Ketahui Pantangan Makanan Untuk Penyakit Tipes

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Dec 21, 2018.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Tipes atau biasa yang disebut dengan demam tifoid merupakan penyakit yang dapat menyebar melalui makanan, air, atau dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi atau melalui fesesnya. Tipes ini dapat disebbakan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri S.typhi juga bisa terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, sehingga bakteri tersebut kemudian akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan akan bertambah banyak. hal ini akan memicu gejala-gejala sakit tipes seperti demam tinggi, nyeri perut, sembelit atau diare. Penyakit tipes ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa harus melihat batasan usia seklaipun. Apabila penyakit tipes ini disebbakan oleh makanan yang kurang bersih dan yang sudah terkontaminasi oleh virus dan bakteri, maka sebaiknya kita perlu waspada dengan jenis-jenis keracunan makanan.

    Dibawah ini ada beberapa Pantangan Makanan Untuk Penyakit Tipes yang harus Anda hindari diantaranya yaitu :
    • Makanan Yang Pedas
    Pantangan makanan untuk penderita tipes yang pertama merupakan makanan yang pedas. Sehingga makanan pedas ini memang seringkali mengundang selera, dan rasa penasaran ingin mencobanya. Tapi tahukah Anda? Bahwa makanan pedas ini sangat berbahaya untuk tubuh kita, khususnya yang sedang terkena penyakit tipes. Saat mengalami tipes dan memakan makanan yang pedas, organ yang ada di usus kita akan mengalami rasa panas yang sangat luar biasa, hingga permukaanya akan menjadi terluka. Luka tersebut akibat dari kelebihan serat juga dapat diakibatkan oleh bakteri salmonella typhi yang masuk ke usus lewat makanan pedas tersebut. Parahnya lagi, usus kita bisa mengalami pendarahan juga.
    • Makanan Asam
    hampir semua makanan yang serba asam sangat tidak dianjurkan sekali untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tipes, hal tersebut karena makanan yang mengandung asam ini akan mengakibatkan penyakit yang diderita akan menjadi semakin parah.
    • Makanan Yang Berlemak
    Seseorang yang mengalami penyakit tipes, juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak dan bersantan. Jenis makanan yang seperti itu akan cukup lama dalam proses sistem pencernaan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya ikatan kimiawi pada lemak.
    • Daging Sapi
    Makanan yang menjadi pantangan bagi yang menderita penyakit tipes yaitu daging sapi. Sebab daging sapi ini memiliki banyak serat yang kasar. Sehingga dapat membuat lambung akan menjadi semakin parah. Hal ini dikarenakan lambung yang bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencerna makanan yang satu ini.
     
Loading...

Share This Page