Kesalahan Mengapa Toko Online Minim Dalam Penjualan

Discussion in 'E-Commerce' started by mukti, Jul 5, 2016.

  1. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Jika setelah 6 bulan pertama penjualan toko online anda tidak menunjukan hasil memuaskan atau penjualan minim, maka anda mungkin telah melakukan satu kesalahan tanpa anda sadari. Saya akan tunjukkan kesalahan mengapa toko online anda minim dalam penjualan

    Jika anda melakukan kesalahan ini sengaja atau tidak akibatnya adalah tidak teknik jualan yang bisa menyelamatkan anda. Kesalahan fatal ini dapat mengakibatkan penjualan anda minim atau lenih buruk lagi anda tidak satupun barang di toko online anda terjual. Kecuali yang beli pacar/istri, ibu atau seseorang yang telah berteman 10tahun di Facebook dengan anda dan merasa kasihan campur kesal karena anda terus-menerus menggelar lapak di timeline mereka.

    Saya akan menunjukkan kesalahan fatal tersebut sekaligus cara praktis menghindarinya di artikel ini

    Anda menjual barang yang tidak dibutuhkan orang

    Inilah kesalahan fatal tersebut karena dalam bisnis, anda hanya mendapatkan uang jika anda menjual apa yang orang butuhkan.

    Tapi jangan pernah MENEBAK kebutuhan orang.

    Survey pasar : Intuisi berbohong sedangkan data berkata sebaliknya

    Untuk itu lakukan validasi pasar untuk menentukan produk yang akan anda dijual. Jika validasi pasar tidak anda lakukan maka anda telah melakukan kesalahan fatal yang berujung toko online anda minim dalam penjualanatau bahkan lebih buruk lagi tidak ada penjualan sama sekali.

    Lakukan validasi pasar sebelum anda memilih nama domain, sebelum menyewa desainer web, sebelum Anda membuat, membeli atau memilih produk yang akan dijual. Meskipun bisnis anda telah berjalan anda tetap harus melakukan validasi ulang ketika memutuskan akan menambah produk atau merek baru kedalam portfolio produk anda.

    Pastikan produk tersebut ada pasarnya dan hanya memilih produk –yang dalam istilah marketing– ‘terjual sebelum Anda menjualnya’.

    Anda tentu tidak mau memasang foto produk dropship, menumpuk stok di ruang tamu, hanya untuk mengetahui bahwa tidak seorang pun yang mau membelinya.

    Lagipula, sangat mudah bagi Anda menghindari kesalahan menjual produk yang tidak ada pasarnya..

    Cara melakukan validasi pasar
    Kabar baiknya anda tidak perlu melibatkan sejumlah uang disini. Internet telah menyediakan puluhan alat penelitian pasar, gratis. Terbaik dari semua, mereka menyediakan data-data real time.

    Sekarang jika anda telah memiliki daftar calon 5 – 10 produk untuk dijual, langkah demi langkah berikut akan membantu Anda menyeleksi pilihan .

    1. Mengukur permintaan pasar
    Gunakan Google adwords keyword planner. menggunakan alamat & password Gmail Anda kemudian ketik nama produk yang ingin anda jual lalu pilih lokasi dan bahasa Indonesia. Sebagai contoh saya akan mengukur permintan produk ‘ pakaian dalam wanita’.

    [​IMG]

    Dalam sekejap Google telah menampilkan jumlah pencari produk ‘ pakaian dalam wanita’ di Indonesia.

    Google memberi saya data jumlah pencari sebanyak 6.600/bulan, hal ini mengindikasikan permintaan pasar terhadap produk pakaian dalam wanita di Indonesia lumayan besar.

    Satu hal yang harus anda ingat adalah tidak semua orang yang mencari informasi ‘pakaian dalam wanita’ dalam rangka membeli. Jadi kita akan memvalidasi angka ini.

    Masih dihalaman yang sama, gulir mouse anda sedikit ke bawah. lihat tabel keyword by relevance lihat tanda panah merah pada gambar.

    [​IMG]



    Dari tabel diatas kita bisa tahu bahwa variasi frase kata kunci yang digunakan orang saat mencari informasi seputar produk, misalnya pakaian dalam wanita murah dan jual pakaian dalam wanita sexy, dsb.

    Semakin bervariasi & spesifik kata kunci yang digunakan orang, berarti semakin tinggi animo pasar terhadap produk tersebut. Anda bisa cari dan catat kata kunci yang menunjukkan motivasi membeli.

    Sebagai contoh, orang yang mencari ‘pakaian dalam wanita murah‘ lebih menunjukkan motivasi membeli yang tinggi diindikasikan dengan adanya kata ‘murah’, daripada yang menggunakan keyword ‘foto pakaian dalam wanita’.

    Anda akan mendapat data valid yang bisa dipercaya dengan cara menjumlahkan angka pencari dari seluruh frase kata kunci yang mencerminkan motivasi tinggi membeli.

