Ketahui Buah Buahan Penurun Kolesterol

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Jan 15, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat kita, ini merupakan kondisi dimana kadar kolesterol seseorang akan jauh lebih tinggi dari kadar normalnya, hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan. Bahkan tidak jarang kolesterol tinggi yang dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan yang cepat dan tepat. Bisa mengakibatkan komplikasi atau masalah kesehatan yang lainnya, dari mulai serangan jantung hingga stroke. Banyak hal yang menjadi penyebab kadar kolesterol darah tinggi, dari mulai faktor makanan, mempunyai berat bedan yang berlebih (obesitas), usia, kurang olahraga hingga faktor genetik atau riwayat keluarga.

    Pada umumnya para penderita kolesterol akan mengalami pembengkakan pada anggota badan, gangguan pencernaan serta perut kembung, pusing serta sakit kepala. Adanya masalah pada penglihatan, nyeri dada dan banyak lagi yang lainnya. Semua hal tadi pastinya sangat tidak nyaman dan mengganggu bukan, untuk itu jangan anggap sepele kolesterol tinggi segera lakukan pengobatan bila Anda mengalaminya. Ternyata tidak hanya obat dokter, beberapa buah-buahan ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

    Dibawah ini ada beberapa Buah Buahan Penurun Kolesterol yang harus diketahui diantaranya :
    • Jeruk
    Buah jeruk ini yang mengandung banyak vitamin C, jeruk juga kaya akan serat larut air yang bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Vitamin C yang ada tidak hanya mampu mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL).
    • Buah Pir
    Buah pir yang satu ini termasuk yang tinggi akan serat alami, satu buah pir berukuran sedang mampu mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan diketahui nilai serat dalam buah pir ini lebih tinggi dibanding apel, jenis serta ini ialah pektin. Kandungan pektin ini mampu mengikat kolesterol serta mengangkutnya keluar dari tubuh, sehingga kadar kolesterol jahat LDL bisa menurun.
    • Berry
    Ada berbagai jenis beri dari mulai strawberry, cranberry, blueberry dan banyak yang lainnya. Siapa sangka bila buah yang berukuran kecil ini mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Di dalam beri terkandung pektin yang cukup tinggi, dimana ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menggantinya dengan kolesterol baik HDL. Lebih dari itu buah ini juga tinggi akan polifenol, yakni antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.
    • Apel
    Buah apel yang terkenal mempunyai rasa yang enak dan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam buah apel terlebih kulitnya terkandung pektin, yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin ini mampu menyerap kolesterol serta lemak jahat yang ada dalam usus halus, untuk dikeluarkan dari tubuh melalui urine atau feses. Selain itu apel juga mengandung vitamin serta antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan, terlebih serat apel mampu memberikan rasa kenyang yang lama.
     
  2. Vania Prima Damara

    Vania Prima Damara New Member

    Joined:
    Jan 14, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Nice information *flying*
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,208
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Kolesterol selalu menjadi topik bahasan dalam dunia kesehatan, ada yang bilang kolesterol itu tidak berbahaya selama masih cair dan beredar lancar di darah, tapi kalau terikat oleh karamel gula ini bisa menjadi penyakit karena aliran darah tidak lancar
     
  4. Dewifarhanah

    Dewifarhanah Member

    Joined:
    Oct 2, 2018
    Messages:
    293
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
  5. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Iya sama sama gan :)
     
Loading...

Share This Page