Ketahuilah 8 Makanan Sehat Untuk Penderita Sinusitis

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Oct 7, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit sinusitis merupakan masalah pernafasan yang banyak atau sering terjadi. Kondisi ini mengakibatkan peradangan pada sinus akibat penyumbatan di dalamnya. Gejala penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu pendek, atau bahkan dalam jangka waktu yang lama bagi para penderita sinusitis kronis. Selain melakukan pengobatan para penderita sinusitis juga disarankan untuk menjaga pola makan. Karena ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi karena bisa mengakibatkan sinusitis semakin parah.

    Inilah makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita sinusitis, diantaranya ialah :
    • Yogurt
    Yang pertama ada yogurt yang mengandung probiotik yang baik untuk membantu menyeimbangkan bakteri dalam tubuh. Dimana dalam tubuh terdapat bakteri baik dan bakteri jahat. Probiotik ini melindungi bakteri sehat sekaligus menghilangkan bakteri berbahaya untuk mencegah alergi yang bisa mengakibatkan atau memperburuk sinusitis. Dalam sebuah penelitian di San Francisco Chronicle menunjukan jika probiotik bisa mengurangi durasi infeksi pernapasan.
    • Sup Ayam
    Anjuran makanan sinusitis selanjutnya ialah sup ayam hangat yang mampu membantu membersihkan sinus. Makanan satu ini juga bisa bertindak sebagai antibiotik untuk mencegah infeksi.
    • Lobak
    Siapa sangka jika lobak ini baik manfaatnya untuk para penderita sinusitis, hal ini karena lobak mengandung senyawa yang bisa digunakan untuk memecah lendir. Selain itu lobak ini bermanfaat untuk : Membantu menurunkan berat badan, menghambat pertumbuhan kanker, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) hingga baik untuk penderita diabetes.
    • Makanan Tinggi Omega-3
    Ikan laut merupakan salah satu makanan yang mengandung omega-3 sangat tinggi, asam lemak yang terdapat di dalamnya ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa meringankan atau mencegah infeksi sinus. Lemak sehat ini bisa Anda temukan pada : Ikan tuna, Ikan salmon, Ikan makarel serta Ikan sarden. Selain kaya akan omega-3, ikan-ikan tadi juga bebas kolesterol.
    • Bawang Putih
    Manfaat bawang putih untuk para penderita sinusitis agaknya sudah tidak diragukan lagi, hal ini karena kandungan antioksidan serta anti-inflamasi dari allicin yang ada di dalamnya. Bawang putih ini merupakan salah satu makanan anti-bakteri yang ampuh membantu melawan infeksi serta bisa mempertahankan tubuh terhadap sinus serta masalah pernapasan lainnya. Cincang bawang putih selama kurang lebih 10 menit sebelum dimasak untuk tetap mempertahankan nutrisi yang ada di dalamnya.
    • Buah Ceri
    Buah satu ini banyak digunakan sebagai hiasan dalam kue, selain itu siapa sangka jika buah yang berukuran kecil ini mengandung banyak sekali khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh. Dimana buah ceri ini mampu membantu mengurangi peradangan karena mengandung flavonoid serta karotenoid. Buah ini juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung yang akan bekerja sebagai anti-inflamasi dalam tubuh.

    Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Pacific College of Oriental Medicine, San Diego. Selain itu, macam-macam buah beri dan tomat juga memiliki nutrisi penting yang baik dikonsumsi bagi penderita sinusitis.
    • Minyak Kayu Putih
    Untuk membantu menyingkirkan lendir di saluran pernafasan serta mengurangi gejala hidung tersumbat, minyak kayu putih ini merupakan obat terbaik. Minyak ini bertindak sebagai ekspektoran dengan sifat antibakteri yang kuat untuk melawan infeksi virus.
    • Cuka Apel
    Dalam cuka apel ini terkandung anti-bakteri, anti-virus, serta anti-inflamasi untuk mengurangi infeksi sinus. Cuka apel ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pada sinus, hal ini bisa memecah lendir serta mencegah berkembangnya gangguan pada sinus.
     
Loading...

Share This Page