Kental Budaya Jawa, Prosesi Siraman Pernikahan Kahiyang Ayu

Discussion in 'General Lifestyle' started by sdkrahman, Nov 15, 2017.

  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pernikahan Kahiyang Ayu puteri kedua Pak Presiden Jokowi dengan Bobby Nasution sudah sepantasnya menarik perhatian publik Indonesia mengingat Pak Jokowi sendiri adalah orang nomor satu di Indonesia. Jadi tidak salah jika banyak orang memperbincangkan perihal tersebut.

    Bisa jadi, pernikahan keduanya bakal menjadi pernikahan paling megah di penghujung tahun 2017 ini.

    Sekalipun kental sekali dengan nuansa budaya jawa dan digadang-gadang dilaksanakan dengan sederhana, bukan berarti tidak menarik perhatian publik.

    Malah sebaliknya, kesederhanaan yang ditujukan keluarga orang nomor satu di Indonesia itu patut di contoh.

    Meski sangat populer, bukan berarti pernikahan harus dilaksanakan dengan beragam kemewahan.

    Baca Juga: Tempat di Bandung yang Banyak Dikunjungi Fotografer

    Juga pilihan untuk tetap memilih budaya jawa patut untuk di contoh generasi muda. Padahal kini sudah banyak sekali kaum muda yang memilih meninggalkan budaya jawa dan menikah ala barat-baratan.

    Proses Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

    Pernikahan Kahiyang Ayu yang di adakan di Kota Kelahirannya, Surakarta (Solo) ini sudah pasti menggunakan prosesi pernikahan adat suku Jawa.

    Serentetan prosesi sebelum prosesi pernikahan itu sendiri sudah pasti dilaksanakan seperti siraman, malam midodareni, dan lain sebagainya.

    [​IMG]

    Serangkaian adat pernikahan dimulai pada hari Selasa, 8 November 2017 dengan diawali dengan prosesi siraman yang diadakan oleh kedua calon mempelai pengantin di dua tempat berbeda.

    Prosesi siraman dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB dan dilaksanakan di Hotel Alilla, Solo untuk mempelai pria dan dilaksanakan di kediaman keluarga Pak Jokowi untuk mempelai wanita.

    Prosesi pernikahan siraman ini menarik perhatian publik, bagaimana tidak mengingat prosesi ini sangat tertutup dan hanya dihadiri oleh kerabat dan tamu undangan.

    Air yang digunakan dalam prosesi siraman Kahiyang Ayu kali ini berasal dari 7 sumber yang berbeda.

    Ketujuh sumber air tersebut berasal dari Sendang Penganten, Sendang Kasunan, Sendang Mangkunegaran, Ndalem keratin, hingga air zam-zam. Sebelum dimulai prosesi siraman kali ini, Kahiyang melakukan prosesi sungkeman terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya yaitu Pak Jokowi dan Ibu Irina Jokowi.

    Artikel Terkait: Makanan Dipesta Pernikahan Kahiyang Ayu
     
Loading...

Share This Page