Kiat Memilih Kandang dan Pakan Ternak Bebek yang Baik dan Benar

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Wizam Robbani, Feb 1, 2016.

  1. Wizam Robbani

    Wizam Robbani New Member

    Joined:
    Oct 3, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Berternak bebek bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang apabila kita sudah paham dan terbiasa dengan metode yang biasanya dilakukan, susah apabila metode tersebut tidak biasa kita lakukan. Setidaknya ada dua metode ternak bebek yang berkembang saat ini, yakni metode kandang dan metode penggembalaan. Tiap metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Umumnya, metode penggembalaanlah yang paling banyak diadopsi oleh para peternak tradisional, seperti beberapa peternak dari daerah pantai utara Jawa misalnya.

    [​IMG]

    Dengan mengandalkan metode penggembalaan, hampir dapat dipastikan biaya pengeluaran pakan dapat di hemat dengan mudah. Bebek akan mencari pakannya sendiri di alam bebas, seperti cacing, tumbuhan dan lain sebagainya. Sistem penggembalaan yang baik akan menghasilkan kualitas telur bebek yang baik pula, sehingga warna kuning pada telur bebek terlihat sempurna. Terlebih jika diolah menjadi telur asin, maka hasilnya akan sangat berkualitas.

    Sayangnya, metode diatas masih belum dapat di diterapkan ke semua daerah. Hal ini berkaitan dengan semakin terbatasnya lahan beserta tenaga kerja penggembala yang sulit dicari, sehingga metode penggembalaan pun menjadi kurang populer.

    [​IMG]

    Di lain sisi, metode budidaya kandang nyatanya sudah sedikit lebih maju dibandingkan metode penggembalaan. Hal ini semakin terlihat ketika beberapa praktek ternak bebek dalam kandang mengindikasikan produktivitas yang tak kalah maju. Tak heran jika kualitas telur yang diproduksi dapat dikendalikan dengan memberikan pakan yang benar. Dibawah ini beberapa tipe kandang untuk ternak bebek:
    1. Kandang Tipe Pekarangan
    2. Kandang Terkurung dan Tipe Postal
    3. Kandang Tipe Baterai

    Pemilihan Tipe Kandang Ternak Bebek

    Memilih tipe kandang sangat bergantung dengan sumber daya yang tersedia, seperti luas lahan, lokasi, modal dan tenaga kerja. Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu dianalisis dalam memilih tipe kandang

    • Jika lahan yang tersedia lumayan luas, kandang tipe pekarangan sepertinya cocok untuk dipertimbangkan. Kandang ini membutuhkan lahan yang lumayan luas, namun investasi dalam pembuatan kandang dapat dikurangi karena aktfitas bebek akan dihabiskan dalam area pekarangan. Untuk ternak bebek semi intensif, menggunakan kandang tipe pekarangan sangatlah cocok untuk diterapkan.
    • Jika lahan yang tersedia masih terbata s, menggunakan tipe kandang terkurung atau kandang tipe baterai bisa jadi layak untuk dipertimbangkan. Kandang bertipe baterai terkadang tidak membutuhkan lahan luas, akan tetapi biaya pembuatan kandangnya bisa dibilang memelurkan biaya cukup besar. Sehingga kandang tipe ini sangat cocok untuk budidaya intensif.
    • Jangan lupa untuk mempertimbangkan tujuan ternak bebek. Jika Anda berfokus pada produksi daging dan telur, maka kandang sistem terkurung atau baterai dapat Anda gunakan. Lain halnya jika berfokus pada pembibitan atau reproduksi, akan lebih baik jika menggunakan kandang bertipe pekarangan atau terkurung, usahakan di dalamnya tersedia fasilitas kolam agar bebek bisa berenang.

    Pemilihan Jenis Pakan Ternak Bebek

    Ada dua macam pakan bebek petelur, yaitu pakan konsentrat (pabrikan) dan pakan alami. Pakan konsentrat bisa Anda beli di pabrik terdekat sedangkan pakan alami biasanya berupa kepala udang atau keong.

    Setidaknya ada 3 macam pakan untuk fase pertumbuhan masing-masing jika anda terbiasa membeli pakan ternak bebek dari pabrik. Fase awal disematkan bagi bebek berumur 0-8 minggu, jika memasuki umur 8-18 minggu maka bebek tersebut dikategorikan dalam fase grower, kemudian berlanjut ke fase layer yang sudah berumut 18 sampai 27 minggu. Setidaknya pakan fase awal memiliki kandungan protein 20-22%, berlanjut ke fase grower 17-19% dan fase layer 15-17%.
     
    Last edited: Feb 1, 2016
  2. aa online

    aa online Active Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    601
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah rame banget tuh kaya mau dong bakar bebek hii
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,747
    Likes Received:
    121
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ane mah gamau ternak, maunya makan bebek aja :D
     
  4. Tantowi

    Tantowi Well-Known Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    642
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Bagus nih info, Karena saya nggak tahu maslah budi daya bebek, nggak ada soalnya di daerah saya.
     
  5. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    217
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Memang buti daya bebek sangat menjanjikan juga yah :)
     
  6. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Betul sekali, yg paling vital kalau ternak bebek adalah tersedianya kolam kecil untuk dia berenang dan mandi, jadi biar ga stress
     
  7. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    318
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18

    Iya Benar, jangan lupa didalam kolam disediakan ikan" kecil beberapa hari sekali atau keong sawah agar lebih happy bebek nya
     
    HermanFaiber likes this.
  8. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    41
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Nah ini dia kadang terlupakan, bebek juga butuh sarana alamiah agar tidak mudah stress
     
  9. emen46

    emen46 New Member

    Joined:
    Jan 1, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo mau ternak bebek harus jauh dari pemukiman warga gan.. baunya itu loh gak enak. *peace*
     
Loading...

Share This Page