Kenali dan Perhatikan Cara Membuat Kopi

Discussion in 'General Discussion' started by dian42, Sep 27, 2016.

  1. dian42

    dian42 New Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Satu riset menumukan ada jalinan pada depresi dengan minum kopi. Terlebih pada wanita yang kerapkali memperoleh depresi oleh sebagian aktivitas keseharian. Kandungan kopi bisa menolong meminimalkan depresi. Untuk yang konsumsi kopi bakal kurangi 10 % depresi daripada mereka yg tidak konsumsi sekalipun. Walau kandungan cafein ada pada soda, walau demikian riset ini tak temukan jalinan pada minuman soda dengan penurunan depresi karena kandungan gula yang sangat tinggi. Hingga buat anda yang menginginkan memperoleh faedah kopi baiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.

    Kopi sebaiknya jangan langsung disiram dengan air mendidih. Jika air terlalu panas, bubuk kopi justru akan hangus, dan akhirnya akan mempengaruhi rasa dan aroma. Untuk mendapatkan minuman kopi yang enak, diperlukan suhu air sekitar 90 derajat celsius. Caranya, masaklah air hingga benar-benar matang. Lalu diamkan sejenak selama tiga puluh detik, baru kemudian dituangkan ke dalam gelas berisi kopi. Agar suhu minuman tetap hangat, disarankan untuk menyajikan dalam cangkir porselen yang cukup tebal.



    Arabika VS Robusta
    Arabika dan robusta adalah dua jenis kopi yang berbeda. Arabika memiliki kadar kafein lebih rendah dari robusta. Arabika adalah jenis kopi yang paling banyak di konsumsi di dunia. Robusta harganya lebih murah dari arabika, meski rasanya lebih pahit. Kopi yang sering dijual di pasar umumnya adalah robusta, bisa jadi karena harganya lebih ekonomis.atau anda bisa juga mencoba kopi buatan Mrocoffee

    Risiko kafein
    Manfaat kafein bagi kesehatan sudah cukup sering diulas. Yang juga perlu diketahui adalah efek sampingnya. Kafein bisa meningkatkan tekanan darah sehingga arteri menjadi kaku. Konsumsi kafein secara rutin dalam dosis tinggi juga tidak disarankan untuk penderita diabetes tipe dua. Kafein juga menyebabkan sulit tidur, rasa terbakar di dada, dan kecemasan.

    Kafein menyebabkan kecanduan?

    Menurut Melinda Ratini, DO, MD, dari Lower Bucks Hospital, Amerika, kafein dalam kopi bisa merangsang saraf pusat dan konsumsi secara rutin bisa berpengaruh pada ketergantungan kopi. Namun, kafein tidak membahayakan kesehatan fisik dan sosial seperti halnya narkotika. (www.webmd.com, 20 Maret 2013).

    Namun selain resiko ternyata kafein ini juga bisa di jadikan obat. Kafein yang diolah bersama sodium atau potasium sudah dipakai dalam obat-obatan untuk menolong bayi prematur bernapas. Obat tersebut juga membantu anak balita yang mengalami gangguan pernapasan setelah operasi. Kafein juga terdapat dalam obat migrain dan terkadang dikombinasikan dengan aspirin dan asetamenopen untuk meningkatkan efektivitasnya.



    Jenis jenis Kopi
    [​IMG]

    • Caffe Latte
    Bahasa italianya kopi susu. Merupakan espresso yang ditambahkan dengan atau tiga kali takaran susu dari teko besar yang biasanya disediakan di bar.

    • White Coffee
    kopi putih yang tidak putih. Akhir-akhir ini kita sering mendengar mengenai “White Coffee” atau kopi putih, bahkan belakangan ini kita juga telah melihat iklannya di media cetak dan televisi. Tahun lalu pun di Jakarta mulai dibuka gerai kopi waralaba yang menyuguhkan kopi putih. Sebenarnya apakah yang disebut kopi putih atau white coffee itu, berikut ini adalah beberapa determinasi mengenai kopi putih.

    • Cappuccino
    Merupakan Espresso yang ditambahkan susu panas yang dibusakan. Minuman classic utnuk sarapan orang italia yang dipercaya lebih ‘berat’, komposisi terbaiknya terdiri dari sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiga busa susu yang pekat. Disajikan dalam cangkir yang lebih besar dari susu cangkir espresso biasa. Biasanya diminum dengan gula.

