Kisah 5 Makanan Sederhana Favorit Soeharto

Discussion in 'Cooking' started by LilihPAP, Feb 4, 2014.

  1. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Meskipun trackrecord #Soeharto saat ini buruk, dan tidak untuk ditiru, tapi doi adalah manusia biasa juga. Yah, sekelumit cerita berikut ini merupakan salah satu bagian dari kehidupan "biasa" Soeharto sehari-hari. Melansir dari Merdeka, inilah 5 makanan sederhana yang paling disukai Soeharto.

    Masa kecil dan remaja dihabiskan Soeharto dalam kemiskinan. Dia dibesarkan di Yogyakarta di tengah-tengah keluarga petani. Hal ini banyak mempengaruhi kehidupannya. Bahkan hingga dia menjadi Jenderal dan akhirnya menjadi Presiden.

    Soal urusan makan, Soeharto tak berselera makan makanan mewah. Dia terbiasa makan makanan ndeso. Sederhana namun nikmat.

    "Hidangan yang paling saya sukai adalah tetap lodeh buatan istri saya sendiri, atau ikan bakar atau goreng belut yang membawa kenangan di masa kanak-kanak," kata Soeharto Seperti ditulis dalam autobiografi Soeharto: "Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya" yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.

    Kebiasaan makan Pak Harto ini mengejutkan sebagian besar menteri atau pejabat negara. Mereka tak mengira makanan seorang Presiden begitu sederhana. Saat makan, Soeharto sering mengajak para pengawal dan ajudannya untuk bergabung.

    Seperti apa cerita Soeharto dan makanan sederhana favoritnya?

    1. Tempe Bacem Bikin Kaget Perwira TNI AU

    [​IMG]

    Sardjono adalah perwira TNI AU yang ditugaskan di Bina Graha yang menjadi kantor Presiden Soeharto. Sardjono terkejut dengan kehidupan Soeharto yang sederhana.

    "Makanan orang nomor satu di Indonesia itu juga tidak mewah, biasanya hanya tempe bacem, sayur lodeh atau makanan lain yang murah," tulis Sardjono dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 80.

    Sardjono mendampingi Soeharto selama sembilan tahun. Dia sangat terkesan melihat sikap Pak Harto yang sederhana dan bersahaja.

    2. Lahap Makan Ikan Bilih

    [​IMG]

    Soeharto gemar melahap ikan bilih, sejenis ikan berukuran kecil-kecil yang hidup di air tawar. Apalagi jika disuguhkan bersama sayur lodeh dan nasi hangat.

    Ceritanya Soeharto mengundang Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas, untuk sarapan pagi. Azwar datang telat. Dia lega Soeharto tidak marah.

    Ketika itu Azwar melihat Soeharto sarapan dengan sayur lodeh dan ikan bilih. Sementara untuk tamunya, makanan yang dihidangkan lebih mewah.

    "Dari beberapa kali kunjungan, saya jadi tahu bahwa Pak Harto menyukai ikan bilih dari Danau Singkarak. Pak Harto sangat menikmatinya. Oleh karena itulah istri saya selalu memasakkan ikan bilih jika Pak Harto sedang berdinas ke Sumatera Barat dan sesekali mengirim ikan bilih ke kediaman Pak Harto," kata Azwar Anas dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 152.

    3. Makan Tiwul Untuk Cegah Kolesterol

    [​IMG]

    Salah satu makanan rakyat yang disukai Soeharto adalah tiwul. Makanan itu terbuat dari singkong yang diparut, lalu direbus bersama gula aren. Tiwul biasa dimakan rakyat Yogyakarta jika kesulitan beras.

    Menurut Soeharto, Tiwul rendah kolesterol. Soeharto pun pernah menasihati ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Harmoko (kelak menjadi menteri penerangan dan ketua DPR/MPR).

    "Jangan terlalu banyak makan daging. Kalau mau rendah kolesterol, makan tiwul, dan jangan sayur tempe," kata Pak Harto dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 168.

    Harmoko malah menyahut. "Tapi di Jakarta susah mendapatkan tiwul, Pak." Soeharto tersenyum saja.

    4. Suguhi Pop Mie Untuk Menteri Keuangan

    [​IMG]

    Walau seorang presiden, Soeharto ternyata doyan juga makan pop mie. Dia menikmati mie instan itu sebagai makanan selingan atau cemilan. Soeharto pun menyuguhkan Pop Mie untuk tamunya. Termasuk JB Sumarlin yang pernah menjabat sebagai Menkeu.

    JB Sumarlin menceritakan suatu sore tahun 1984, dia menghadap Soeharto di Jl Cendana. Saat itu Pak Harto meminta disiapkan makanan ringan. Ketika datang ternyata dua gelas Pop Mie. Sumarlin terkejut. Sebelumnya dia belum pernah makan Pop Mie.

    "Setelah menunggu sekitar tiga menit, baru mie instan itu diaduk. Kami pun menyeruput kuahnya dan makan bersama. Itulah pertama kali saya makan Pop Mie," kenang Sumarlin dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 160.