    Biasanya jumlah 1.500 orang/bulan pencari sudah mengindikasikan produk tersebut lumayan marketable.

    Dari data diatas ternyata pasar ‘pakaian dalam wanita’ di Indonesia mempunyai pasar lumayan menjanjikan.

    Dengan mengulangi seluruh proses diatas anda bisa menyaring daftar produk dari 5– 10 alternatif menjadi 1 – 5 produk yang marketable.

    2. Memprediksi Trend
    Anda perlu memastikan stabilitas permintaan agar bisnis Anda dapat terus berjalan jika produk yang anda pilih adalah produk bersifat yang musiman, misalnya pada industri mainan atau fashion.

    Caranya dengan mengetik ‘nama produk’ di Google trend.

    Berikut contoh trend permintaan pasar dari produk ‘pakaian dalam wanita’.

    [​IMG]

    Contoh grafik diatas menunjukkan permintaan terhadap produk ‘pakaian dalam wanita’ cenderung stabil dalam 2 tahun terakhir, bahkan mengalami peningkatan selama tahun 2014.

    Trend 2013 – 2014 juga mencatat ada lonjakan permintaan pada tanggal 16 – 17 Agustus.

    Anda bisa tandai tanggal/bulan yang mengalami lonjakan sebagai acuan untuk meluncurkan model-model terbaru atau program diskon

    3. Mengukur kompetisi
    Hindari resiko menjual produk yang sedikit pesaing atau tidak ada pesaing. Tidak ada pesaing atau kompetisi, lebih sering daripada tidak, menandakan tidak ada permintaan pasar di ceruk tersebut.

    Kompetisi itu baik. Mereka yang sukses jualan online bukan karena mereka satu-satunya orang yang menjual sebuah produk di planet ini. Sebaliknya, semakin besar jumlah toko online yang menjual produk tertentu menandakan tingginya permintaan atas produk tersebut.

    Bisnis online : Jauh lebih mudah memenuhi permintaan pasar yang telah ada daripada berusaha menciptakannya

    Pada langkah ini annda cukup mengetikkan kata kunci misalnya ‘Jual (nama produk)‘ di kotak pencarian Google.

    Cermati toko online (khususnya di 5 halaman terdepan) yang menjual produk tersebut kemudian catat pola-pola berulang yang anda lihat seperti model, jenis dan merek-merek terpopuler yang banyak dijual di toko online.

    Catatan ini kelak jakan sangat membantu anda saat menentukan model, jenis, dan merek produk yang akan dijual.

    Masa depan bisnis toko online anda ditentukan oleh validasi pasar
    Proses validasi pasar ini cukup mudah dan singkat anda bisa selesaikan dalam sekali duduk.

    Investasi 15 – 30 menit waktu yang anda habiskan akan menyelamatkan masa depan online shop anda dari ancaman penutupan. Pastikan Anda melakukan validasi pasar ini merupakan kunci sukses jualan online.
     
    DedyAkas Website likes this.
  2. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  3. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    iya gan biar lebih menarik dan gampang dipahami:)
     
    DedyAkas Website likes this.
  4. Irwan R

    Irwan R New Member

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Mantep infonya lengkap banget :) bookmark dulu ni, soalnya sy juga punya toko online & ga terlalu bagus penjualannya mungkin karena ga pernah riset permintaan pasar pakai keyword planner
     
    DedyAkas Website likes this.
  5. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Kalo ga nongol di page one mesin pencari sangat mempengaruhi ...
     
    DedyAkas Website likes this.
  6. mamdi

    mamdi Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    keren analisanya mantap den
     
    DedyAkas Website likes this.
  7. Dodo Kancil

    Dodo Kancil Member

    Joined:
    Sep 13, 2015
    Messages:
    194
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    cara nembak keyword dari google adwords saya sampai saat ini masih belum paham antara pencarian tertinggi atau terendah yang mesti kita bidik*bingung*
     
    DedyAkas Website likes this.
  8. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Kesalahan diawal memang sangat mempengaruhi teman.
    Coba diantisipasi agar modal tidak terbuang sia-sia.
     
    DedyAkas Website likes this.
  9. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Wow panjang amat, mudah mudahan sukses juga , thanks sharingnya
     
    DedyAkas Website likes this.
  10. sriyakarimunjawa

    sriyakarimunjawa Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ohh gitu ya den :eek:
     
  11. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    artikelnya bagus gan
    dibaca dulu, siapa tau terbuka piiran buka toko online :D
     
  12. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,250
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Intinya...
    Jual yang banyak dicari dan jadilah yang terbaik daripada yang lainnya.. *keren1*
    [HASHTAG]#CMIIW[/HASHTAG]
     
  13. Ferry Malacca

    Ferry Malacca New Member

    Joined:
    Jul 7, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    infonya mantap gan. Algorithm google memang sering berubah, apalagi di tahun 2016 ini google rada galak. Tapi menurut saya justru galaknya google menguntungkan untuk "pemain baru".

