ketika genset menjadi penolong hidup anda

Discussion in 'General Business' started by Dede Kusrianto, Dec 11, 2017.

  1. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Genset bukanlah barang primer yang selalu anda butuhkan setiap hari. Kebutuhan akan genset sebenarnya tidak seperti kebutuhan makan dan minum yang harus anda penuhi 3 kali sehari. Namun dalam suatu perusahaan baik perusahaan yang baru merintis, berkembang dan perusahaan yang sudah maju sekali pun harus memikirkan tentang genset. Kenapa? Dalam suatu kondisi dimana listrik PLN mengalami pemadaman sedangkan produksi harus jalan terus di sanalah genset sangat dibutuhkan.

    Dilihat dari penggunaannya mungkin akan sangat jarang suatu perusahaan menggunakan generator set ini. Namun banyak hal positif juga yang nantinya bakal di dapat jika perusahaan mampu membackup pasokan listriknya dengan tenaga genset. Untuk harga genset sendiri cukup mahal memang, namun di sarankan perusahaan menyesuaikan pasokan listrik yang ada dengan genset yang akan di beli nantinya agar daya terpakai sesuai kebutuhan. Alternatif lainnya adalah melakukan sewa genset yang lebih murah. Banyak perusahaan genset yang menyediakan berbagai macam kepasitas, tipe, dan merek yang mumpuni. Untuk merek yang terbaik seperti perkins, cummins, MTU dan mitshubisi memiliki kualitas yang baik dengan harga yang cukup mahal. Ada 4 tipe genset berdasarkan bahan bakarnya yaitu:
    1. Bahan Bakar Solar
    Genset ini biasa di sebut dengan genset diesel. Solar menjadi bahan utamanya dalam menggerakan mesin genset jenis ini. Daya yang di keluarkan dari genset jenis ini cukup besar mulai dari 10 KVA sampai 100 KVA.
    1. Bahan Bakar Bensin
    Genset ini biasanya digerakan dengan bahan bakar bensin. Pada genset bahan bakar besin mesin dibedakan seperti motor roda dua ada2 tak dan 4 tak. Untuk mesin 2 tak biasanya digunakan untuk kebutuhan listrik yang kecil sedangkan mesin 4 tak digunakan untuk kebutuhan listrik yang beragam.

    1. Bahan Bakar Gas
    LPG (Liquid Petrolium Gas) adalah bahan bakar utama untuk menyalakan genset ini. Jika di bandingan dengan jenis genset lainnya genset mesin gas ini memiliki harga yang tinggi. Sehingga perlu pertimbangan yang lebih terutama dalam sisi biaya jika ingin menggunakan genset ini.
    1. Genset Turbin
    Genset jenis ini adalah genset paling besar tenaganya, kapasitasnya bisa mencapai 2MW. Genset turbin dapat menghidupkan listrik satu desa bahkan lebih. Untuk membuat mesin genset turbin ini terbilang sulit karena harus sesuai dengan kondisi sekitar. Jenis mesin genset turbin ada berbagai macam diantaranya adalah turbin angina, turbin uap dan turbin air.

    Penjelasan tentang tipe genset diatas agar memudahkan anda dalam menentukan tipe genset berdasarkan bahan bakarnya. untuk sekarang ini genset yang paling banyak digunakan berdasarkan tipe bahan bakarnya adalah generator set diesel. Masih banyak sebenarnya serba-serbi tentang genset yang ingin dibahas, mungkin di artikel selanjutnya.

    Kesimpulannya adalah bagaimana anda memanfaatkan genset sebagai tenaga cadangan anda ketika listrik padam dan perusahaan harus tetap beroperasi menjalankan bisnisnya. Pilihlah generator set yang tepat untuk perusahaan anda. Agar bisnis anda lancar , sustainable dan mampu untuk bersaing ke tingkat yang lebih baik.
     
Loading...

Share This Page