Keunggulan dan Kelemahan Jualan Online dengan Marketplace

Discussion in 'General Discussion' started by bontilicious, May 24, 2017.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    35
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Berjualan secara online menjadi salah satu cara untuk berbisnis ketika Anda tidak mempunyai modal yang cukup besar untuk dipergunakan menyewa tempat untuk menjualnya. Banyak cara jualan online yang dapat Anda lakukan dan salah satu cara jualan secara online adalah dengan menggunakan marketplace. Marketplace adalah website dimana dalam 1 online shop tersebut memiliki beragam penjual yang menjual berbagai macam barang yang berbeda ataupun sama dengan kategori tertentu.

    Berjualan dengan cara menggunakan marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelumnya. Keunggulannya yaitu pertama, Anda tidak perlu memiliki modal yang banyak untuk bisa berjualan secara online. Untuk menjadi penjual di marketplace tersebut maka Anda hanya perlu untuk mendaftar di website tersebut kemudian menyetujui peraturan dan ketentuan yang berlaku yang sudah ditentukan oleh marketplace tersebut mulai dari cara berjualan hingga pembayaran fee dari barang yang dijual tersebut.

    Kedua adalah lebih dikenal oleh masyarakat. Ibaratnya, Anda menumpang nama jika berjualan di marketplace karena website toko online tersebut sudah memiliki nama yang cukup dikenal sebelumnya sehingga membuat Anda setidaknya memiliki modal kepercayaan dari pelanggan. Barang yang Anda jual di online shop tersebut nantinya juga akan bisa masuk ke dalam prioritas pencarian karena marketing strategi yang diterapkan oleh marketplace tersebut.

    Keunggulan lain dari jualan secara online marketplace yaitu:

    • Ketiga adalah Anda lebih mudah untuk memasarkannya misalnya dengan menggunakan media sosial dengan menggunakan fitur share ataupun memasarkannya secara manual.
    • Keempat adalah terlindungi. Jika Anda menggunakan online shop tersendiri maka Anda harus mengatur sistem serta menjaga keamanan sistem tersebut sehingga tidak mudah diretas. Dengan menggunakan marketplace, Anda tidak perlu khawatir karena website tersebut sudah dilindungi lewat keamanan jaringan yang sudah terprogram dengan baik sehingga barang dan data yang Anda miliki bisa tersimpan dengan aman.
    • Kelima adalah bisa mengecek kapan saja dan dimana saja Anda mau.

    Namun, jualan online dengan menggunakan marketplace juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

    • Anda tidak bisa mengubah sistem yang Anda. Sebagai penjual yang ibaratnya hanya meminjam ‘tempat’ untuk berjualan maka Anda harus mentaati sistem yang sudah ditetapkan dan jika hal tersebut tidak sesuai dengan yang Anda inginkan maka Anda tidak bisa untuk merubah sistem tersebut sesuai yang Anda mau.
    • Memiliki persaingan yang tinggi. Dalam marketplace terdapat banyak penjual yang menjual barang yang sama dengan Anda dengan harga yang bervariasi, bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah. Sehingga mau tidak mau Anda harus pintar dalam menjual barang Anda agar barang Anda yang dijual tersebut bisa laku dan bersaing dengan penjual lainnya di marketplace.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    245
    Likes Received:
    66
    Trophy Points:
    28
    Super tinggi, den.... menurutku marketplace itu ajang perang harga. Jangan harap dapat pembeli jika pasang harga tinggi karena produk kita disandingkan langsung dengan produk sejenis dari pesaing.
    Artinya, bagus buat pembeli tapi tak bagus buat penjual
    Tapi daripada bikin olshop sendiri, masih mending gabung di marketplace. Sebab bikin olshop kalau modal tak kuat buat bayar biaya optimasi dan promosi, jelas dilibas sama marketplace besar. Coba saja browsing dengan kata kunci produk populer. Misal "jual hp samsung" dan cek siapa yang nangkring di page 1 google?
     
  3. ANDHIMIND

    ANDHIMIND Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Semua memang ada keunggulan dan kelemahannya ya, apalagi dengan market place. Memang market place masih banyak keunggulannya daripada kelemahannya, maka banyak pelaku bisnis berbondong-bondong ikut mencoba peruntungan melalui market place. Apalagi bagi wong cilik adanya market place membuat ekonomi wong cilik meningkat dengan cara dropship maupun menjadi reseller.
     
  4. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Menurut saya sih yg udah pernah jualan di marketplace, kadang kita di untungkan dengan ga harus ribet" layani pembeli, orderan masuk terima beres, tapi sebelnya kalau dapat pembeli rese tuh, wah, uang kita bisa ketahan lama dan nyaris complain tiada henti, misalnya masalah keterlambatan ataupun packing yg sedikit rusak akibat perjalanan jauh
     
Loading...

Share This Page