Ketahuilah Gejala Penyakit Abses Perianal

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Feb 19, 2020.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    640
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit abses perianal merupakan suatu kondisi di mana rongga rektum terisi dengan nanah sehingga nanah tersebut akan muncul di sekitar anus. Rektum yaitu bagian terakhir dari usus besar di mana tinja disimpan sebelum dikeluarkan melalui anus. Ketika rektum dan kelenjar lendir dubur terinfeksi, maka akan terbentuk lubang-lubang kecil pada rongga rektum dan akan terisi dengan nanah.

    Adanya suatu infeksi bakteri dapat menyebabkan nanah karena saat bakteri masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melawannya dengan sel-sel darah putih di area yang terinfeksi. Ketika sel-sel darah putih menyerang bakteri tersebut, beberapa jaringan yang ada di sekitarnya juga ikut mati dan akan membentuk semacam lubang yang kemudian akan terisi oleh nanah. Nanah tersebut berisi gabungan dari jaringan yang mati, sel darah merah, dan bakteri.

    Berikut ini ada beberapa gejala dari penyakit abses perianal umumnya berupa:
    1. Yang pertama munculnya benjolan atau pembengkakan yang sangat sakit sekali di dekat atau di sekitar anus. Sehingga pembengkakannya juga akan tampak merah dan hangat pada saat diraba oleh kita.
    2. Sakit pada abses perianal ini juga biasanya akn terjadi dengan secara terus-menerus.
    3. Selain itu gejala abses perianal juga akan mengeluarkan nanah dan darah jika abses perianal tersebut pecah.
    Selain benjolan atau pembengkakan, berikut ini ciri ciri abses perianal juga dapat menimbulkan beberapa gejala yang lainnya seperti :
    1. Demam.
    2. Menggigil.
    3. Konstipasi atau diare.
     
Loading...

Share This Page