    • Espresso
    Biasa di sebut normale di Italia dan adalah jenis kopi yang paling populer. Merupakan air kopi murni dengan warna hitam dan kental, dan menjadi dasar pembuatan banyak jenis kopi lain. Disajikan dalam sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Biasa diminum dengan atau tanpa gula.

    Satu espresso shot mengandung 30–50mg kafein, sementara 1⁄2 gelas filter coffee mengandung sebanyak 200mg! Penyebabnya adalah waktu pembuatannya, alias brew time. Saat membuat espresso, air melakukan kontak dengan bubuk kopi selama 20–30 detik, tapi saat filter coffee di–brew, air menyentuh bubuknya selama empat menit, jadi kafein yang terserap pun lebih banyak.

    • Machiato
    Asal katanya berarti ternodai. Merupakan Espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kalau cangkirnya lebih besar namanya jadi Cappuccino.

    • Marachino
    Konon kopi khas orang Maroko yang mempunyai banyak penggemar di Milan. Sebenarnya merupakan espresso ditambah busa susu panas dan taburan coklat diatasnya. Disajikan dalam cangkir kecil.



    Alasan Kopi Di Larang di Minum Di pagi Hari
    Inilah yang sering menjadi gaya hidup manusia modern masa kini, duduk rapi minum kopi sambil baca koran atau berita online. Banyak orang yang berpikir minum kopi di pagi hari akan meningkatkan semangat Anda, namun ternyata anggapan seperti itu merupakan hal yang keliru.

    AsapSCIENCE dalam video mereka menjelaskan alasan larangan minum kopi di pagi hari. Tubuh kita secara alami memiliki ritme sirkadian, dan itu tidak berhenti sepanjang hari sesuai jadwal perbaikan alami dalam tubuh maupun produksi hormon-hormon tertentu. Secara khusus, mereka telah meneliti bahwa tubuh kita memproduksi kortisol di saat-saat tertentu. Namun lonjakan produksi kortisol terjadi antara pukul 08:00 – 09:00 pagi yang berarti tubuh manusia secara alami mengambil langkah-langkah untuk membangunkan diri dari rasa kantuk.

    Seperti yang selama ini banyak diduga oleh orang-orang, anggapan minum kopi di pagi hari dapat memancing semangat sebenarnya adalah sebuah kekeliruan. Ilmuwan mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein pada jam itu hanya akan mengurangi efek dari lonjakan kortisol yang bermanfaat secara alami untuk menyegarkan pikiran Anda di pagi hari.



    Cara membuat kopi Lebih Sehat


    • Pertama, Anda perlu menghindari menambahkan gula halus atau pemanis buatan berbahaya dalam secangkir kopi. Sebagai gantinya adalah menggunakan sirup maple organik atau ekstrak dari daun stevia alami untuk sedikit mempermanis kopi. Atau Anda bisa menambahkan gula merah yang lebih sehat daripada gula biasa. Di sisi lain, jika Anda suka kopi hitam tanpa pemanis sama sekali, itulah cara yang lebih sehat.
    • kedua, Anda juga harus mencoba untuk menghindari penggunaan creamers buatan (cair atau bubuk), yang biasanya dibuat dengan padatan sirup jagung dan minyak terhidrogenasi (lemak trans yang berbahaya). Sebaliknya, gunakan sedikit krim. Lemak dalam krim akan mengurangi rasa pahit kopi. Krim juga memiliki rasa manis alami. Jika sulit mendapatkan krim yang mengandung lemak, Anda bisa menggunakan krim kelapa sebagai salah satu alternatif creamer sehat.
    • ketiga, jika Anda ingin menjaga antioksidan dalam kopi yang lebih sehat dengan rasa yang enak, dapat mempertimbangkan untuk mencoba beberapa kayu manis ke dalam cangkir kopi Anda. Kayu manis dapat membantu mengontrol gula darah dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Kayu manis juga benar-benar lezat dicampur dalam secangkir kopi!

    Sumber : https://coffeenewsweb.wordpress.com/2016/09/27/jenis-kopi-cara-membuatnya/
     
  2. Pikiranku

    Pikiranku Member

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    bagusnya jika ingin mengenal kopi bukan hanya dari namanya saja, tetapi lewat uji cita rasa atau cupping test yang biasa di lakukan laboratorium. Uji akan sangat bermanfaat, karena kita akan tahu cita rasa kopi itu seperti apa, ada yang rasa jeruk kayak kopi kintamani, atau rasa coklat seperti punya Kotamobagu
     
Loading...

Share This Page