Ketahuilah Penyebab Penyakit Mata Pterigium

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Sep 19, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit mata pterigium merupakan salah satu penyakit yang ada di mata, dimana akan terjadi pada pertumbuhan selaput jaringan yang berbentuk segitiga berwarna merah muda dan biasanya akan muncul pada bagian putih bola mata. Penyakit pterigium juga dikenal sebagai mata peselancar atau pterygium juga dikenal sebagai mata peselancar atau surfer’s eye. Umumnya, kondisi ini dimulai pada kornea di dekat hidung dan dapat bertumbuh hingga pupil (bagian hitam mata). Kondisi ini biasanya hanya terdapat di salah satu mata.

    Namun, jika kamu mengalami di kedua mata, gangguan mata ini dinamakan pterygia. Penyakit ini dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada pengidapnya karena kadang menimbulkan rasa gatal dan juga memengaruhi penampilan. Jika dibiarkan penyakit ini bisa menjadi parah, maka bisa meningkatkan risiko pupil mata tertutup dan gangguan penglihatan yang signifikan pada pengidap pterygium.

    Hingga saat ini, penyebab pasti dari pterigium masih belum diketahui. Namun, terdapat berbagai pemicu dan faktor risiko yang diduga dapat menyebabkan munculnya kondisi ini. Beberapa peneliti meyakini bahwa posisi atau letak geografis berperan penting dalam kemunculan penyakit ini. Hal ini disebabkan karena angka kejadian penyakit ini cukup tinggi di negara-negara yang dekat dengan garis khatulistiwa.

    Lebih lanjut lagi, terdapat kemungkinan bahwa sinar radiasi ultraviolet memiliki pengaruh pada munculnya kondisi ini, terkait dengan letak negara-negara yang dekat dengan garis khatulistiwa. Para ahli mempercayai bahwa radiasi ultraviolet, khususnya UV-B, berpotensi menyebabkan terjadinya mutasi pada gen penekan tumor p53. Kondisi ini mengakibatkan perkembangbiakan sel-sel yang berlebihan pada mata, sehingga terjadi penumpukan dan pembentukan jaringan.
     
Loading...

Share This Page