Ketahui Cara Mengatasi Maag Akut Atau Kronis Ibu Hamil

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Mar 12, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    641
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Meskipun sakit maag pada kehamilan sangat jarang terjadi, namun wanita yang menderita maag sebelum hamil memiliki resiko yang lebih besar. Dimana seperti yang telah kita ketahui, bahwa sakit maag ini umumnya disebabkan oleh infeksi dan bakteri H. pylori. Selain itu, untuk sakit maag pada ibu hamil di sebabkan oleh perubahan hormon dan pertumbuhan janin. Sehingga ibu hamil jga bisa mengalami kekurangan nutrisi selama kehamilan karena tidak bisa makan dengan baik dan bisa menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik atau resiko kelahiran prematur, terlebih jika kondisi morning sickness pada trimester pertama.

    Melakukan perubahan gaya hidup merupakan langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit maag saat hamil, dimana cara tersebut diantaranya :
    • Ubah kebiasaan makan
    Pada saat hamil sangat disarankan untuk mengubah kebiasaan makan sebelumnya, dimana lebih disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering.
    • Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi
    Guna untuk mencegah terjadinya sakit maag kronis, maka ibu hamil sangat disarankan untuk selalu memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya.
    • Atur Posisi Tidur Dengan Baik
    Jika sakit maag yang anda alami sering kambuh, terutama pada malam hari maka di sarankan untuk berbaring dengan posisi kepada lebih tinggi sekitar 10-15 cm, dimana anda bisa menggunakan beberapa bantal untuk mengganjalnya.
    • Jangan Merokok
    Ada baiknya ibu hamil tidak boleh merokok, karena rokok tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan janin juga bisa menganggu perkembangan janin dan penyakit paru-paru untuk ibu nya.
     
Loading...

Share This Page