Kenali Perbedaan Jenis Speaker Mobil dan Fungsi Utamanya

Discussion in 'Otomotif' started by audiomobilbsd, Jul 24, 2019.

  1. audiomobilbsd

    audiomobilbsd New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kenali Perbedaan Jenis Speaker Mobil dan Fungsi Utamanya

    Speaker mobil memang menjadi salah satu peralatan penting yang berada di dalam tatanan audio. Fungsi utama speaker dapat disamakan dengan mulut, yakni sebagai salah satu alat mengeluarkan suara. Yang perlu anda ketahui, sebagus apapun perangkat yang berada pada head unit dalam sebuah mobil. Tanpa adanya speaker, tentu tidak akan ada suara yang dapat dikeluarkan.

    Dalam perkembangannya sudah banyak tersedia model speaker mobil yang ditawarkan. Terlebih lagi saat ini dunia audio semakin banyak digemari, bahkan para pecinta audio rela untuk menghabiskan banyak sekali dana yang sangat besar. Agar menghasilkan kualitas audio yang sangat prima bagi kendaraannya.

    Macam-Macam Jenis Speaker Mobil
    Speaker untuk stereo system di dalam mobil memang terkadang cukup sulit. Pengguna harus bisa menyesuaikan seberapa besar ukuran speaker tersebut di bagian pintu mobil. Kemudian anda juga harus mengenali karakter suara serta penggunaan materialnya. Bila anda belum mengetahui, sebaiknya anda tanyakan dulu kepada pemilik toko mengenai hal tersebut.

    Selain itu, anda juga harus memperhatikan kesesuaian daya antara amplifier nya. Bila amplifier mempunyai daya yang besar, maka speaker dengan sensitifitas tinggi adalah pilihan yang tepat. Jenis speaker juga harus diperhatikan, apakah speaker tersebut model komponen split 2 way atau coaxial. Anda juga harus memperhatikan berbagai macam spesifikasi utama yang terdapat pada buku manual untuk menjadikan referensi. Pertimbangkan 2 spesifikasi utama saat mempertimbangkan speaker mana yang bekerja lebih baik di dalam mobil anda.

    Dibawah ini terdapat dua jenis kategori utama speaker mobil aftermarket yang anda butuhkan. Diantaranya adalah:
    Speaker Full Range

    Jenis speaker full range mempunyai semua elemen dari speaker di dalam satu wadah. Speaker jenis seperti ini bisa memproduksi audio yang dihasilkan oleh speaker midbass, woofer dan tweeter. Bila anda ingin mengganti speaker OEM yang ada di dalam mobil tanpa harus ribet dengan berbagai instalasi yang rumit. Tentunya speaker jenis full range ini adalah pilihan yang paling tepat.

    Component Speaker
    Yang dimaksud dengan Component speaker adalah speaker yang didesain lebih baik agar bisa menghasilkan audio dengan kualitas terbaik. Biasanya component speaker ini terdiri dari tweeter, midbass, crossover yang semuanya terpisah dan didesain agar dapat menghasilkan suara selaras. Biasanya tweeter yang berada di dalam component speaker ini berada terpisah dengan woofer. Dan bisa ditempatkan di bagian posisi yang sekiranya bisa menghasilkan imaging yang cukup baik pada audio mobil anda. Penempatan yang sesuai dan tepat tentu bisa menghasilkan suara yang realistis, mempunyai kedalaman suara lebih baik jika dibandingkan speaker full range dan lebih hidup.

    Di dalam sistem component speaker crossover dibuat terpisah dan masing-masing untuk woofer dan tweeter. Biasanya komponen speaker ini dibuat dari bahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan full range.Jadi bisa memunculkan suara yang detail dan lebih dinamis.

    Jika anda adalah pemilik mobil yang tidak ingin repot, anda bisa memilih tipe speaker yaitu full range namun jika anda penghobi dan lebih senang bereksperimen, tentunya anda akan lebih mantap jika menggunakan konsep component speaker.

    Bagi anda yang membutuhkan berbagai macam jenis speaker untuk kebutuhan audio mobil. Kini saatnya anda mendapatkan semua itu dengan harga terjangkau, berkualitas, dan beragam jenisnya hanya di Audio Mobil BSD. Kami merupakan penyedia speaker mobil terbaik dengan harga yang murah namun kualitasnya tidak murahan. Bukan hanya speaker saja, kami juga menyediakan berbagai macam perlengkapan audio mobil, aksesoris dan kebutuhan modifikasi mobil anda.

    Audio mobil pioneer.jpg
     
    Budimola likes this.
Loading...

Share This Page