Keuntungan Menjadi Android Developer di Indonesia

Discussion in 'Programming' started by SatyaAR, Apr 1, 2020.

  1. SatyaAR

    SatyaAR New Member

    Joined:
    Dec 11, 2019
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dalam meilih pekerjaan di bidang IT, bisa terbilang cukup menjanjikan untuk jenjang karir Anda dimasadepan. Karena, saat ini kita sudah memasuki era teknologi yang tanpa batas. Sehingga secara otomatis kita akan selalu berhubungan dengan teknologi di mana pun kita berada. Oleh karena itu, saat ini Anda bisa mencari uang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang Android Developer. Karena Android telah menjadi platform mobile terpopuler di dunia saat ini dan Keuntungan menjadi Android Developer sangatlah banyak.

    Pada Maret 2019 sebanyak 93,5% konsumen lebih memilih platform Android sebagai sistem operasi peranti mobile mereka. Hal ini juga menandakan bahwa kebutuhan akan Android developer akan semakin meningkat dimasa yang akan datang di Indonesia. Oleh karena itu, profesi seorang Android Developer merupakan 1 dari 5 profesi yang paling diincar oleh perusahaan menurut LinkedIn Emerging Jobs Report 2019.

    Apa Keuntungan Menjadi Android Developer ?

    [​IMG]

    1. Besarnya Kebutuhan Pasar

    Menjadi seorang Android Developer bisa memiliki konsumen yang tidak terhingga. Karena sasaran mereka tidak hanya di Indonesia saja, namun hingga ke seluruh dunia. Banyaknya kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat, hal ini tentunya akan menjadi peluang besar bagi Android Developer.

    Dengan mayoritas masyarakat dunia yang memilih ponsel Android , tentunya hal tersebut akan meningkatkan produktifitas penggunaan aplikasi dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadikan sebuah potensi besar bagi seorang Android Developer yang mampu memaksimalkan skill dan keinginan untuk menciptakan aplikasi sebaik mungkin.

    2. Penghasilan yang Besar

    Dengan menjadi seorang Android Developer, penghasilan yang Anda dapat akan sangat bervariasi tergantung pada apa yang Anda ciptakan dan bagaimana Anda berkerja selama ini. Namun jika Anda menjadi pegawai sebuah perusahaan tentunya hanya akan diupah sesuai standar perusahaan. Akan tetapi, dengan menjadi Android Developer mandiri, penghasilan Anda akan bisa melebih gaji dari perusahaan.

    Contohnya adalah jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, gaji rata-rata untuk Android Developer diantara Rp 6 s/d 9 juta per bulan di Indonesia. Perkiraan gaji ini didasarkan pada 122 gaji yang dikirimkan secara anonim oleh karyawan Android Developer, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indonesia pada selama 36 bulan terakhir.

    Hal ini dikarenakan penghasilan Anda tergantung minat konsumen terhadap aplikasi buatanmu dan seberapa banyak aplikasi yang sudah Anda pasarkan. Semakin banyak aplikasi yang Anda pasarkan, semakin besar pula pendapatan yang akan didapat.

    3. Pekerjaan yang Fleksibel

    Selain bisa menjadi pegawai di sebuah perusahaan, Anda bisa menjadi seorang Android Developer yang bekerja secara mandiri dan bisa bekerja dirumah. Penghasilanmu pastinya juga akan berkali lipat meskipun pekerjaan ini tidak mengikat waktu dan bisa Anda kerjakan kapan saja sesuka hati.

    Hal ini akan sangat menguntungkan terutama untuk mengatur waktu sendiri. Anda hanya perlu untuk memasarkan produkmu secara masif agar banyak peminatnya, sehingga seiring dengan besarnya minat konsumen, pemasukanmu pun akan meningkat.

    Contohnya adalah ada salah satu pengguna kaskus yang mampu meraup keuntungan hingga 7 – 9 juta perbulannya. Padahal ia hanya membuat 5 aplikasi game tebak- tebakan yang di pasang di playstore. Sekarang lebih dikenal dengan game tebak gambar. Hal ini tentu harus memacu anda para android developer dalam menciptakan aplikasi yang bagus dan memiliki daya saing tinggi agar bisa meraup untung.

    Ada juga Yusup Suparman yang merupakan pria kelahiran Depok, ia sudah mahir membuat aplikasi. Dia sudah mampu untuk membuat 51 aplikasi yang dipasang di google playstore melalui google console. Aplikasinya sudah di unduh oleh 10 ribu – 40 ribu penguna. Penghasilannya pun terbilang tinggi yakni 5000 – 6000 US dolar tiap bulannya. Tentu hal ini melalui usaha yang keras.

    Itulah keuntungan menjadi Android Developer yang bisa Anda dapatkan, melihat peluang Android saat ini semakin di butuhkan oleh para konsumen. Tak menutup kemungkinan apabila Android Developer akan semakin dibutuhkan dimasa depan.

    Jika anda tertarik untuk mendapatkan mendapatkan hal tersebut, anda harus mempelajari dan menguasai berbagai hal ini.

    Memiliki pengetahuan dasar JAVA & XML

    Bahasa java merupakan bahasa pemrograman dasar untuk pengembangan aplikasi android. Konsep yang seperti Class, Package, access modifier(public/private/protected) dan konsep lainnya harus anda pelajari lebih dulu.

    XML merupakan bahasa markup yang paling sering dipakai untuk berbagai keperluan, seperti di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming.

    Memahami Arsitektur Android

    Anda juga perlu memahami arsitektur android lebih dulu. Contohnya seperti desain, komponen, pattern, dan masih banyak lagi. Untuk itu ada baiknya bila Anda bisa mengawali dengan memahami apa itu android dan cara mengembangkan desainnya.

    Memahami User Interface dan Experience

    Hal yang paling penting dari pembuatan sebuah aplikasi yaitu UI dan UX, sejumlah web seperti Android Niceties, Android Holo Color Generator, Android UI & UX, dan Android Asset Studio bisa diakses untuk membantu dalam pengembangan aplikasi oleh android developer pemula.
     
  2. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    283
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    selama ponsel android masih laku, android developer akan selalu laku ya gan
     
Loading...
Similar Threads - Keuntungan Menjadi Android
  1. Malik Abimanyu
    Replies:
    25
    Views:
    3,284

Share This Page