Ketahui Istilah Fotografi #Bagian 3

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by Hana99, Oct 24, 2016.

Tags:
  1. Hana99

    Hana99 New Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    GOODIES – Buat kamu yang sudah membaca Pentingnya Mengetahui Istilah Fotografi #Bagian1 dan #Bagian2, waktunya meneruskan bagian selanjutnya. Istilah ini penting untuk yang serius menjadi fotografer karena bagian dari ilmu dasar fotografi. Sama halnya dengan istilah “Tak kenal, maka tak sayang”. Begitupun dengan menyukai suatu bidang. Berikut istilah fotografi yang wajib kamu ketahui pada bagian selanjutnya.
    [​IMG]
    Lensa. Alat ini bisa dikatakan menjadi mata pada sebuah kamera. Bagian di dalamnya terdiri dari beberapa cermin yang mengubah benda menjadi bayangan yang bersifat terbalik, diperkecil dan nyata.

    Light contrast. Ini berhubungan dengan pencahayaan, dimana tingkat kepekaan cahaya yang dihasilkan oleh suatu sumber cahaya. Hal yang paling memengaruhi kontras cahaya adalah besar kecilnya sumber cahya.

    Light meter. Sebuah alat untuk mengukur intensitas cahaya. Biasa dipakai dalam pemotretan untuk menentukan besar diafragma atau kecepatan pada suatu kondisi pencahayaan.

    Long shot. Salah satu teknik pengambilan gambar. Sudut pandang yang lebar yang memberi perhatian lebih pada objek pemotretan dengan cara memisahkannya dari latar belakang yang mungkin mengganggu.

    Low angle. Teknik pengambilan gambar dari sudut pandang tertentu untuk mengekspose adegan. Biasanya, dalam pemotretan dengan kedudukan pemotret lebih rendah dari objek pemotretan, sehingga menghasilkan gambar seolah-olah objek lebih tinggi dari aslinya.

    Makro. Fotografi dengan pemotretan jarak dekat. Fotografi makro menghasilkan rekam objek yang sama besar dengan objek aslinya (1:1), atau paling tidak setengah besar objek aslinya (1:2).

    Medium shot. Pandangan yang lebih mengarah kepada suatu tema pokok dengan latar belakang yang agak dihindari. Bisa digunakan untuk pemotretan berobjek orang, kira-kira sebatas pinggul keatas. Teknik ini bertujuan untuk menonjolkan lebih detail bahasa tubuh dari ekspresi subyek.

    Metering. Berperan penting dalam menentukan eksposur, yakni terang gelapnya foto yang dihasilkan. Pola pengukuran cahaya yang biasanya terbagi dalam 3 kategori : center weight, evaluative/matrix dan spot.

    Metering center weight. Pola pengukuran refleksi cahaya disekitar titik tengah frame dan mengabaikan daerah disekitar sudut-sudut frame. Biasanya, menggunakan 60 persen daerah tengah gambar.

    Metering matrix. Pola pengukuran cahaya berdasarkan segmen-segmen dan persentase tertentu. Istilah ini juga biasa disebut mode evaluative.

    Metering spot. Pola pengukur cahaya disekitar titik fokus dan mengabaikan cahaya didaerah lainnya, tepatnya hanya sekitar 3% dari keseluruhan obyek foto yang diukur.

    MF (Manual Focus). Cara penajaman atau pemfokusan yang dilakukan secara manual.

    Monopod. Sebuah tongkat atau tiang tunggal yang berfungsi menyangga kamera, kamera video, teropong, senapan, dan juga peralatan presisi lainnya. sandaran atau penyangga kamera berkaki satu. Alat ini sering pula disebut “unipod”.

    ND Filter. Filter yang berfungsi menurunkan kekuatan sinar sebanyak 2 sampai 8 kali. Benda ini berlaku seperti kacamata hitam kamera, saat kondisi cahaya terlalu terang, ND membatasi cahaya sehingga setting bukaan yang besar atau shutter speed yang lambat tidak membuat foto menjadi terlalu terang.

    Nebula filter. Filter yang menghasilkan gambar dengan efek pancaran sinar radial yang berpelangi.

    Buat yang belum mempelajari istilah fotografi pada bagian sebelumnya, jangan lupa untuk juga mempelajarinya. Kamu juga bisa memulai cetak hasil foto-foto kamu dengan cetak foto kanvas. Hasilnya, foto kamu akan lebih terlihat artistik dan harga cetak foto kanvas murah serta terjangkau.

    Lanjut ya ke artikel istilah fotografi #Bagian4 ya!
    sumber
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,171
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Banyak juga istilahnya...
    Saya orang awam di dunia fotografi*huh*
     
Loading...

Share This Page