Kenali Jenis-Jenis Bearing Pada Kendaraan Beserta Fungsinya

Discussion in 'Otomotif' started by kucing.kampung, Jul 23, 2019.

  1. kucing.kampung

    kucing.kampung New Member

    Joined:
    Jan 12, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kenali Jenis-Jenis Bearing Pada Kendaraan Beserta Fungsinya

    Komponen penggerak mesin memang sangat kompleks dan rumit, salah satunya adalah bearings. Sebenarnya, fungsi bearing bukanlah sebagai penggerak utama, melainkan sebagai komponen pendukung sehingga komponen yang lain tidak mudah rusak.

    Bearing sendiri merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengurang gesekan serta memperlancar putaran pada mesin yang bergerak berputar, dengan adanya bearing komponen yang berputar akan tetap pada tumpuan atau porosnya. Jika di kalangan orang umum, bearing lebih sering disebut sebagai bantalan atau laher, dan memang sering ditemukan pada kendaraan selain untuk keperluan industri.

    Beberapa Jenis Bearing yang Umum Digunakan untuk Kendaraan

    1. Ball Bearing

    Jenis bearing satu ini paling umum ditemukan pada mesin industrial maupun otomotif. Ball bearing dapat digunakan untuk menahan beban putar dan tekanan dari samping. Namun, meskipun dapat digunakan pada berbagai mesin, dan kemampuannya pun cukup baik, tetapi tidak terlalu cocok untuk mesin yang bergerak dengan beban berat. Kekuatan penahannya cukup besar tapi masih di level menengah.


    2. Roller Bearing

    Bearing model ini lebih bagus daripada ball bearing, daya tahannya terhadap tekanan dan beban sangat tinggi. Hal tersebut karena desain bearing ini berbentuk silinder memanjang, sehingga titik tumpunya tidak hanya di satu tempat, tetapi mengikuti bentuk atau lebar roller. Terlebih, varian dari roller bearing cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kapasitas mesin.


    3. Ball Thrust Bearing

    Tidak seperti ball bearing yang bisa digunakan di berbagai mesin, ball thrust bearing hanya digunakan pada alat-alat khusus. Biasanya digunakan pada mesin dengan poros putaran rendah dan tidak cocok untuk mesin yang harus menahan beban putar.


    4. Tapered Roller Bearing

    Tapered roller bearing biasanya digunakan pada bagian poros roda, karena memiliki dua roller pada bagian dalam dan luar. Hal tersebut membuat bearing jenis ini mampu digunakan untuk menahan gaya tekan dari bagian luar maupun dalam. Biasanya, bearing tipe ini juga dipakai untuk kendaraan seperti truk atau bus.


    5. Magnetic Bearing

    Bearing ini mengandalkan gaya magnetik untuk penggunaannya. Biasanya digunakan pada mesin dengan sistem tertentu.

    Apabila Anda membutuhkan bearing seperti yang sudah disebutkan tersebut dengan kualitas terbaik, sangat disarankan untuk mencarinya di logam-makmur.com. Selain menyediakan bearing otomotif, Logam Makmur juga menyediakan bearing industrial.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,185
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Kalau ada contoh gambarnya ini lebih menarik nih untuk pengetahuan tentang mekanik mesin, kadang bengkel tahu barangnya tapi namanya malah tidak tahu kan aneh
     
    Budimola likes this.
Loading...

Share This Page