    Saya sendiri yang merasakan keuntungannya. Buktinya website yang saya bangun gan.
    Saya beli domain tanggal 1 juni, tanggal 1 juli launching dan per tanggal 7 juli ini nilai TRUST FLOW 7 dan nilai CITATON FLOW 15 padahal backlinknya cuma 14 gan. Tapi memang perlu jurus yang jitu gan.

    Baru juga hitungan seminggu untuk kata kunci Homeschooling Jakarta sudah ada di Page 5.

    Alhandulillah Gan ?

    Kalo agan gak percaya coba aja buka website saya lalu lihat pake addon dari Majestic.

    Salam
     
  14. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Kenapa tidak meniru cara promosi yang telah dilakukan oleh tokopedia, bukalapak, blibli, lazada, yang menggunakan media televisi sebagai sarana promosi. jika memang kita ingin bisnis lebih besar kita harus meniru cara promosi yang telah dilakukan oleh OLX, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada dan rekan online store lainnya yang menggunakan media televisi sebagai sarana promosi. Sebab bisa tepat sasaran dan menjangkau semua lapisan masyarakat, bayangkan hampir semua rumah sudah memiliki televisi. Memang sih butuh biaya yang besar untuk dapat promosi melalui media televis, namun dengan Biaya yang besar, maka hasil juga akan besar.

    Jadi.., jika kita ingin betul-betul dikenal masyarakat luas, media televisi satu-satunya promosi paling tepat, jika ingin mengembangkan bisnis menjadi skala besar dan mampu bersaing dengan OLX, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada dan lainnya.

    Akan tetapi jika tidak berani membuat langkah seperti ini, lupakan bisnis toko online akan sebesar para pendahulu kita ( OLX, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada dan lainnya. ). Kalau begitu, anda cukup cari jasa internet marketing saja.
     
  15. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Ya bagaimana pun juga kalau ingin banyak penghasilan ya harus banyak pengeluaran itu pun pos targetnya harus tepat ya Gan,,,
     
  16. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    setau ane OLX, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada dkk itu marketplace karena mereka cuman sediain lapak online buat para penjual jadi bukan toko online. Kalau kita punya budget gede bisa ikutin mereka ga cuman terlalu efektif konsumen jaman sekarang banyak yang alergi dengan yang namanya iklan. Mungkin termasuk ente sendiri misal kalo lagi enak-enaknya liat acara favorit di tipi terus kepotong iklan pasti tangan gatel cari remote buat pindah channel.
    lagian klo pengeluaran iklan bisa dikurangin dan untung nambah knp musti keluarin duit buat iklan. Rivers Pools & Spa bisa jadi contoh
    • Di sepanjang tahun 2009, Rivers Pools & Spa membelanjakan uang $ 250 ribu untuk iklan yang menghasilkan penjualan sebesar $ 4 juta.
    • Dua tahun setelah menerapkan strategi content marketing dan memotong anggaran iklan hanya $ 20 ribu, penjualan mereka meningkat menjadi $ 5 juta – Padahal saat itu industri kontraktor kolam renang mengalami penurunan rata-rata 50 – 75 persen.
    • Dari hasil pengujian internal menunjukkan, 8 artikel utama yang ada di blog Marcus menerima total 210.762 2.471 tampilan laman dan berhasil mengarahkan penjualan sedikitnya $ 2 juta.
    untuk lebih detailnya agan bisa baca mengenai strategi content marketing yang lebih efektif yang mulai banyak diterapkan toko online
     
    Last edited by a moderator: Aug 9, 2017
    Rifa Firmansyah likes this.
  17. mukti

    mukti New Member

    Joined:
    Jun 20, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    cari yang persaingannya rendah gan dan sebaiknya make long tail key word
    di awal mungkin pengunjung yang mendarat di situs agan bisa dihitung dengan jari tapi semua yang datang adalah pengunjung yang tepat bagi agan klo punya toko online pengunjung yang datang adalah calon pembeli bukan sekedar melihat-lihat atau kebetulan terdampar. lagipula klo pengunjungnya tepat bounce rate juga kecil gan
     
    Last edited by a moderator: Aug 9, 2017
  18. adarabintangcaraka

    adarabintangcaraka New Member

    Joined:
    Jul 10, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Info dari adword memang bagus untuk melihat kondisi real apa yang dimaui oleh customer dalam mencari produk melalui Search Engine dan tinggal kita mengambil manfaat untuk membuat hastag dengan keyword yang ada.
     
  19. Samsul Arifin

    Samsul Arifin Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  20. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Terimakasih.. saya coba dulu..maklum masih newbie gan.. :(
     
Loading...

Share This Page