Kiat Sukses Promosi Online Untuk UKM

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Webpraktis, May 24, 2016.

  1. Webpraktis

    Webpraktis New Member

    Joined:
    Mar 15, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Dari tahun ke tahun, perkembangan dunia digital terus mengalami kemajuan yang signifikan. Kini akses berita dan informasi sangat mudah didapatkan melalui perkembangan teknologi. Hal ini menuntut para pebisnis UKM mulai mengalihkan kegiatan pemasaran ke dunia digital. Selain menciptakan pemasaran digital yang berhasil, promosi yang dijalankan oleh pebisnis UKM juga diharapkan mampu menciptakan brand awareness kepada para pelanggannya. Dengan brand awareness, Anda secara tidak langsung akan mendapatkan promosi gratis dari pelanggan Anda baik secara online maupun offline. Nah, berikut merupakan kiat sukses promosi online untuk UKM :

    1. Tentukan Target Market Anda. Untuk menemukan target market yang sesuai, Anda disarankan untuk masuk ke dalam sebuah komunitas dan bekerjasama dengan komunitas tersebut. Kerjasama dapat dilakukan melalui media offline maupun online. Namun Anda harus ingat, kerjasama dengan komunitas harus dilakukan dengan komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya Anda berbisnis sepatu olahraga, Anda dapat bekerjasama dengan komunitas-komunitas olahraga. Untuk mencari tahu tentang keberadaan komunitas-komunitas, Anda dapat melakukan pencarian melalui mesin pencari.

    2. Manfaatkan Social Media. Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan social media untuk pemasaran bisnis Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram merupakan social media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut kiat sukses promosi online untuk UKM melalui social media :

    a. Facebook
    Anda dapat memanfaatkan social media Facebook dengan membuat Fanpage. Gunakan Fanpage dengan konten yang sesuai dengan target market Anda. Agar konten-konten Anda dilirik oleh target market, buatlah konten yang menarik baik itu berupa tulisan maupun gabungan antara tulisan dan gambar. Anda juga dapat memanfaatkan Facebook Ads untuk memaksimalkan promosi online.
    b. Twitter
    Sama dengan Facebook, untuk menjaring follower Anda harus membuat konten yang sesuai dengan target market Anda. Jika target market Anda hobi olahraga, buatlah konten yang berkaitan dengan dunia olahraga yang dikemas semenarik mungkin. Hindari konten yang melakukan hard selling kepada follower, hal itu dapat membuat follower jenuh dan melakukan unfollow terhadap akun Twitter Anda.
    c. Instagram
    Berbeda dengan Facebook dan Twitter, Instagram menggunakan fitur gambar dan video sebagai konten utamanya. Gunakanlah konten gambar atau video yang memiliki konsep dan tema yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga dengan melihat gambar tersebut, follower merasa tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang Anda posting.

    3. Ciptakan kepercayaan pelanggan. Dalam berbisnis, kepercayaan merupakan hal terpenting. Agar pelanggan dapat melakukan repeat order pada produk bisnis Anda hingga memberikan testimoni ataupun menyarankan pihak lain untuk membeli produk Anda. Anda harus melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Usahakan jangan pernah membuat pelanggan merasa kecewa dengan kualitas dan pelayanan Anda baik di media offline maupun online. Hal tersebut dapat memberikan dampak zero moment of the truth pelanggan.

    4. Membuat website. Selain social media, untuk dapat menciptakan engagement dengan pelanggan, Anda diwajibkan memiliki website maupun toko online. Dengan website, Anda dapat menerangkan secara detail mengenai produk bisnis Anda kepada pelanggan atau pengunjung website lainnya. Dalam pembuatan website, usahakan desain website dan konten website Anda sesuai dengan target market yang ingin Anda tuju. Menariknya tampilan website Anda membuat pengunjung website merasa puas dan sering mengunjungi website Anda untuk mengetahui update terbaru perihal perkembangan produk bisnis Anda.

    5. Gunakan teknik SEO. Anda dapat menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar merek ataupun bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari. Apabila Anda membuat website ataupun toko online di Webpraktis, Anda dapat menggunakan tips memaksimalkan SEO untuk website atau toko online Anda

    Menerapkan kiat sukses promosi online untuk UKM merupakan hal yang penting untuk meningkatkan penjualan Anda maupun mempertahankan posisi website Anda di mesin pencari. Yang perlu diingat bahwa kiat sukses promosi online di atas merupakan langkah awal dalam memaksimalkan bisnis online Anda. Hal tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan traffic pada website Anda. Bagi pengguna Webpraktis.com, membangun backlink lebih luas, membentuk sebuah komunitas pelanggan ataupun menggunakan strategi pemasaran online yang efektif juga merupakan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk lebih memaksimalkan website atau toko online Anda.



    Oleh Webpraktis
     
    DedyAkas Website and YaLaris like this.
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Sosial media ini yang paling penting sih, secara anak muda sekarang mainannya sosmed. Jadi harus dioptimalkan banget promosi di sosial media
     
    DedyAkas Website likes this.
  3. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    promosi yang bagus itu dari mulut ke mulut, lebih terpercaya dan lebih mujarab
     
  4. CBCM

    CBCM Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    83
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    sudah gak ada mulut ke mulut gan, sekarang chat ke chat :D kalau gak percaya liat aja di tempat2 nongkrong mana ada yg ngomong, mereka sibuk mainan hp kwkwkwk :D
     
    DedyAkas Website likes this.
  5. kangudon

    kangudon New Member

    Joined:
    May 24, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    makasih tipsnya mas..
     
    DedyAkas Website likes this.
  6. DedyAkas Website

    DedyAkas Website Member

    Joined:
    Sep 30, 2015
    Messages:
    161
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sosial media... merajai... kiat sukses promosi online :D
     
  7. Karisma ardi

    Karisma ardi Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    menurutku memang media sosial sangat berpengaruh
     
  8. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Untung banget juga kita hidup di Zaman ini, Di mana sosial media jadi senjata ampuh untuk promosi.
     
Loading...

Share This Page