Kerajinan Tangan Dari Kulit Binatang

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by saifulkamali, Jun 19, 2015.

  1. saifulkamali

    saifulkamali Member

    Joined:
    Nov 1, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Selain dari berbagai bahan yang sudah tidak terpakai hasil dari proses perekonomian dan perindustrian, ada juga kerajinan tangan dari kulit binatang. Mereka mengambil kulit binatang untuk dijadikan berbagai jenis yang kerajinan yang bernilai jual tinggi, sayangnya sebagian orang yang tidak bertanggung jawab mengeksplorasi dan membunuh berbagai jenis binatang untuk diambil kulit, gading serta dagingnya, tindakan ini sudah jelas tidak diperbolehkan oleh pemerintah karena akan merusak habitat mereka dan kelangsungan hidup mereka apalagi yang dibunuh adalah hewan yang sudah langka dan terancam punah kelangsungan hidupnya.

    Langkah sebagian orang lain adalah dengan membuat peternakan untuk mempertahankan habitan dan populasi binatang yang hampir punah kelangsungan hidupnya, langkah ini juga dijadikan sebagai mata pencaharian dan profesi bagi sebagian orang. Selain mempertahankan kelangsungan hidup agar populasi hewan ini terus meningkat ada juga sebagian binatang yang dijual kulitnya untuk dijadikan kerajinan, tentunya dari setiap inci kulit binatang ini mereka jual dengan harga yang lumayan tinggi kepada para pengrajin yang membuat kerajinan tangan dari kulit binatang, para pelaku bisnis ini sebelumnya hanya pekerja biasa saja dengan latar belakang pekerjaan mereka yang berbeda kemudian banting setir menjadi pengrajin karena dari setiap kerajinan tangan yang dibuat mereka meraup omset yang cukup besar dibandingkan dengan pekerjaan mereka sebelumnya.

    Allah SWT menciptakan bumi ini lengkap dengan isinya yaitu makhluk hidup diantaranya adalah hewan yang mempunyai kulit yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai bahan dasar membuat berbagai macam kerajinan seperti tas, dompet, ikat pinggang, topi, jaket, sepatu dan lain sebagainya. Khusus untuk kerajinan ini diperlukan bahan yang sangat berkualitas agar dalam membuat kerajinannya juga hasilnya dapat memuaskan. Berbagai macam kerajinan kulit ini mereka ambil dari ular, buaya, dan domba. Khusus untuk daerah Garut terkenal dengan sentra kerajinan dari kulit domba yang dapat dibuat berbagai macam kerajinan yang berpusat di daerah Sukaregang, Garut. Di daerah lain ada berbagai sentra kerajian dari kulit ular dan buaya dan produknya hampir sama dengan kerajinan dari kulit domba.

    Artikel terkait: http://www.fenicie.com/2015/06/18/kerajinan-tangan-berbahan-dasar-tanah-liat/
     
  2. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    48
    Kerupuk kulit sapi juga dari bahan kulit,, trims infonya,,
     
Loading...

Share This Page