Ketahui Hal-hal Unik Dari Bunga Kupu-kupu

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Dec 10, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Menurut Anonymous tahun 2012 Bunga Kupu kupu merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai peneduh jalan dan penghijau. Oleh karena itu, tanaman ini harus memenuhi beberapa syarat seperti kayunya yang kuat dan tidak mudah patah meski ada angin kencang serta pertumbuhan akar yang tidak terlalu cepat sehingga tidak merusak konstruksi jalan.

    Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kupu-kupu

    · Kingdom: Plantae

    · Divisi : Tracheophyta

    · Kelas : Magnoliopsida

    · Ordo : Fabales

    · Famili : Fabaceae

    · Genus : Bauhinia

    · Spesies : B. purpurea L. (Widiyantoro, 2010).

    Morfologi

    Berikut akan saya jelasnya morfologi tanaman kupu-kupu dari batang, bunga, daun, buah dan biji. Lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

    Menurut Susanto tahun 2002 tanaman kupu-kupu memiliki batang atau pohon yang mampu tumbuh berkisar antara 2 sampai 9 meter. Dibagian kulit batangnya berwarna coklat keabu-abuan.

    Daun kupu-kupu memiliki ukuran 10 sampai 20 sentimeter berwarna hijau dengan bentuk mirip seperti kupu-kupu. Pada bagian pangkal daun berbentuk bulat ganda dan bagian ujung berbentuk ganda melonjong.

    Bunga kupu-kupu memiliki warna merah muda yang terdiri dari lima kelopak dengan aroma wangi khas. Secara umum tanaman kupu-kupu mampu tumbuh didaerah beriklim tropis dan subtropis dengan ketinggian 500 sampai 2000 meter diatas permukaan laut.

    Menurut Anonymous, 2001 tanaman kupu-kupu menghasilkan buah berupa polong berwarna coklat tua. Untuk mengambil bijinya anda dapat menejmur polong tersebut sampai terbuka atau hingga biji terlepas. Biji ini berwarna coklat muda hingga coklat tua berukuran kecil.


    Cara melakukan perkembangbiakan tanaman kupu-kupu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu generatif (melalui biji) dan vegetatif ( melalui Stek atau cangkok).

    Tips Budidaya

    Untuk melakukan perkembangbiakan bunga kupu-kupu terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti pemilihan media tanam yang tepat, pemilihann tanah yang sesuai dan takaran pupuk yang pas. Untuk mengetahui hal tersebut anda dapat memperhatikan penjelasan saya dibawah ini.

    Media tanam

    Kita ketahui media tanam merupakan hal paling penting untuk tanaman tumbuh, karena media tanam merupaka sumber nutrisi, air dan oksigen bagi tanaman. Oleh karena itu lah pemilihan media tanam yang tepat menjadi faktor pendukung agar tanaman dapat tumbuh dengan subur seperti tanaman bunga kupu-kupu ini.

    Secara umum media tanam memiliki pengertian sebagai campuran beberapa bahan yang harus memenuhi beberapa syarat seperti cukup baik dalam memegang air, bersifat porous sehingga air siraman tidak menggenang (becek), tidak bersifat toksik (racun) bagi tanaman, dan yang paling penting media tanam tersebut cukup mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman.

    Tanah

    Hal penting lainnya adalah tanah, menurut Setianegrum, dan Saprianto. 2014 tanah merupakan partikel-partikel halus yangberasal dari gumpalan-gumpalan batu yang mengalami disitragasi akibat hujan, angin, cahaya matahari, seta kegiatan-kegiatan mikroorganisme.

    Sama halnya dengan media tanam, tanah juga berfungsi sebagai sumber daya alam seperti pertumbuhan tanaman, habitat bagi jasad tanah, media bagi konstruksi (reakayasa), sistem daur ulang bagi unsur hara dan sisa-sisa organik serta sistem bag pasokan dan penyaringan atau penjernihan air.

    Pemupukan

    Menurut Rahayu, 2012 pemupukan adalah proses penambahan unsur hara didalam tanah dengan tujuan meningkatkan produktivitas tanaman agar mampu tumbuh dengan subur. Dengan kata lain pemupukan bertujuan memenuhi kebutuhan tanaman untuk tumbuh.

    Informasi lebih jelasnya anda bisa klik link berikut ini SawonBudidaya
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page