Kenali Kriteria Kemasan Mika Yang Aman Sebagai Tempat Makanan

Discussion in 'Online Business' started by Zuli Haismi, Apr 20, 2021.

Tags:
  1. Zuli Haismi

    Zuli Haismi New Member

    Joined:
    Apr 27, 2020
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kenali Jenis Kemasan Mika Yang Aman Sebagai Tempat Makanan.- Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis makanan, saat ini tersedia banyak pilihan untuk mengemas produk makanan. Jenis kemasan yang berasal dari mika menjadi salah satu yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis makanan. Warna transparan pada mika sehingga produk di dalamnya bisa dilihat, menjadi salah satu alasan penggunaan kemasan dari mika ini.

    Mika ternyata merupakan salah satu jenis mineral. Kata mika berasal dari kata micare yang berarti bergemerlapan. Micare sendiri adalah kata dalam bahasa Latin. Mika dari plastik yang biasa digunakan sebagai kemasan makanan memiliki beragam bentuk mengikuti produk yang akan dikemas. Sebagai besar kemasan mika memiliki bentuk kotak, meski ada pula yang berbentuk tabung atau silinder.

    Inilah Kriteria Kemasan Mika Yang Aman Sebagai Tempat Makanan

    Sebelum memutuskan untuk menggunakan mika plastik sebagai wadah makanan, ada baiknya untuk mengetahui kriteria kemasan dari mika yang aman untuk makanan. Plastik mika berasal dari plastik jenis Polyvinyl chloride atau PVC. Mika banyak digunakan sebagai materi pembungkus makanan. Beragam bentuk dan ukuran yang tersedia semakin memudahkan orang untuk memilih kemasan sesuai dengan kebutuhan.

    Kemasan Mika Berlogo Tara Pangan

    Kriteria utama dari mika yang akan digunakan sebagai wadah makanan yaitu bahwa mika tersebut memiliki logo tara pangan. Logo tara pangan atau food grade menjadi salah satu penanda bahwa kemasan tersebut aman digunakan sebagai tempat makanan. Logo tara pangan tersebut berupa gambar garpu yang biasanya berada pada bagian bawah kemasan. Logo garpu tersebut seringkali bersanding dengan gambar gelas.

    Saat ini tersedia banyak sekali jenis plastik mika yang beredar di pasaran dengan beragam kualitas dan juga harga yang berbeda. Kadangkala ditemukan plastik mika yang cukup tipis sehingga tidak terlalu aman untuk mengemas makanan. Pemilihan kualitas dari kemasan mika yang akan digunakan sangat mempengaruhi keamanan dari makanan yang akan diwadahi.

    Tidak Berbau

    Kriteria lain dari kemasan yang aman untuk makanan yaitu bahwa mika yang digunakan tidak mengandung bau. Bau dari kemasan akan sangat mempengaruhi produk atau makanan yang berada di dalamnya. Membayar sedikit lebih mahal untuk produk kemasan berkualitas lebih baik dilakukan dibandingkan memilih harga murah namun dapat merusak makanan.

    Sebaiknya hindari untuk menempatkan jenis makanan yang masih panas, mengandung banyak minyak, dan atau asam ke dalam mika plastik. Panas, minyak dan asam dapat merusak kemasan dan melarutkan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam kemasan. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan.

    Penggunaan kemasan mika menjadi salah satu pilihan praktis untuk mengemas makanan. Meski demikian, tetap pastikan bahwa kemasan yang digunakan memang aman untuk makanan. Pastikan kemasan yang akan digunakan sudah memiliki tara pangan dan tidak mengandung bau sehingga aman digunakan. Berkunjunglah ke www.pabrikplastikmika.com untuk mendapatkan beragam jenis kemasan dari mika sesuai yang dibutuhkan. Selamat memilih kemasan
     
Loading...

Share This Page