Ketahui Ciri Ciri Penyakit Tulang Keropos

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Aug 23, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    648
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Tulang keropos merupakan penipisan dan hilangnya densitas tulang (massa tulang) yang berkelanjutan, yang akan membuat tulang menjadi lebih keropos, rapuh, dan mudah patah akibat dari trauma pada masa kecil. Penurunan tinggi badan dan nyeri punggung sering terjadi. Wanita akan lebih berisiko terkena penyakit tulang keropos setelah masa menstruasinya akan berakhir (menopause). Patah tulang akan lebih sering terjadi pada panggul, pergelangan tangan atau tulang belakang, namun semua tulang dapat terkena. Berapa tulang yang sudah rusak tidak dapat sembuh, khususnya pada tulang panggul.

    Berikut ini beberapa ciri ciri penyakit tulang keropos yang harus Anda waspadai diantaranya :
    • Tulang Melemah
    Salah satu ciri dari pengeroposan tulang adalah tulang Anda yang mnejadi semakin melemah. Anda merasa bahwa tulang Anda melemah seiring dengan berjalannya usia Anda. Anda mulai mudah merasa lelah ketika mengerjakan hal-hal sederhana seperti naik tangga atau mengangkat sebuah beban yang dulunya Anda masih sanggup untuk mengangkatnya. Dari faktor inilah Anda harus mulai waspada bahwa kemungkinan tulang Anda akan mengalami pengeroposan akan semakin besar.
    • Tulang Mulai Membungkuk
    Sehingga keadaan ini dapat menyebabkan tulang punggung Anda akan menjadi bungkuk. Kifosis parah ini juga dapat berpengaruh terhadap sistem pernapasan Anda. Ada beberapa orang yang sudah lanjut usia yang akan mengalami sesak napas di dada atau bahkan banyak juga yang terjadi komplikasi di paru-paru mereka karena tulang yang menjadi membungkuk.
    • Nyeri Punggung
    Jika Anda merasakan nyeri punggung maka patut diwaspadai. Apabila seseorang yang mulai merasakan nyeri di punggungnya memiliki resiko terkena pengeroposan tulang. Keadaan nyeri ini diakibatkan oleh fraktur tulang belakang atau fraktur vertebrae.
    • Kuku Mudah Patah
    Kuku merupakan salah satu bagian dari tulang, apabila tulang Anda mengalami masalah maka kuku juga akan terkena dampak buruk kerusakan yang dapat terjadi pada tulang. Sehingga kuku yang mudah patah merupakan salah satu akibat dari terjadinya tulang keropos.
     
Loading...

Share This Page