Ketahui Virus Corona, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mencegahannya

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Feb 10, 2020.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    114
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    [​IMG]
    Photo by CDC on Unsplash

    Saat ini virus corona begitu menggemparkan dunia. Bermula dari Wuhan, China kini virus tersebut sudah menyebar di berbagai negara, termasuk Thailand, Singapura, Jepang, Amerika Serikat, hingga Arab Saudi.

    Virus corona sendiri merupakan sebuah virus yang menyerang bagian saluran pernapasan mamalia, termasuk manusia. Untuk kasus saat ini, merupakan virus corona jenis baru yang diberi nama 2019 novel coronavirus (2019-nCoV). Virus ini bisa menyebabkan beragam gangguan pernapasan, mulai dari flu biasa, pneumonia, hingga penyakit yang lebih parah, seperti MERS (Sindrom Pernapasan Timur Tengah) dan SARS (Sindrome Pernapasan Akut Parah).

    Ketika ada seseorang yang terjangkit virus corona, gejala awal yang dirasakan biasanya mengalami demam yang tinggi, batuk, flu, hingga mengalami masalah pada pernapasan. Namun, jika gejala-gejala dari virus tersebut tidak ditangani secara baik, maka bisa saja dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, hingga berujung kematian akibat infeksi paru-paru.

    Terdapat beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan untuk mencegah dari tertular virus corona ini. Cara pertama adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat, yaitu dengan cara memberikan asupan makan yang sehat dan sempurna. Kemudian, jangan lupa untuk sempatkan melakukan olahraga sesibuk apapun aktivitasmu demi menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Selain itu, pastikan selalu mencuci tangan usai ke tempat umum atau menyentuh alat-alat publik karena berpotensi mengandung virus yang disentuh oleh pengidap virus corona. Tidak lupa juga, lengkapi dengan menggunakan masker saat berada di area umum.

    Cara yang bisa dilakukan ketika mengetahui seseorang mengalami gejala-gejala diatas adalah dengan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat. Apabila positif mengidap virus corona, biasanya pihak rumah sakit akan menempatkan pasien tersebut di ruang isolasi untuk mencegah penyebaran virus tersebut lebih luas. Setelah itu, pasien akan diberi berbagai obat demam, batuk, hingga flu yang disertai dengan makanan bernutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

    Itulah penjelasan singkat mengenai virus corona yang belakangan ini menggemparkan dunia dan bagaimana cara mencegahnya. Pastikan diri Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit termasuk dari serangan virus corona.
     
Loading...

Share This Page