Kenapa Kamu Harus Tau Istilah Dalam Asuransi Kendaraan?

Discussion in 'Otomotif' started by Faniditya Ramadhan, Jan 12, 2020.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]

    Mau beli asuransi kendaraan tapi bingung dengan istilah di dalamnya? Kini saatnya kamu mempelajari beberapa istilah penting yang ada dalam asuransi kendaraan. Apa saja sih kira-kira?

    Istilah Penting Dalam Asuransi Kendaraan

    All Risk

    Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan, kamu perlu mengetahui istilah All Risk. All Risk adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh pada kendaraan anda. Asuransi dengan tipe All Risk dapat menerima klaim untuk segala kerusakan dari mulai yang ringga hingga yang terberat yakni kehilangan.

    Total Loss Only

    Tidak sama dengan All Risk, Total Loss Only (TLO) merupakan istilah yang digunakan untuk jenis asuransi yang hanya menjamin kerugian di atas 75%. Kerugian di atas 75% dapat berarti kerusakan parah hingga kehilangan kendaraan karena pencurian.

    Nilai Pertanggungan

    Ada lagi istilah dalam asuransi kendaraan yang perlu diketahui yakni nilai pertanggungan. Nilai pertanggungan merupakan harga beli kendaraan bermotor ketika kendaraan tersebut dibuatkan polis asuransi. Nilai pertanggungan termuat dan menjadi patokan maksimum yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi jika sewaktu-waktu kamu melakukan klaim.

    Nilai Pasar

    Nilai pasar merupakan nilai jual kendaraan yang menjadi objek jaminanmu di perusahaan asuransi.

    Premi

    Premi merupakan nominal uang sebagai iuran yang dibayarkan kepada pihak asuransi. Pembayaran premi dapat dilakukan baik secara bulanan, tahunan, atau tunai di muka.

    Istilah Lainnya

    Selain istilah umum seperti di atas, ada banyak istilah dalam asuransi kendaraan yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa melihat istilah-istilah tersebut di halaman berikut ini (masukin link artikel istilah dalam asuransi di atas yak dit)

    Manfaat Mengetahui Istilah Dalam Asuransi

    Penting sekali untuk mengetahui istilah dalam asuransi kendaraan sebelum kamu memutuskan untuk memberikan kendaraanmu perlindungan. Apa saja manfaat mengetahui istilah-istilah tersebut?

    Dapat Menyesuaikan Produk dengan Kebutuhan

    Banyak orang membeli produk asuransi tanpa mengetahui dengan pasti istilah di dalamnya. Seringkali orang salah membeli produk asuransi kendaraan karena tidak paham istilah-istilah di dalamnya. Untuk itu penting sekali mengetahui istilah dalam produk asuransi agar kamu tidak salah pilih antara Asuransi All Risk atau Asuransi TLO.

    Memudahkanmu Mempelajari Polis

    Tentu saja, ada segudang manfaat dan ketentuan dari asuransi kendaraan. Dengan mengerti istilah dalam asuransi kendaraan, kamu bisa lebih mudah mempelajari polis yang kamu miliki. Pastikan data dan ketentuan yang dituliskan benar dan sesuai dengan kesepakatanmu sebagai nasabah. Diperhatikan betul yah!

    Itulah beberapa istilah dan manfaat mempelajari istilah dalam asuransi kendaraan. Untuk asuransi kendaraan terbaik, kamu bisa tengok laman Mega Kendaraan dan dapatkan informasi lebih lanjut.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,433
    Likes Received:
    103
    Trophy Points:
    63
    asuransi mobil yang baru saya pernah lihat iklanya adalah garda otto
    lainya itu belum, tapi dari istilah yang ada, polis itu sendiri maknanya bagaimana?
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    504
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    dulu pernahadik ane kehilangan motor karena dicuri waktu parkir di ruko, sama asuransi cuma di hapuskan saja sisa cicilan nya , itu masuk tipe asuransi yang mana yah?
     
Loading...

Share This Page