Kenapa anda tida mau pinjamkan uang pada teman anda?

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, May 17, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    145
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    ngutang.jpg
    Anda pasti pernah didatangi teman Anda, kemudian ia mau meminjam duit dari Anda. Ya, kan?
    Itu sah-sah saja. Namanya juga teman. Hanya saja, untuk masalah uang dan hutang, Anda juga kudu hati-hati. Banyak didapati persahabatan yang putus dan tali persaudaraan yang renggang gara-gara hutang. Hutangnya kelihatannya sepele, namun berat sebenarnya. Jikalau dilihat sekilas gampang, namun susah pada waktu membayarnya.


    Inilah beberapa alasan kenapa Anda tidak pinjamkan uang Anda kepada teman Anda:

    1. Keuangan Anda lagi Krisis
    Jikalau keuangan Anda sendiri lagi krisis, tidak usah pinjamkan uang Anda kepada teman Anda. Nanti, malah Anda yang tidak makan. Jangan sampai Anda menyinari orang lain dan membiarkan diri sendiri teraniaya. Jadi, jikalau ada teman Anda yang menghampiri Anda untuk meminjam uang dari Anda, maka pastikan dulu kantong Anda. Jangan-jangan juga membutuhkan subsidi.


    2. Orang yang Minjam Tukang Ngutang
    Jikalau ada teman yang mau berhutang dan meminjam duit kepada Anda, dan ia terkenal sebagai sosok yang suka ngutang. Hati-hati saja. Cek dulu orangnya. Jangan-jangan ia tipe orang yang gali lubang tutup lubang. Jikalau tipe macam ini, tidak usah pinjam dulu. Sebab, akan tiba waktunya dimana ia tidak mendapatkan orang yang akan meminjamkannya lagi, dan ia tidak mampu membayar hutang Anda. Kalau sudah begitu, yang rugi bukan ia saja, Anda juga. Sebab yang Anda tidak kembali.

    3. Orang yang Minjam Ga Benar-Benar Butuh
    Jikalau ada teman Anda yang meminjam kepada Anda, kemudian Anda mendapatinya tidak benar-benar butuh, maka sebaiknya tidak usah dipinjamkan. Ini penyakit. Jikalau dipinjamkan juga, nanti ia akan kecanduan, akan menjadi sosok yang suka pinjam karena hal-hal sepele. Namun, jikalau ia benar-benar butuh dan mendesak, ya sebaiknya Anda pertimbangkan sebagai bentuk persaudaraan dan pertemanan.

    4. ORang yang Ga Mau Komitmen
    Walaupun yang pinjam itu teman, komitmen harus tetap ditegakkan. Ia harus jelas juga, kapan mau bayar dan berapa mau dihutang. Jangan asal juga. Sebab, yang namanya uang, setiap orang pasti membutuhkan. Bolehlah sekarang Anda tidak butuh, namun akan datang waktunya Anda sangat dan sangat membutuhkannya.

    Nah, itulah beberapa alasan tidak memberikan uang kepada teman Anda. Intinya, hati-hatilah, sebagaimaba dijelaskan di atas, berapa banyak persahabatan yang putus gara-gara uang dan hutang. Jangan sampai itu terjadi.
     
    Marko Sianipar likes this.
  2. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    mending ngasih aja dah (kalo lagi ada)
    hehehe...

    Dia minjem 100rb, kita ngasih aja dah 50rb, itung2 bantu temen, dan kalo utang utangan ama temen kagak enak nagih nyee *malu1*
     
  3. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    633
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    waa teman yang suka minjem biasa ane tinggalin gan karena itu kebiasaan
     
Loading...

Share This Page