Kenali Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya Yuk!

Discussion in 'General Discussion' started by Abubakar Ash Shiddieq, Apr 14, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Abubakar Ash Shiddieq

    Abubakar Ash Shiddieq New Member

    Joined:
    Mar 10, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Generator Set atau yang biasa dikenal dengan nama genset merupakan sebuah mesin pembangkit listrik dalam bentuk sederhana. Energi listrik yang dihasilkan berasal dari energi mekanik mesin yang ada di dalamnya.

    Tentunya, sebuah mesin akan bekerja karena terdapat bahan bakar di dalamnya. Bahan bakar tersebut yang akan memicu terjadinya pembakaran di dalam mesin hingga akhirnya mampu menghasilkan energi mekanik.

    Begitu pula dengan genset. Untuk menjalankan mesinnya, genset memerlukan bahan bakar. Ada beberapa jenis bahan bakar yang bisa digunakan untuk menggerakan mesin genset. Namun bahan bakar tersebut hanya diperuntukan bagi tipe genset yang mensupport bahan bakar tersebut.

    Berdasarkan bahan bakarnya, genset terbagi menjadi 4 tipe. Apa saja tipe tersebut? Yuk simak ulasannya :

    1. Genset Berbahan Bakar Solar

    Genset berbahan bakar solar biasa disebut juga dengan genset diesel atau diesel generators. Solar menjadi bahan bakar utama untuk menggerakan genset jenis ini. Genset ini mampu menghasilkan daya listrik berkapasitas besar, yaitu di kisaran 10.000 hingga 100.000 watt/100 KVA. Karena itu, genset jenis ini biasa digunakan dalam acara-acara besar seperti pentas seni atau hajatan.

    2. Genset Berbahan Bakar Bensin

    Genset berbahan bakar bensin biasa disebut juga dengan istilah gasoline generators. Lain halnya dengan genset diesel, genset gasoline ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama untuk menjalankan mesinnya.

    Hampir sama dengan mesin kendaraan bermotor, genset berbahan bakar bensin ini dibagi lagi menjadi 2 tipe yaitu 2 tak dan 4 tak. Genset 2 tak biasanya hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di bawah 1000 watt, sedangkan genset 4 tak lebih bervariatif.

    3. Genset Berbahan Bakar Gas

    Gas alamlah yang digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakan mesin genset tipe ini. Gas CNG (Compressed Natural Gas) atau LPG bisa menjadi pilihannya. Biasanya gas CNG digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena digunakan dalam pemakaian jangka panjang. Selain itu harganya pun mahal dan akan tidak efektif jika digunakan di rumah.

    Berbeda halnya dengan gas LPG. Gas LPG ini biasa digunakan untuk genset rumah tangga. Selain karena harganya yang lebih murah ketimbang gas CNG, gas ini juga lebih mudah didapatkan. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah karena tidak perlu menggunakan pipa-pipa permanen seperti gas CNG di perusahaan.

    4. Genset Berbahan Bakar Tenaga Matahari

    Sama seperti genset berbahan bakar gas, jenis genset yang satu ini juga biasanya digunakan sebagai genset rumah tangga. Biasanya, jenis genset yang satu ini digunakan di tempat-tempat komersial dan diletakkan bersamaan dengan panel surya. Genset ini juga biasa digunakan untuk alat-alat elektronik yang membutuhkan daya besar seperti pendingin ruangan dan pemanas air.
     
    Last edited: Apr 18, 2016
  2. rafa04

    rafa04 New Member

    Joined:
    Jul 17, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau genset yang punya suku cadang stamford sx440 itu termasuk jenis di nomor berapa ya?
     
  3. highlandergenset

    highlandergenset New Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    info yang disampaikan sudah cukup benar, namun harga genset tergolong mahal dipasaran, Highlander Genset menyediakan genset murah berkualitas loh
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page