Kenapa Poles Marmer Tidak Boleh Dilakukan Sendiri?

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, May 16, 2019.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    154
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Poles marmer sebenarnya bukan tidak boleh dilakukan sendiri, hanya saja aktifitas ini membutuhkan skill tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh teknisi-teknisi berpengalaman. Bukan tanpa alasan memoles marmer tidak disarankan dilakukan sendiri. Beberapa risiko yang bisa Anda hadapi jika memoles marmer sendiri diantaranya:

    Lantai Jadi Makin Kasar dan Kusam

    Hal ini adalah risiko yang terhitung sebagai risiko kecil. Awalnya setelah dipoles marmer akan terlihat kinclong. Tapi jangan puas dulu. Coba tunggu setidaknya hingga 1 minggu, apakah kondisi lantai benar-benar lebih baik dari sebelumnya atau semakin parah?

    Kondisi marmer yang memburuk disebabkan oleh proses pengelupasan yang berlebihan. Hal ini mungkin terjadi karena kesalahan pemilihan level kekasaran pada diamond pad. Seharusnya, makin kasar pad yang digunakan maka semakin hati-hati Anda harus bekerja. Risiko terbesar adalah jika lantai sampai retak dan patah.

    Selain itu, lantai yang makin kusam juga bisa disebabkan oleh kesalahan pemilihan pembersih. Ada sangat banyak bahan kimia pembersih yang sifatnya keras atau korosif dan sangat ampuh untuk membersihkan noda membandel, namun juga membuat permukaan marmer menjadi rapuh.

    Permukaan Bolong dan Tidak Rata

    Batu alam seperti marmer, granit, teraso, dan travertine adalah batu alam yang berpori sehingga tidak jarang ditemukan permukaan berlubang. Satu-satunya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambalnya. Namun Anda perlu hati-hati karena pori-pori inilah yang memberikan motif dan menjadikannya tampak alami.

    Selain menambah keindahan, pori-pori tersebut juga memiliki kekurangan yaitu membuat noda mudah diserap. Jika pori-pori tidak ditutup atau dilindungi oleh lapisan pelindung, maka cairan akan sangat mudah diserap dan meninggalkan bercak atau kerak air.

    Motif Hilang

    Lho, kok bisa motif jadi hilang? Eits, tunggu dulu. Motif hilang setelah dipoles terjadi pada jenis lantai keramik, granitile dan sejenisnya. Jenis lantai ini pada dasarnya memang tidak bermotif. Motif keramik hanya ada pada lapisan teratas sehingga kesalahan proses poles akan memuat lantai menipis dan kehilangan motifnya.

    Itulah beberapa risiko yang akan Anda hadapi jika memoles marmer sendiri. Bagaimana, masih berencana untuk poles marmer sendiri?

    Sumber: Blog Kemilau Marmer
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,433
    Likes Received:
    103
    Trophy Points:
    63
    Kalau moles marmer di gedung2 atau hotel, jika terjadi kerusakan tentu akan menjadikan keindahan berkurang
    kebanyakan memoles marmer menggunakan mesin, kalau di pel manual sudah tidak ada
     
  3. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    109
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Boljug nih tips nya. Tapi sayangnya blom punya furnitur atau interior dgn bahan marmer
     
Loading...

Share This Page