Ketahui Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Jan 8, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    608
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan hipertensi ialah salah satu penyakit yang umum dan banyak terjadi di masyarakat kita. Ini merupakan kondisi dimana tekanan darah seseorang lebih tinggi dari 140/90 mmHG, hampir semua orang bisa atau mempunyai resiko terkena penyakit darah tinggi. WHO atau Badan Kesehatan Dunia mengatakan angka penderita hipertensi terus meningkat secara global. Dimana peningkatan ini juga terjadi di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI tahun 2013 mengatakan jika 25,8% penduduk Indonesia mengalami hipertensi. Mengkonsumsi buah-buah merupakan salah satu yang sangat dianjurkan, ini karena ada beberapa buah yang diketahui mampu membantu mengatasi tekanan darah tinggi maupun gejalanya secara efektif.

    Dibawah ini ada beberapa Buah Buahan Penurun Tekanan Darah Tinggi diantaranya yaitu :
    • Alpukat
    Buah alpukat ini dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Meskipun begitu lemak yang ada dalam buah alpukat ini merupakan lemak yang sangat baik sekali bagi tubuh. Alpukat juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menurunkan darah tinggi. Kandungan terbaik dalam buah alpukat ini terdapat pada bagian buah yang dekat dengan bagian kulitnya.
    • Jeruk
    Buah penurun darah tinggi yang selanjutnya yaitu jeruk. Jeruk ini merupakan buah yang akan vitamin C dan vitamin A. Buah jeruk ini memiliki kandungan yang cukup tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, apabila mengkonsumsi jeruk dengan secara rutin juga dapat memelihara kesehatan Anda dengan secara menyeluruh.
    • Semangka
    Semangka merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia, rasanya yang manis dan banyak airnya membuat semangka sangat pas dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Tidak hanya mengandung banyak air buah ini juga mengandung : Vitamin A, C, kalium, magnesium dan banyak nutrisi lainnya. Dalam sebuah penelitian diketahui jika suplemen ekstrak semangka mampu membantu orang dewasa yang mengalami obesitas untuk membantu mengontrol tekanan darah mereka. Buah semangka juga sering disarankan untuk mereka yang menderita hipertensi, namun tetap konsumsi buah ini dalam jumlah wajar. Sebab terlalu banyak konsumsi semangka bisa mengakibatkan tekanan darah rendah.
    • Delima
    Selanjutnya ada buah delima mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, memang benar buah berwarna merah ini mempunyai banyak manfaat salah satunya ialah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Salah satunya ialah yang dipublikasi oleh Plant Foods for Human Nutrition. Dimana konsumsi jus pomegranate atau delima lebih dari 1 gelas setiap hari selama 4 minggu berhubungan dengan penurunan tekanan darah sistolik serta diastolik. Dimana kandungan kalium serta polifenol yang ada dalam buah ini lah yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,283
    Likes Received:
    218
    Trophy Points:
    63
    Kalau buah Timun, bagaimana? katanya mampu menurunkan darah tinggi juga ya?
     
Loading...

Share This Page