Ketahuilah Penyebab Penyakit Vertigo

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Sep 4, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    626
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Vertigo sendiri merupakan sensasi berputar di dalam atau luar kepala yang terjadi secara tiba-tiba. Tingkat keparahan serta seberapa lama penyakit vertigo ini berbeda setiap orangnya. Dari mulai yang ringan dan sebentar hingga yang parah dan terasa lama. Bahkan dapat berisiko membuat penderitanya terjatuh, selain pusing yang terasa berputar gejala lain vertigo yang sering muncul ialah mual, muntah, berkeringat, tinnitus atau telinga berdenging, dan lainnya.

    Selain dengan obat vertigo di apotik, ternyata ada beberapa bahan herbal alami yang mampu membantu mengobati vertigo secara alami dan efektif. Dan salah satunya ialah jahe, dimana tanaman herbal ini sangat mudah di dapatkan di sekitar kita. Banyak orang memanfaatkan jahe ini sebagai rempah atau bumbu masakan. Namun siapa sangka, ternyata jahe juga dapat dijadikan obat alternatif penyakit vertigo.

    Pada dasarnya, penyebab dari penyakit vertigo ini akan dibagi menjadi dua yaitu vertigo sentral dan juga vertigo perifer. Dibanding dengan vertigo sentral, vertigo perifer yaitu yang paling sering terjadi. Berikut ini adalah penjelasan lengkap penyebab vertigo, di antaranya:

    1.Vertigo perifer

    Vertigo perifer merupakan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya karena terdapat gangguan telinga bagian dalam yang berfungsi mengatur keseimbangan tubuh. Selain perasaan melayang, peradangan yang terjadi di telinga bagian dalam atau karena adanya infeksi virus, akan menimbulkan rasa sakit dan pusing.

    Beberapa penyebab vertigo yang paling umum, khususnya pada penyebab vertigo perifer adalah:

    • BPPV. Pengertian dari BPPV merupakan singkatan dari benign paroxysmal positional vertigo. BPPV terjadi ketika partikel kalsium kecil (canalith) masuk di kanal-kanal telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang kepala dan gerakan tubuh relatif terhadap gravitasi. Proses ini membantu tubuh menjaga keseimbangan. BPPV ini juga dapat terjadi tanpa alasan yang diketahui dan mungkin terkait dengan usia. Penyebab vertigo ini cukup sering terjadi.
    • Penyakit Meniere. Ini adalah gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan di telinga. Hal ini juga dapat menyebabkan episode vertigo bersama dengan telinga berdenging (tinnitus) dan gangguan pendengaran.
    • Neuritis vestibular atau labirintis. Ini adalah masalah telinga bagian dalam biasanya berhubungan dengan infeksi (biasanya virus). Infeksi menyebabkan peradangan pada telinga bagian dalam sekitar saraf yang penting untuk membantu keseimbangan rasa tubuh.
    2. Vertigo sentral

    Vertigo sentral terjadi akibat adanya masalah pada otak. Bagian otak yang paling berpengaruh terhadap kejadian penyakit ini adalah cerebellum atau otak kecil. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab vertigo sentral, di antaranya:
    • Stroke
    • Konsumsi obat
    • Tumor otak
    • Migrain
    • Multiple sclerosis
    • Neuroma akustik
     
Loading...

Share This Page