Khasiat Cabai Merah Untuk Mencegah Katarak

Discussion in 'Health & Medical' started by Nabila, Sep 9, 2016.

  1. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Khasiat Cabai Merah Untuk Mencegah Katarak,- Cabai merah ada manfaatnya untuk mata ? Kok bisa ? Cabai biasanya digunakan sebagai bumbu masakan bagi yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai bisa dijumpai di setiap rumah. Ini karena cabai sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Cabai adalah bahan alami untuk memberikan cita rasa masakan menghasilkan warna merah dan rasa pedas pada makanan. Cabai ini memang pada sebagian orang terasa pedas tetapi sebenarnya cabai memiliki kandungan yang berguna untuk tubuh.

    [​IMG]

    Uraian Tanaman :
    Cabai merah berasal dari Amerika tropis, tersebar mulai dari Meksiko hingga bagian Utara Amerika Selatan. Di Indonesia cabai dibudidayakan di daerah pantai hingga pegunungan, dan terkadang menjadi liar. Perdu tegak, tinggi 1-2,5m. Setahun atau menahun. Batangnya berkayu, berbuku-buku, percabangan lebar, penampang persegi, batang muda berambut halus berwarna hijau. Daun tunggal, bertangkai (panjangnya 0,5-2,5 cm), letaknya tersebar. Helaian daunnya pun bentuknya bulat telur hingga elips, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata. Rasa cabai sangat pedas hingga dapat membuat orang mengeluarkan air mata saat menciumnya, tetapi orang tetap menyukainya untuk menambah nafsu makan.

    Kandungan Cabai Merah :

    Cabai ini mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein. Selain itu pun mengandung mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor dan niasin. Zat aktif kapsaisin berkhasiat sebagai stimulan. Jika seseorang mengkonsumsi kapsaisin terlalu banyak maka akan mengakibatkan rasa terbakar di mulut dan keluarnya air mata.

    Khasiat Cabai Merah Untuk Kesehatan
    Cabai ini memiliki rasa pedas, sifatnya panas. Buah berkhasiat stimulan dapat meningkatkan nafsu makan (stomakik), peluruh keringat (diaforetik), perangsang kulit, dan sebagai obat gosok.

    • Mengobati Rematik
    Rematik yang kerap menyerang sendi manusia pun ternyata dapat disembuhkan oleh cabai merah. Dan cara membuat ramuan cabai merah adalah dengan merebus cabai merah sebanyak 10 buah dan direbus dengan air bersih sekitar setengah gelas. Setelah air rebusannya hangat barulah balurkan pada bagian yang terasa sakit akibat rematik. Dengan rasa pedas tersebut kandungan sejenis zat besi dan kalium dapat mengobati penderita rematik.

    • Mengobati Bisul
    Bisul adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan menimpa mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat dan tidak bersih. BIsul juga akan sangat mengganggu jika letaknya pada tempat-tempat tertentu. Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan cabai merah. Caranya ambil beberapa helai daun cabai merah dan beri minyak sayur, lalu panaskan diatas api hingga daun layu. Setelah itu tempelkan daun cabai layu tersebut di bagian yang terdapat bisul.

    • Mencegah Stroke
    Cabai merah juga dapat mencegah stroke. Penyakit ini mampu dicegah ternyata hanya dengan mengkonsumsi cabai. Cabai merah dapat bermanfaat untuk memperkecil resiko terjadinya stroke, memperlancar penyumbatan darah, mencegah impotensi dan bahkan mencegah penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi cabai merah ini akan memperlancar darah dalam tubuh sehingga kerak lemak dalam tubuh tidak mampu menyumbat aliran darah. Stroke pun dapat dicegah bahkan cabai merah mampu mengurangi penggumpalan darah.

    • Mengobati Sariawan
    Karena cabai merah ini mengandung vitamin C, ini juga menjadikan fungsi cabai merah untuk mengobati sariawan di mulut. Jika anda mengalami sariawan anda bisa menggunakan cabai merah.

    • Menambah Nafsu Makan
    Sebagian mereka pecinta pedas pasti nafsu makan jika cabai merah ada dalam menu makanannya. Kegunaan cabai merah pun dapat berguna sebagai stimulan untuk membuat nafsu makan seseorang bertambah.

    Khasiat Cabai Merah Untuk Mencegah Katarak
    Cabai merah mengandung vitamin A dan beberapa zat flavonoid zeaxanthin, cryptoxanthin, beta karoten dan a-karoten. Zat flavonoid ini adalah antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang merugikan, mencegah stres dan mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. Inilah alasan mengapa cabai merah baik fungsinya untuk mengobati katarak. Ini karena di dalamnya pun mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan penyakit katarak pada mata.

    Cabai ini termasuk ke dalam golongan makanan herbal yang sebenarnya sangat menyehatkan. Tetapi apda perkembangannya ternyata banyak dilakukan pengawetan pada jenis makanan ini dan dapat merusak kandungan alami yang ada pada cabai tersebut serta berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang lian. Cabai jika dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan pedas harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena apapun yang berlebihan akan menimbulkan efek samping.


    Sumber : Khasiat Cabai Merah Untuk Mencegah Katarak
     
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,853
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Baru tahu jika cabai merah juga baik untuk mata... pantes aja yg suka oedes matanya sehat2..... :D
     
Loading...

Share This Page