Kenapa LLC itu teman terbaikmu ketika overclocking

Discussion in 'Computer' started by wawa sundawa, Feb 11, 2016.

  1. wawa sundawa

    wawa sundawa New Member

    Joined:
    Jan 17, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kenapa LLC itu teman terbaikmu ketika overclocking

    [​IMG]

    Kalian suka meng-overclock?
    Load-Line Calibration akan menolongmu!

    [​IMG]

    Apa itu Load-Line Calibration?


    Pada artikel ini akan dijelaskan info dasar dari Load-Line Calibration, atau LLC.
    Juga bagaimana ia menjadi salah satu fitur penting ketika kalian akan meng-overclock CPU selama 24/7.

    *Seumpamanya kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang dasar-dasar overclocking atau ingin membandingkan hasil OC menggunakan motherboard MSI Z170 dengan pendinginan udara, air, atau dibawah nol derajat, kalian bisa cek di artikel: (bahasa inggris)
    https://gaming.msi.com/article/skyl...247-air-water-and-sub-zero-cooling-oc-results


    Bagian 1: LLC, kenapa ia dibutuhkan? Melawan Vdroop

    Sebelum adanya LLC, ketika overclocking kita dihadapkan dengan kenyataan buruk yang dinamakan Vdroop. Vdroop akan menyebabkan penurunan voltase di CPU ketika load /beban meningkat. Dengan kata lain sistem tidak akan mampu mempertahankan vCore yang sudah di set secara sempurna, dimana hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan setting OC yang stabil. Kondisi ini akan membuat voltase CPU turun /nge-drop ketika ada beban dan akan menyebabkan kondisi dimana sering terjadinya BSOD atau crashes. Hal itu sangat buruk, khususnya ketika dirasa sudah dapat setting OC yang pas untuk dinyalakan selama 24/7, ternyata diganggu oleh Vdroop yang membuat sistemmu jadi tidak stabil.

    [​IMG][​IMG]

    Salah satu contoh dari efek buruk Vdroop: Kita men-set vCore CPU pada 1.3V untuk mendapatkan overclock stabil di 4500Mhz. Setting voltase ini cukup stabil ketika kondisi idle, namun, ketika dilakukan uji kestabilan dengan software seperti Prime95 dan mengkondisikan load 100% pada CPU, voltase yang kita sudah set tadi akan nge-drop menjadi 1.27V (atau bahkan lebih rendah lagi pada kasus tertentu) dan akhirnya komputer akan crash dan tidak stabil. Yang ujung-ujungnya memaksa kita untuk meningkatkan lagi voltase (overvoltage) ketika idle, yang tentu saja akan menarik lebih banyak daya, meningkatkan suhu dan mempercepat degradasi CPU.

    Mengalahkan Vdroop
    Dan akhirnya muncullah LLC, untuk mengatasi masalah Vdroop ini. LLC, kependekan dari Load-Line Calibration, menerapkan voltase tambahan pada CPU untuk memastikan vCore yang lebih stabil ketika dalam kondisi terbebani /load dan meminimalisir jarak antara voltase CPU ketika idle dan voltase ketika terbebani. LLC adalah pengaturan terbaik ketika ingin didapatkan overclocking stabil selama 24/7. Tapi, sebelum kalian mengaktifkan LLC di sistem/komputer BIOS kalian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

    Bagian 2: Perbedaan level pada LLC

    Karena desain sumber daya listrik yang berbeda-beda pada tiap motherboard, hal ini mempersulit untuk membuat 1 setting yang akan meratakan/menyamakan voltase yang nge-drop dengan vCore yang kita set.

    Seperti yang bisa dibayangkan, implementasi sempurna pada motherboard-motherboard yang tidak terlalu powerful mungkin masih belum cukup jika diimplementasikan pada model-model motherboard gaming high-end dan motherboard khusus overclock (dimana mereka menggunakan fase daya yang berbeda merk dan komponen yang jauh lebih berkualitas).

    Di lain pihak, implementasi setting LLC terbaik pada motherboard high-end dapat membawa kepada perilaku yang tidak diinginkan seperti overvolting jika diimplementasikan pada model dibawahnya. Selain itu, dengan tiap konfigurasi motherboard dan CPU memiliki reaksi yang berbeda terhadap LLC, menjadikannya sulit untuk mendesain 1 setting LLC yang pas, dan mencakup semua konfigurasi. Hal inilah yang menyebabkan kita melihat banyak pilihan berbeda di dalam BIOS ketika melihat setting LLC pada beberapa motherboard (0%, 25%, 50%, 75%, 100%).