    "Orang mengira makanan yang disuguhkan Pak Harto itu mewah dan mahal. Meskipun beliau itu presiden, Pak Harto tidak canggung menyantap mie instan seperti rakyat kebanyakan di luar."

    5. Bagikan Arem-arem Sebagai Bekal Memancing

    [​IMG]

    Di kalangan pengawal dan orang-orang dekat, Soeharto dikenal egaliter. Dia makan apa yang dimakan anak buahnya.

    Soeharto pernah mengajak Ibu Tien memancing. Sebagai bekal, Ibu Tien membuat arem-arem. Arem-arem adalah penganan ringan seperti lontong yang di dalamnya diisi sayuran atau daging. Biasanya sering dimakan untuk sarapan atau mengganjal perut sebelum waktu makan tiba.

    "Ibu Tien menyuruh saya langsung membagikan kepada seluruh kru kapal. Setelah semuanya kebagian, saya membawa arem-arem yang tersisa kepada Ibu Tien. Beliau mengambil dua dari arem-arem itu dan membuka daun pisang yang membungkusnya untuk dinikmati berdua Pak Harto," ujar sobat memancing Pak Harto Hioe Husni Wirajaya.
     
  2. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    wah keren tulisan ini.... ..

    wah keren tulisan ini.... *bagus* ... menceritakan sisi lain dri kehidupan Sang mantan Presiden....
    Tpi menurut sy keren, Pak Harto lebih menyukai makanan khas Indonesia... Makanan Indonesia kan tdk kalah enak dari makanan luar,
     
  3. Samehadaku

    Samehadaku Samehadaku says Kai!!!

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    965
    Likes Received:
    156
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    salah satu presiden yg

    salah satu presiden yg merakyat *bagus*
     
  4. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    doyan pop mie

    siapa sangka si bapak soeharto sebagai orang nomor 1 ketika itu doyan juga sama pop mie.. Tapikalo dipikir-pikir emang pop mie enak sih gan *ketawa4*
     
  5. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Adhum wrote:

    Betul, coba aja keluar negeri, kalo nggak nyarinya makanan Indonesia.
     
  6. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Samehadaku wrote:

    Ya, kalo nggak ditilik dari sudut politik... *berkeringat*
     
  7. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    zouero wrote:

    Kabarnya sih karna doi suka joget Cesar, halah nggak nyambung omonganku ini... *jail*
     
  8. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    LilihPAP wrote:

    hahahahahaha itu kan krena kita gk cocok sama makanan luar negeri *ketawa2*
     
  9. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    LilihPAP wrote:

    klo mie instan di indonesia katanya memang lebih enak daripda mie instan luar negeri. tmenku yg di batam pernah cerita,. ada saudara bosnya dari singapura ke batam, pas mw pulang dy memborong Berdus2 Indomie, katanya mie Indonesia lebih enak *bagus*
     
  10. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  11. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Seharusnya Pop Mie bisa

    Seharusnya Pop Mie bisa mempromosikan produknya dengan nama besar Soeharto.
    Mungkin karena kasus dari Pak Suharto perusahaan Pop Mie mungkin khawatir gak laku.
     
  12. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    tempe bacem dgn tahu bacem

    tempe bacem dgn tahu bacem makanan favoriteku tuh, apalagi kalau dimakan sambil di cocol-cocol pakai sambal bajak *bagus* jadi ngiler, mulai lapar gara2 lihat gambarnya *ketawa3*
     
  13. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Adhum wrote:

    Tapi, dulu ada yang bilang Mie Korea ato Jepang lebih enak pas denger2 temen bantuan Gempa Jogja. Nggak sih belom nyobain sendiri. Yang jelas, Indomie itu diakui dunia *wow3*
     
  14. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wincc wrote:

    Ini gak ngerti komennya... *bingung*
     
  15. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    RuangKerja wrote:

    Yah, dunia politik mah orang baik juga banyak yang mau nggulingin bro. Apalagi, Suharto yang punya trackrecord politis seperti anda tahu...
     
  16. kangfarhan

    kangfarhan New Member

    Joined:
    Mar 16, 2013
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sekali tempe tetap tempe

    bagaimanapun juga...tempe bacem juga kesukaan saya lho mas....hahayyyy
     
  17. LilihPAP

    LilihPAP Member

    Joined:
    Jun 8, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kangfarhan wrote:

    Tempe bacem emang lebih enak ketimbang tahu bacem.
     
  18. Blog_Ardy

    Blog_Ardy New Member

    Joined:
    Feb 2, 2014
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bener-bener mantep ceritanya

    Bener-bener mantep ceritanya *keren2*
     
  19. defialvia

    defialvia Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    68
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    makanan tradisional

    Ngga usah malu ama makanan tradisional bangsa sendiri, sederhana tapi kaya akan gizi
     
  20. floweradvisor

    floweradvisor Member

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    166
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    cukup sederhana

    ternyata cukup sederhana juga ya makanan orang nomor satu RI itu...
     
Loading...

Share This Page