Ketahui Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Ibu Hamil

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, Nov 9, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Buah naga adalah salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat. Bentuknya seperti kaktus menyerupai sisik naga yang merupakan jenis hewan mitologi. Buah naga kaya akan nutrisi yang memiliki manfaat yang potensial bagi kesehatan.

    Ini mengandung zat antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mengandung probiotik, yang merupakan nutrisi yang memberikan makan bakteri sehat yang disebut probiotik di dalam usus serta dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

    Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata buah naga juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena manfaatnya yang besar. Manfaat buah naga bagi ibu hamil antara lain sebagai sumber nutrisi yang lengkap karena buah naga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B dan C, mineral dan serta zat besi.

    [​IMG]

    Adapun terdapat beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil seperti yang dikutip dari laman HaiBunda, yang meliputi:

    1. Mencegah anemia

    Anemia kehamilan menjadi salah satu potensi yang bisa membahayakan ibu dan bayi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam darah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung zat besi dan vitamin C yang tinggi, salah satunya terdapat dalam buah naga.

    Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah naga memiliki efek signifikan terhadap kadar hemoglobin dan kadar eritrosit pada ibu hamil. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui manfaat lebih jauh dari buah ini.

    2. Mengatasi sembelit

    Salah satu manfaat kesehatan terbesar buah naga adalah dapat meningkatkan kesehatan usus, yang dapat menghasilkan pencernaan yang sehat. Buah naga kaya akan kandungan serat yang membantu merangsang pencernaan yang baik dan sehat. Per seratus gram buah naga mengandung sekitar 2,5 gram serat, yaitu 11% dari nilai harian (DV).

    Dengan demikian, buah naga dapat menjadi sumber serat makanan yang baik serta dapat membantu meringankan sembelit. Memiliki serat makanan dapat membantu membuang racun dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

    3. Menangkal radikal bebas

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek antioksidan dari buah naga dapat mencegah kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh paparan asap rokok yang berdampak pada ibu dan bayi.

    Sehingga dapat menolak kerusakan lebih lanjut, dan tidak dapat merangsang makrofag alveolar, yang merupakan sel kekebalan tubuh. Wanita hamil yang terpapar asap rokok bisa berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

    4. Sumber asam folat

    Seperti yang diketahui, wanita hamil disarankan untuk mengosumsi makanan yang kaya asam folat. Kandungan ini sangat erat kaitannya dengan kesuburan wanita dan kehamilan. Biasanya asam folat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti buah dan sayuran.

    Buah naga diketahui juga mengandung asam folat yang penting untuk mendukung perkembangan otak janin serta kalsium yang dapat menyokong pembentukan tulang janin.
     
Loading...

Share This Page