Kesalahan Saat Mencuci Mobil Yang Harus Anda Perhatikan

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, Apr 26, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Cuci Mobil
    [​IMG]

    Kegiatan mencuci mobil merupakan cara paling sederhana yang sering dilaksanakan oleh setiap orang untuk mencuci dan mengkilapkan mobil mereka. Saat mengkilapkan mobil, tak harus kotoran pada bagian body mobil saja yang perlu diperhatikan. Melainkan membersihkan bagian interior nya, dan jangan lupa mencuci kotoran pada jok dan karpet hingga di sela-sela dashboard.

    Agar mendapatkan hasil yang optimal, tidak sedikit juga mereka lebih memilih untuk mencuci mobil mereka sendiri. Alasannya ketika membersihkan mobil bisa lebih teliti dan menyeluruh hingga ke bagian mobil yang tidak mudah dijangkau. Tapi kenyataany masih ada sejumlah kesalahan yang seringkali dilakuakn oleh orang saat mencuci mobil sendiri. Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat mencuci mobil mereka yang perlu anda perhatikan.

    Tidak Diharuskan Mencuci Mobil Di Bawah Sinar Terik Matahari

    Sinar matahari memang sangat berguna untuk membuat mobil menjadi lebih cepat kering setelah dicuci. Namun matahari yang terlalu terik atau panas, bisa mengakibatkan pengeringan pada kadar air, bahkan shampo pada body mobil. Akibatnya, cat mobil bisa menimbulkan noda akibta kadar air yang mengering, jika tidak segera akan menimbulkan seperti kerak.

    Jangan Mencuci Mobil Menggunakan Sabun Cuci Piring

    Sebagian orang memilih untuk memakai sabun cuci piring untuk mencuci mobil mereka. Alasannya karena sifatnya yang mudah cair dan ampuh membersihkan noda kotoran yang membandel sekalipun. Padahal bahan sabun cuci piring bisa dibilang lumayan keras bagi cat mobil itu sendiri. Efeknya, cat mobil semakin cepat memudar, belang atau bisa membuat cat body mobil kamu menjadi tergores!

    Diusahakan Mencuci Mobil Gak Cuma Menggunakan Satu Ember

    Saat mencuci kendaraan terutama Mobil, orang pasti akan memakai ember untuk dijadikan tempat penampungan air shampo cuci mobil mereka. Namun banyak sekali orang terus-terusan menggunakan satu ember saja. Setelah mengelap dengan memakai sponge atau kain ke bodi mobil, mereka kembali lagi mencelupkannya ke ember itu dan mengulangi proses itu. Efeknya, air shampo bakal bercampur pula dengan kotoran-kotoran yang ikut pada sponge saat kamu menyapukan shampo ke bodi mobil sebelumnya.

    Oleh sebab itu, sediakan dua ember saat membasuh mobil. Satu ember untuk air shampo, dan satu lagi untuk air bilasan. Setelah anda mengusapkan shampo ke bodi mobil, bilas terlebih dahulu sponge pada ember yang sudah disiapkan air. Baru bisa langsung celupkan kembali ke air shampo untuk melanjutkan pencucian mobil anda.

    Mencuci Mobil Dari Arah Bawah ke Atas

    Saat mencuci mobil, usahakan anda memulainya dari bagian atas, setelah itu turun ke bawah. Umumnya, kotoran pada unsur atap mobil lebih sedikit dikomparasikan kotoran pada bagian bawah. Jika mengawali dari bagian bawah, maka anda bisa membuat kotoran dari bagian bawah mobil itu mengenai bagian atap dan kap mobil!

    Mencuci Mobil Dengan Melewatkan Bagian Sela Pintu

    Mencuci mobil selalu dilakukan dengan teliti terutama bagian mody mobil yang terlihat kotoran dengan jelas. Jika sudah terlihat bersih dan kinclong, maka tugas mencuci mobil sudah selesai. Tapi perlu anda ketahui, saat kita membuka daun pintu, tidak jarang kali kita menyaksikan bagian dalamnya tidak terlalu bersih karena kita sering mengabaikan bagian tersebut. Karena itu merupakan pijakan bagi kaki penumpang atau pengemudi yang naik dan turun kendaraan.

    Mencuci Mobil Dengan Mengabaikan Karpet dan Dashboard Mobil

    Ketika mencuci interior mobil, sering kali orang hanya membersihkan bagian jok saja. Padahal karpet dan dashboard pun adalahbagian yang terpenting. Karpet dapat dibersihkan dengan memakai vacum cleaner. Sementara untuk bagian dashboard, anda dapat mencuci dengan memakai lap basah yang sudah diperas agak kering.

    Itulah cara mencuci mobil, yang perlu anda perhatikan. Sebenarnya masih banyak lagi faktor yang harus anda ketahui, bukan hanya yang saya jelaskan tadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman anda. Terima Kasih

    Tag : Cuci Mobil, Etika Cuci Mobil, Cara Cuci Mobil Yang Benar, Kesalahan Dalam Cuci Mobil, Cuci Mobil Yang Bersih

    Sumber : https://cucimobil.net/kesalahan-saat-mencuci-mobil-yang-harus-anda-perhatikan/
     
  2. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    iya gan ,,, tapi kadang ane sering nemuin temen ane,,, nyuci pake sabun cuci piring gan,, katanya lebih kinclong,,, tapi emang bener juga sih gan hehehe
     
  3. rendi alexander

    rendi alexander New Member

    Joined:
    Jun 25, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener tuh om, apalagi kadang kita suka ngeremehin yah cuci doang tinggal cuci. Padahal mah, bisa aja karena enggak tahu atau enggak sadar malah body mobil jadi lecet pas nyucinya. Jadi memang enggak bisa sembarangan dan ada hal-hal yang kudu diperhatiin bener-bener.

    Kan sayang banget jadinya, mobil yang kinclong nan aduhai jadi bebaret semua (malah enggak enak diliatnya + tekor duit).
     
Loading...

Share This Page