Kiat-Kiat Merencanakan Liburan Murah

Discussion in 'Tourism' started by Faniditya Ramadhan, Jul 12, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Momen liburan sanglatlah dinanti-nantikan oleh semua orang. Liburan kemanapun akan terasa seru apalagi jika dihabiskan bersama keluarga atau teman. Terlebih lagi bisa liburan murah tanpa harus mengeluarkan uang berlebih. Tentunya menjadi impian semua orang bukan?

    Nah, untuk mewujudkan hal tersebut sebaiknya merencakanannya dari jauh-jauh hari agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat serta tentunya membuat Anda bisa menambung terlebih dahulu. Berikut kiat-kiat untuk merencanakan liburan murah yang bisa Anda terapkan:

    Melakukan Perencanaan Sejak Jauh Hari

    Untuk merealisasikan rencana liburan murah Anda, tentunya Anda harus membuat perencanaan yang matang dan dari jauh-jauh hari. Jika Anda menginginkan untuk pergi liburan dalam waktu yang lama baik ke luar negeri maupun dalam negeri ada baiknya direncanakan setahun sebelum tanggal keberangkatan.

    Sedangkan jika Anda menginginkan pergi liburan dalam waktu yang sebentar, Anda dapat mulai merencanakannya sejak tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan.

    Membuat Anggaran Dana

    Pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah liburan ala ransel ataupun liburan ala koper. Hal itu menggambarkan bahwa setiap orang memiliki gaya liburan yang berbeda-beda. Bila Anda adalah orang yang mengutamakan akomodasi dan transportasi yang nyaman selama berwisata, maka harus mengalokasikan 50 persen atau lebih dari keseluruhan dana untuk biaya tersebut.

    Sementara, bagi Anda yang mementingkan pengalaman dan kunjungan ke berbagai destinasi wisata dan tidak perlu hotel dan pelayanan yang mewah tentunya dapat menekan biaya akomodasi di tempat wisata tujuan liburan murah Anda.

    Membuat Itenerary Secara Detail

    Dalam merencanakan liburan murah Anda, sisihkan waktu untuk membuat itenarary sedini mungkin. Anda dapat memulainya dengan melakukan riset terlebih dahulu mulai dari mencari transportasi yang lebih beragam, akomodasi yang lebih murah, hingga berbagai diskon yang dapat Anda manfaatkan.

    Dari situ Anda dapat membuat itinerary perjalanan secara detil dan menentukan budget agar pengeluaran Anda dengan sesuai. Namun, Anda juga harus menjadi traveler yang cermat dengan memilih waktu yang tepat untuk membeli tiket perjalanan atau hotel, seperti pada saat sedang ada promosi atau travel fair.

    Lakukan Penghematan Sebisa Mungkin

    Untuk dapat berlibur dengan anggaran minimal, Anda harus pintar melakukan penghematan. Beberapa hal sederhana, misalnya dengan membawa air minum sendiri sehingga Anda tidak perlu membeli, atau membawa bekal.

    Liburan murah juga Anda dapat lakukan bersama teman karena dapat membuat budget liburan menjadi lebih hemat karena Anda dapat membagi pengeluaran besar seperti akomodasi, makan, dan transportasi dengan teman Anda.

    Jangan Berhutang Menggunakan Kartu Kredit

    Saat pergi berlibur, sebaiknya Anda tidak disarankan berhutang menggunakan kartu kredit. Namun, terkadang kartu kredit memiliki fungsi ganda yang sangatlah bermanfaat. Anda dapat memasukkan “tambahan uang” dari kartu kredit dalam rencana anggaran liburan murah yang Anda buat.

    Akan tetapi, Anda juga harus menentukan limit penggunaannya yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai dana tak terduga jika kehabisan uang tunai di tempat-tempat tertentu. Pastikan juga Anda langsung melunasinya ketika tagihan telah terbit.

    Itulah beberapa kiat-kiat merencanakan liburan murah yang bisa Anda terapkan. Dengan membuat rencana anggaran liburan murah yang tepat, maka Anda tidak akan merasa terbebani setelah pulang dari perjalanan wisata sehingga Andapun dapat menikmati liburan dengan nyaman dan tenang.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,213
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Liburan murah perginya yang dekat saja,
    kalau mau piknik jauh-jauh biaya juga bisa makin besar
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    401
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    penghematan yang agak susah , kalo dari pengalaman ane, anatara "hemat aja , sisa uang nya bisa dipakai untuk yang lain" & "cobain aja, belum tentu nanti kesini lagi"
    biasa nya yang ke dua yang menang :D:D:D
     
Loading...

Share This Page