lebih banyak melekat pada dinding-dinding pembuluh darah pada saat transportasi dilakukan.Kolesterol yang melekat perlahan-lahan akan menumpuk dan mengendap, membentuk plak pada dinding-dinding pembuluh darah. Tumpukan ini dapat menyebabkan rongga pembuluh darah menyempit, sehingga saluran darah terganggu dan bisa mengakibatkan risiko penyakit pada tubuh seseorang seperti stroke, jantung koroner, dan lain sebagainya.

    Risiko kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

    [​IMG]

    Pertama, faktor genetik. Keluarga dengan kadar kolesterol tinggi, kemungkinan keturunannya memiliki kadar kolesterol tinggi pula.

    Kedua, faktor Usia.Semakin bertambahnya usia, aktivitas fisik akan berkurang dan metabolisme akan melambat yang akan memudahkan penumpukan kolesterol tubuh.

    Ketiga, kegemukan.Kelebihan kalori pada tubuh, mengakibatkan penimbunan kalori yang akan menjadi lemak.Timbunan lemak ini dapat menimbulkan risiko tekanan darah tinggi, jantung, strok karena saluran darah tertutup oleh kolesterol yang mengendap.

    Keempat, kurang berolahraga. Kurang olahraga akan meningkatkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi akan menyebabkan kolesterol lebih banyak melekat pada dinding-dinding pembuluh darah sehingga rongga pembuluh darah menyempit.

    Kelima, tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan jantungbekerja lebih keras, aliran darah akan lebih cepat dari tingkat yang normal sehingga saluran darah semakin kuat menekan pembuluh darah yang ada. Tekanan yang kuat itu dapat merusak jaringan pembuluh darah itu sendiri. Pembuluh darah yang rusak sangat mudah sebagai tempat melekatnya kolesterol, sehingga kolesterol dalam saluran darah pun melekat dengan kuat dan mudah menumpuk.

    Keenam, penderita diabetes Tingginya tingkat gula darah pada seseorang akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.Penderita diabetes yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat memicu tubuhnya untuk memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya penumpukan kolesterol di dalam darah pun akan semakin banyak dan meningkatkan risiko memiliki kadar kolesterol di dalam tubuh dan penyakit jantung.

    Ketujuh, kebiasaan merokok.Kebiasaan merokok akan menyebakan konsentrasi yang tinggi pada LDL kolesterol. Nikotin di dalam rokok merupakan salah satu zat yang mengganggu metabolisme kolesterol di dalam tubuh.

    [​IMG]

    Kelebihan kolesterol tubuh bukanlah hal yang jarang lagi ditemui di era ini, termasuk di negara Indonesia.Dokter spesialis penyakit dalam dan jantung, Djoko Maryono mengatakan kadar kolesterol dan kematian orang Indonesia dengan orang Amerika berada dalam kisaran yang sama. Hal ini akibat gaya hidup dan konsumsi makanan yang hampir sama, yaitu makanan yang mengandung kolesterol seperti daging merah, sumber makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Djoko menyebutkan di Indonesia ada 25 dari 1.000 orang meninggal akibat kolesterol. Akibat kadar kolesterol yang tinggi itu, orang Indonesia banyak mengidap penyakit jantung dan stroke.Bahkan sejak tahun 2005-2015, Djoko mengatakan penyakit jantung akibat kolesterol selalu bertengger di posisi paling atas dalam daftar penyakit yang menyebabkan orang meninggal. Salah satu penyebab terjadinya peningkatan kolesterol pada orang Amerika dan orang Indonesia adalah orang Indonesia suka makan enak tapi tidak suka aktivitas fisik.Kurang olahraga ini yang juga memicu peningkatan kolesterol.

    [​IMG]

    Agar tidak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, perlu dilakukan pencegahan sejak dini dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan akitvitas fisik (olah raga). Selain itu, konsumsi suplemen juga dapat membantu mengurangi resiko kolesterol tinggi. Suplemen omepros adalah pilihan yang tepat. Omepros adalah suplemen makanan yang membantu mengurangi resiko terjadinya penimbunan lemak darah yang memiliki kandungan omega 3,6,9 ditambah EPA, DHA, dan Vitamin E dari blackcurrant seed dan salmon oil. Suplemen ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin hidup sehat secara seimbang.
     
Loading...

Share This Page