Khasiat Buah Buni Untuk Kesehatan Mata

Discussion in 'Health & Medical' started by Nabila, Sep 9, 2016.

  1. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Khasiat Buah Buni Untuk Kesehatan Mata,- Buah buni siapa yang tidak tahu buah ini ? Buah yang biasa dijadikan campuran rujak uleg memiliki rasa yang manis, asam segar dan cenderung sepat, warna buahnya yang merah dan ungu ini sangat cocok dijadikan pelengkap rujak. Buah buni memiliki nama latin Antidema thwaitesianum. Jika dilihat sekilas buah ini mirip dengan buah anggur, bentuknya bulat, kecil dan bergerombol. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat selai. Bisa juga dijadikan lalapan bagi anda pecinta lalap buah buni muda. Bagian yang bisa digunakan adalah daun, ranting, dan buahnya.

    Uraian Tanaman

    Pohon buah nuni memiliki tinggi 15-30 m. Phon berbatang sedang inipun tersebar di Asia Tenggara dan juga di Australia. Di Jawa pohon ini tumbuh liar di hutan atau dapat ditanam di halaman dan dapat ditemukan dari dataran rendah hingga 1.400m dpi. Daun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat telur sungsang hingga lanset, panjangnya 9-25 cm, tepi rata dan agak bergelombang, ujung meruncing dan pangkal tumpul. Daun muda warnanya hijau muda dan setelah tua menjadi hijau tua. Buni ini berumah dua, bunga dalam tandan, keluar dari ketiak daun atau ujung percangan. Buahnya kecil-kecil panjang sekitar 1 cm, bentuknya elips berwarna hijau, bila dimasak menjadi ungu kehitaman dan rasanya manis sedikit asam.

    Buah buni ini memiliki ukuran yang kecil tetap khasiat yang besar di dalamnya. Buah buni memiliki kandungan yang banyak sekali dan baik untuk kesehatan tubuh.

    Kandungan Yang Ada Dalam Buah Buni
    Buah buni memiliki kandungan gizi dan fitonutrien yang tinggi, buah buni nutrisinya terdiri dari vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin E, Mineral besi, Fosfor, Kalium dan Serat, Alkaloida dan Friendelin. Sifat kimiawi dan juga efek farmakologis : Rasa asam. Peluruh keringat, hilangkan racun, hilangkan haus, meningkatkan sirkulasi darah.

    Kandungan vitamin C nya pun tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker dan juga penuaan dini. Vitamin C pun meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini kaya akan serat dan dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan juga mencegah terjadinya kanker kolon. Selain itu kandungan vitamin A nya pun berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Dan vitamin E yang akan mengencangkan dan meremajakan sel kulit.

    Warna ungu pada buah buni matang ini menunjukan kadar antosianin yang tinggi. Keberadaan senyawa aktif inipun penting untuk kesehatan dan juga untuk pembuluh darah. Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh.

    Khasiat Buah Buni Untuk Kesehatan Mata
    [​IMG]

    Kandungan provitamin A dalam buah buni baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya mata rabun dini. Buah ini pun bisa dimakan langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Untuk mendapatkan khasiat buah buni bagi kesehatan mata anda tidak perlu menggunakannya langsung ke mata, cukup dengan mengkonsumsinya saja.

    Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan Lainnya
    • Mencegah Hipertensi
    Buah buni bisa bermanfaat untuk antihipertensi dan kesehatan jantung. Penggunaan secara rutin dapat menghindari resiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, serta aterosklerosis. Buah buni pun dapat dimanfaatkan untuk penderita kurang darah (Anemia).

    • Peremajaan Kulit
    Kandungan vitamin C dan E dapat bermanfaat untuk menjaga kesehtan kulit karena manfaatnya untuk membantu proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit dan serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit pun akan tampak lebih halus, putih, kencang dan bersinar.

    • Memperlancar Saluran Pencernaan
    Buah buni inipun kaya akan serat. Konsumsi buah buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh. Buah buni cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang mengalami masalah pencernaan. Buah buni pun mampu melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

    • Menjaga Kekebalan Tubuh
    Buah buni dapat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan digunakan sebagai antioksidan dalam tubuh. Konsumsi buah buni juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh.

    Cara Pengolahan Buah Buni
    • Dimakan Langsung
    Buah buni yang mata sekitar 30 buah dapat dijadikan cemilan, tetapi jangan lupa dicuci terlebih dahulu kemudian dibuang bijinya. Daging buahnya pun bisa langsung dimakan. Buah bisa dimanfaatkan sebagai rujak uleg dan bisa juga diawetkan sebagai manisan atau dibuat sirup yang disimpan dalam botol, atau dibuat dalam bentuk pasta untuk bahan selai buah buni. Untuk pengobatan bisa langsung dikonsumsi 3x2 - 3 butir dalam sehari. Minum air hangat jika terasa sepat muncul dalam mulut akibat buah buni.

    • Ditumbuk Seperti Jamu
    Buah atau tanaman buni ini bisa juga ditumbuk untuk dibuat ekstrak jamu/herbal.

    • Diseduh
    Buah ini diambil dagingnya lalu ditumbuk dalam alu lumpang hingga lembut. Tambahkan dengan air hangat-hangat kuku. Minum 2-3 sehari, diulang bila perlu. Sisa ampas seduhan bisa digunakan untuk mengobati luka dengan menempelkannya ke daerah luka.

    By : Obat Penyakit Kulit | Khasiat Buah Buni Untuk Kesehatan Mata
     
  2. dorman

    dorman Member

    Joined:
    Jul 13, 2015
    Messages:
    102
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    emang nih buah ada di indonesia tah ? br lht ane ....
     
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Sepertinya tanaman ini ada di daerah tropis tapi saya kok gak pernah liat yah,,,
     
Loading...

Share This Page