Khasiat Daun Sirsak Untuk Gagal Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Mar 30, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Penyakit gagal ginjal ini bukanlah penyakit yang asing dan baru dikenal di kalangan masyarakat. Penyakit gagal ginjal ini merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi ancaman tersendiri bagi pengidapnya. Gagal ginjal ini merupakan suatu kondisi dimana ginjal sudah tidak mampu berfungsi lagi sebagaimana seharusnya yakni sebagai penyaring sisa sisa metabolisme tubuh dan racun. Dan akan mengeluarkannya bersama urin. Pada umumnya orang yang mengalami kondisi gagal ginjal ini diharuskan untuk menjalani proses cuci darah dalam periode dan frekuensi dalam waktu tertentu.

    Daun sirsak merupakan daun dari tumbuhan Annona muricata atau biasa disebut dengan sirsak atau nangka belanda yang berasal dari negara di daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Buah ini disebut dengan sebutan nangka belang, disebut-sebut bukan karena tanpa alasan. Sebabnya adalah buah ini didatangkan secara langsung oleh pemerintah Hindia Belanda ke Nusantara pada abad ke-19. Sejak saat itu sirsak mulai umum di kenal di Indonesia. Sehingga daun sirsak ini sangat baik sekali untuk penderita penyakit gagal ginjal.

    Di dalam daun sisrsak terkandung banyak manfaat yang dapat digunakan untuk melawan banyak penyakit seperti penyakit asam urat, kanker, tumor, darah tinggi, dan lain sebagainya. Salah satu kandungan yang ada di dalam daun sirsak ini adalah adanya antioksidan yang dapat membunuh bakteri kanker yang diklaim lebih efektif dibanding melakukan kemoterapi.

    Secara umum, untuk mengobati ginjal dengan daun sirsak, Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Siapkan 5 lembar daun sirsak yang terlihat bersih dan tidak banyak digigit ular.
    2. Setelah itu siapkan 3 sendok makan madu yang asli yaitu untuk tambahan ramuan agar tidak terlalu masam.
    3. Siapkan 3 gelas air untuk direbus bersamaan dengan daun sirsak tadi.
    4. Cuci bersih semua lembar daun sirsak yang anda kumpulkan, lalu rebus dengan air yang telah dipersiapkan tadi.
    5. Biarkan air mendidih dan menyusut menjadi satu gelas saja.
    6. Dinginkan sampai hangat-hangat kuku lalu tambahkan madu.
    7. Aduk rata dan minum setiap hari setiap malam.
    Selain dengan cara di atas, juga terdapat beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat ramuan dari daun sirsak ini yaitu untuk mengobati gagal ginjal Anda. Cara lain yang akan kita bahas adalah dengan memanfaatkan daun sirsak yang sudah kering untuk dibuat sebagai sebuah ramuan teh.
     
Loading...

Share This Page