    Untuk menunjukkan bagaimana mudahnya menanggulangi Vdroop saat ini, kita gunakan rig yang sama. Motherboard MSI Z170A GAMING M7 dilengkapi Intel Core i7-6700K dan atur ‘CPU Loadline Calibration Control’ di dalam BIOS ke ‘Mode 1’. Lalu set vCore sebesar 1.3v dan overclock CPU hingga 4.5GHz. Sekali lagi lakukan tes dengan Prime95.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Seperti terlihat sekarang kita dapatkan vCore 1.304V ketika CPU terbebani, yang mana sesuai dengan yang di set di dalam BIOS. Kita juga melihat vCore 1.304V yang sama ketika idle. Ini adalah skenario yang sempurna bagi overclocker manapun untuk memaksa komputer mereka, dan tetap memaksimalkan stabilitas CPU ketika melakukan itu.

    Hal tersebut diatas adalah bukti LLC adalah teman terbaikmu ketika meng-overclock :) Pada motherboard yang digunakan di pengujian diatas, memang hanya tersedia 1 setting yakni 'Mode 1'. Namun, seperti yang sudah disinggung-singgung sebelumnya, juga tersedia model-model yang memiliki beberapa setting LLC yang bisa dipilih. Jadi, setting mana yang dibutuhkan untuk mencapai voltase 100% seperti yang diinginkan?


    Bagian 3: Di dalam praktiknya, jangan terlalu memaksakan LLC

    Mencari setelan yang pas disini, adalah kuncinya. Periksalah setting mana yang paling tepat untuk komputermu, dengan tujuan menghentikan efek Vdroop tanpa harus meng-overvolting CPU ketika idle. Di sebagian besar kasus, setting LLC pada 50% atau 75% sudah lebih dari cukup.

    Para overclocker ekstrimis, mungkin akan selalu mencoba untuk menetapkan pada setting 100%, yang mana pada sebagian besar kasus akan meng-overvolt CPU secara siginifikan baik ketika idle maupun terbebani /load. Menemukan setting yang pas adalah kunci untuk memastikan overclock tetap stabil dalam kondisi apapun. Tapi tetap, selalu hati-hati dengan overvolting yang terjadi pada CPU yang di overclock selama 24/7, karena sebagaimana aturan dari produsen CPU bahwa meningkatkan voltase operasional dari CPU akan memperpendek umur dari CPU tersebut. Meskipun LLC itu keren, tetap harus dipergunakan dengan hati-hati, sama seperti halnya kehati-hatian dari penerapan vCore yang lebih tinggi pada CPU.

    [​IMG]

    Simpulan
    Ketika melakukan overclocking, khususnya untuk overclock yang diaktifkan selama 24jam 7hari, selalu pastikan setting LLC di dalam BIOS motherboad diaktifkan. LLC akan membantumu untuk mendapatkan ekstra beberapa ratus MHz lebih tinggi dari komputermu dan tetap menjaga stabilitasnya. Hanya saja, seperti aturan overclock umum, LLC juga harus digunakan secara hati-hati. Di sebagian kasus pada konfigurasi dan motherboard tertentu, LLC mungkin akan meng-overvolt CPU, yang mengarah memperpendek umur dari CPU tersebut bila melebihi batasan voltase tertentu (juga hal ini tergantung pendingin yang digunakan).

    Pada platform motherboard ber-chipset Z170, LLC kembali berjaya karena VRM CPU kembali diposisikan di motherboard. Sedangkan untuk Haswell, VRM berada di CPU, menjadikan pengaturan LLC yang mustahil dilakukan dari sisi motherboard. LLC membuat overclocking lebih mudah, tinggal coba saja sendiri!
     
  2. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    HSF nya bagus Bro ? lebih simple dari pada rakit watercooling ?
     
  3. noimon

    noimon Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    wahh keren gan. itu kecepatan deafault nya berapa gan
     
  4. wawa sundawa

    wawa sundawa New Member

    Joined:
    Jan 17, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kecepatan basis procie Core i7-6700K = 4.00GHz
     
  5. noimon

    noimon Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    wow.. harganya psti selangit itu gan....
    buat main game. cocok banget
     
  6. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Nah ini dia yang bikin dompet robek ,.. cari yang core i3 ajalah laptop
     
Loading...

Share This Page