Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Nov 12, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Temu lawak
    (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina tanaman ini selain di Asia Tenggara dapat ditemui pula di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.

    Kandungan Temulawak

    Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat lainnya yaitu, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah. Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti

    Berikut Ini Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan
    • Mengurangi Radang Sendi
    Temulawak ini terdapat kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang bisa mengurangi nyeri dan radang sendi.

    =>Cara kerjanya adalah melalui pengbatan migrasi Sel-sel leukosit kedaerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta Transprtasi mediatr radang yaitu Prostagladin. Dan dari hasil uji klinik menunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

    • Menurunkan Lemak Darah
    Dari hasil uji pra klinik menunjukkan bahwa Ekstrak Temulawak dan Fraksi Kurkuminoidnya bisa menurunkan kadar kolesterol Total. Trigliserida dan meningkatkan kadar HDL Klesterol. Komponen yang di duga berperan dalam menurunkan lemak darah, Adalah kurkuminoid.

    • Antioksidan Dan Membantu Pemeliharaan Kesehatan
    Kurkumin pada Temulawak berguna sebagai Antioksidan karena mampu menangkap Radikal-radikal bebas oksigen seperti anion Superoksid. Dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.

    =>Cara Pemakaianya Adalah : Gunakan Ektrak kering temulawak, lalu di rebus, Kemudian minum 3 kali sehari, Setiap kalinya Lebih kurang 250-500 mg.

    • Mengobati Jerawat
    Cuci rimpang temulawak sebesar atau selebar satu jari kemudian Di Potong-potong secukupnya, Lalu di rebus Kira-kira 4 gelas air bersih hingga tersisa separuh. kemudian di dinginkan dan di saring, Dan tambahkan madu secukupnya dan minum 2 kali sehari, Setiapkalinya cukup satu gelas saja.

    • Memelihara Fungsi Hati
    Manfaat Temulawak bisa di gunakan untuk memelihara kesehatan fungsi hati karena kandungan kalagoganya. Dimana Kalagganya ini berfungsi untuk prduksi empedu dalam hati dan merangsang pengsongan kandung empedu.

    • Menambah Nafsu Makan
    Secara Klinik di temukan bahwa rimpang temulawak bisa meningkatkan atau memperbaiki nafsu makan. Manfaat ini berkaitan dengan efek minyak atsirinya yang bersifat karminativun.

    =>Nah cara pemakaianya : Sediakan 25 gr Temulawak Dan 10 gr Asam jawa dan gula merah secukupnya lalu di rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc jika telah selesai, di saring kemudian di minum.

    • Memperbaiki Fungsi Pencernaan
    Secara pra Klinik di temukan bahwa serbuk rimpang bisa meningkatkan Aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kntraksi Usus halus.

    =>Berikut Cara Pemakaianya : Sediakan 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar, Kemudian di panasikan rimpang dengan air yang bersuhu 90 drajat selama 15 menit, Lalu di saring dan minum 2-3 kali sehari diantara waktu makan.

    SUMBER
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    emang khasiat temulawak luar biasa den...
    tapi bagi yang punya gejala ginjal harus diimbangi dengan minum air putih yang banyak...pegeell itu pinggang kalo minum temulawak setiap hari..
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    temulawak, keTemuan sambil ngeLawak :D
     
  4. nangteng

    nangteng New Member

    Joined:
    Apr 10, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
  5. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    tanam tanaman obat disekitar rumah agar kita mudah menangani masalh tubuh dengan tanaman obat.
     
  6. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    kata nenek ku temulawak memang banyak khasiatnya
     
Loading...

Share This Page