Ketahui Bagaimana Cara Penularan Infeksi Kutil Kelamin

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, Dec 21, 2022.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    153
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Kontak seksual adalah metode utama penyebaran kutil kelamin, seperti yang umumnya diungkapkan oleh banyak pasien kepada kami selama konsultasi. Faktanya, berganti pasangan seringkali meningkatkan kemungkinan salah satu dari pasangan ini memiliki bakteri kutil kelamin. agar pasangannya kemudian melakukan aktivitas seksual sambil membawa bakteri yang sebelumnya menginfeksi mereka.

    Penyakit menular seksual Kutil kelamin, juga dikenal sebagai Kondolima acuminata, adalah salah satu penyakit paling khas yang ditangani oleh Klinik Raphael. Selain penyakit lain seperti gonore, HIV/AIDS, sifilis, dan lain-lain, penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi menular seksual.

    Kutil berukuran kecil ini biasanya ditemukan di sekitar ketinggian kelamin atau anus, baik pada pria maupun wanita dewasa. Saat ini, tidak semua kutil mudah terlihat di permukaan bahan, tetapi kelamin kutil menyebabkan efek seperti gatal, terasa panas seperti terbakar, sakit, dan pendarahan saat berhubungan intim.

    Sampai saat ini, kami menyadari bahwa gejalannya untuk jenis penyakit kutil kelamin ini sangat mengkhawatirkan dan individu yang terinfeksi HPV dapat kembali ke tempat infeksi semula. Karena itu, sekarang kita harus lebih mengerti tentang cara mengobati kelamin kutil, serta apa yang terjadi jika terjadi infeksi dan cara mengobatinya.

    Bagaimana kutil kelamin menyebar?

    Infeksi human papillomavirus (HPV) menyebabkan penyakit Condyloma acuminata. Keluarga virus ini mengandung 150 varian yang berbeda, termasuk yang dapat menyebabkan kutil kelamin seperti HPV 6 dan 11. dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita.

    Tanpa menggunakan perlindungan seperti kondom, orang yang terinfeksi dapat menularkan kutil kelamin selama aktivitas seksual melalui vagina, secara oral, atau anal, bahkan tanpa disadari. Selain itu, jika seseorang dengan kutil kelamin menyentuh alat kelaminnya sendiri sebelum menyentuh alat kelamin pasangannya, virus HPV juga dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit (skin to skin).

    Luka terbuka dapat membuat penularan kutil kelamin lebih rentan karena, seperti yang kita ketahui, luka adalah lingkungan yang sempurna bagi virus untuk berkembang. Selain itu, kutil kelamin dapat menyebar melalui penggunaan mainan seks.

    Ada juga teori bahwa kutil kelamin dapat menyebar melalui barang-barang yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi, seperti dudukan toilet, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan hal ini. Selain itu, penelitian menggunakan pencitraan ultrasound telah menemukan HPV di handuk yang sebelumnya telah digunakan oleh mereka yang terinfeksi.

    Gejala dan Tanda Kutil Kelamin

    Dari banyaknya pasien baik laki-laki maupun perempuan yang pernah mendapatkan perawatan di klinik Raphael's, dapat kita simpulkan bahwa ada beberapa gejala yang biasanya dirasakan seseorang saat terinfeksi HPV, antara lain:
    1. Di daerah genital atau anus, muncul benjolan atau lesi.
    2. Mengalami gatal-gatal genital yang tidak biasa
    3. Keluarnya cairan abnormal dari serviks.
    4. Tubuh terlalu panas atau demam.
    5. Buang air kecil menyakitkan.
    6. Bahkan beberapa kasus pendarahan dan rasa sakit selama aktivitas seksual.
    Cara mencegah infeksikutil kelamin

    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi kutil kelamin, antara lain:
    1. Disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks bebas karena kemungkinan salah satu peserta memiliki kutil kelamin.
    2. Gunakan kondom setiap kali Anda melakukan hubungan seks bebas, terlepas dari apakah itu gratis.
    3. Karena virus mungkin menempel pada alat bantu seks, disarankan untuk tidak membagikannya.
    4. Untuk menyelesaikan vaksinasi HPV (human papilloma virus), yang merupakan salah satu tindakan pencegahan yang disarankan.
    Pengobatan kutil kelamin

    Dokter dapat mengobati kondiloma akuminata atau kutil kelamin yang menyebabkan gejala-gejala tersebut di atas dengan memberikan obat-obatan yang mengandung asam trikloroasetat, seperti imiquimod dan podophyllotoxin. Dokter juga dapat melakukan operasi seperti berikut pada pasien jika pemberian obat-obatan tersebut tidak menghasilkan perubahan positif:
    1. Eksisi: Dalam prosedur ini, dokter menggunakan pisau bedah untuk memotong kutil kelamin, menghilangkannya, dan kemudian menjahit lukanya.
    2. Untuk membakar sel kutil dan kemudian membakarnya untuk menghentikan pendarahan selama operasi laser, dokter melakukan elektrokauter, juga dikenal sebagai operasi laser.
    3. Cryotherapy, juga dikenal sebagai nitrogen cair, adalah prosedur yang digunakan untuk mendapatkan anestesi seperti cincin saat membekukan dan kemudian menghilangkan kutil.
    4. Ada dua jenis interferon: interferon beta dan interferon alfa. Interferon beta diberikan selama 10 hari, sedangkan interferon alfa diberikan oleh dokter kutil kelamin cikarang tiga kali seminggu selama delapan minggu.
    Setelah pengobatan awal, tes pap smear diberikan khusus untuk wanita dengan kutil kelamin untuk mendeteksi adanya perubahan pada leher rahim dan menentukan apakah kanker serviks aktif atau tidak.

    Konsultasi online gratis dengan dokter kelamin di nomor 0813-9625.4650.
     
Loading...

Share This Page