Kenali Penyakit TBC Beserta Penyebab dan Gejalanya

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Nov 8, 2018.

Tags:
  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    190
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Apa Itu Penyakit TBC ?

    Penyakit TBC merupakan sebuah penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan yang disebabkan oleh suatu bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Secara umum, penyakit yang satu ini biasanya sangat mudah menular, dikarenakan penularannya bisa melalui udara. Diakibatkan sangat mudah menular, maka dari itu anda harus selalu waspada dan berhati-hati dengan penyakit yang satu ini.

    Penyakit TBC ini termasuk salah satu 10 besar penyakit yang mengkakibatkan kematian di dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia ( WHO ) menyatakan bahwa pada tahun 2015, negara Indonesia ini tercatat dalam 6 besar negara dengan kasus TBC terbanyak.

    Apa Yang Menyebabkan Terjadinya TBC ?

    Bakteri Mycobacterium Tuberculosis adalah penyebab utama dari penyakit TBC. Hal tersebut dapat menyebar di udara melalui titik-titik air liur dari batuk pengidap TBC aktif. Berikut ini adalah beberapa kelompok orang yang beresiko tinggi terkena penyakit TBC, diantaranya :

    - Pecandu narkoba

    - Sering berhubungan dengan pengidap TBC aktif

    - Orang yang mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi

    - Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pengidap penyakit ginjal stadium akhir, HIV/AIDS, orang yang menjalani kemoterapi, atau diabetes

    - Perokok

    - Tinggal di kawasan area kumuh

    Apa Saja Gejala Yang Ditimbulkan Dari Penyakit TBC ?

    Ketika penyakit TBC sedang berlangsung, biasanya penderita tidak menunjukan gejala apapun dan penyakit belum menular. Namun, ketika pada saat penyakit TBC sudah mulai berkembang, akan mulai terlihat gejala-gejala nya. Berikut ini beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita penyakit TBC, diantaranya :

    - Batuk atau dahak berdarah

    - Mengalami sesak napas

    - Batuk yang berlangsung selama 2 minggu atau lebih

    - Badan mengalami demam atau meriang

    - Penurunan berat badan

    - Kehilangan nafsu makan

    - Berkeringat di malam hari tanpa adanya aktivitas fisik

    - Tubuh terasa lebih lemah dan mudah lelah

    Gejala-gejala penyakit di atas dapat disebabkan oleh adanya penyakit lain yang berhubungan dengan organ paru-paru. Masih terdapat banyak gejala lainnya yang tidak tercantumkan.
     
Loading...

Share This Page