Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Oct 16, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau. Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.

    Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan
    • Mengurangi resiko penyakit alzheimer
    Dalam sebuah studi terhadap tikus yang sudah dibiakkan penyakit Alzheimer, tikus yang diberi asupan buah delima mempunyai kecenderungan memiliki tugas-tugas mental yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi asupan buah delima. Oleh karena itu, buah buah delima dianggap sebagai buah yang baik untuk membantu perkembangan otak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.

    • Mencegah Asam Urat
    Zat kalium dalam buah delima mampu mencegah penyakit asam urat (gout) dan juga mampu mencegah penumpukan plak pada saluran arteri serta menjaga fungsi jantung dengan baik.

    • Mampu Melawan Virus dan Infeksi
    Buah delima mengandung banyak sekali zat antioksidan yang mampu melawan virus dan juga infeksi yang terdapat pada tubuh.

    • Menurunkan Kolesterol
    Buah delima memiliki unsur detoks, yang membantu untuk mencegah penyumbatan pada saluran-saluran penting dari tubuh termasuk menurunkan kolesterol.

    • Membersihkan Plak Gigi
    Karena kandungan zat yang ada dalam buah delima ini bisa membersihkan plak dan membersihkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, maka buah delima ini pun mampu menghilangkan plak pada gigi,

    • Mengobati Anemia
    Buah delima mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu untuk menaikkan hemaeglobin dalam darah. Oleh karena itu penderita anemia sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah ini.

    • Mengurangi Hipertensi (Darah Tinggi)
    Di lain sisi, karena buah ini sangat baik untuk mencuci darah kotor dan membersihkan plak-plak dalam saluran darah, sehingga buah delima mampu menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

    • Menyembuhkan Osteo Arthritis
    Buah delima merah baik bagi penderita osteo arthritis karena kandungan zatnya dapat memberikan efek degradasi kartilago dan memberikan penyembuhan pada tulang rawan. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian Case Western Reserve University.

    • Melindungi dan Mencerahkan Kulit
    Kandungan buah delima seringkali digunakan untuk produk kecantikan dan perlindungan kulit, Ini dikarenakan buah delima mampu untuk membersihkan kulit apabila digunakan sebagai sabun dan lotion karena sifat buah ini yang bersifat membersihkan jaringan kulit yang sudah kusam dan kotor.

    • Mengobati Kanker dan Diabetes
    Satu hal penting manfaat buah delima ini adalah mampu melawan penyakit kanker dan diabetes. Berdasarkan penelitian National Institutes of Health dan clinical trials yang dilakukan atas konsumsi delima merah, ditemukan bahwa buah pomegranate mampu mengurangi kanker prostat dan penyakit diabetes.

    • Mencegah Penuaan Kulit
    Mengkonsumsi jus delima adalah satu lagi pengobatan yang sangat baik untuk kulit yang rusak oleh paparan sinar matahari. Sebuah survei tambahan menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji delima ke kulit meningkatkan produksi kolagen. memanfaatkan minyak biji delima efisien dapat mengurangi perkembangan keriput bersama dengan tanda lain yang terkait dengan penuaan.


    • Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat
    Jerawat disebabkan terutama oleh ketidakseimbangan hormon atau masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu menghindari jerawat. Selain itu, delima juga mengandung vitamin C, yaitu anti – oksidan yang efektif yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

    Moga infonya bisa bermanfaat untuk semua ...Salam Sehat... *sayonara*
    jngn lupa minta like nya ya hehehehe *wow1*

    SUMBER*merokok2*

     
    Pesona Bandung likes this.
  2. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    568
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Infonya bermanfaat banget gan. Salam sehat kembali deh :)
     
  3. Pesona Bandung

    Pesona Bandung New Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  4. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    aku suka banget sama buah delima ....................
     
Loading...

Share This Page