Kisah Dibalik Suksesnya Distro UNKL347: Antara Semangat dan Gairah Idealis

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by awfasehat, Jan 20, 2017.

  1. awfasehat

    awfasehat New Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3

    Jika kamu generasi anak muda kekinian, apakah kamu kenal dengan produk UNKL347? Ya, produk UNKL 347 adalah satu dari banyaknya distro yang ternama di Indonesia. Merk UNKL347 adalah clothingline yang menjadi pendahulu dari perkembangan pabrik distro beberapa wilayah di Indonesia.

    UNKL347 berdiri pada tahun 1996, saat itu UNKL347 telah menjalani berbagai perubahan. Sampai tahun ini UNKL347 telah memperoleh beberapa keberhasilan. Penasaran cerita sebelum suksesnya distro UNKL347 ini?

    Mari baca tulisan berikut ini ... Perintis UNKL347

    UNKL347 dibangun oleh Dendy Darman, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara. Produk UNKL347 berawal dari Dendy yang sukses diterima kuliah di Fakultas Seni Rupa, Insitut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1990 an.

    Dandy memutuskan ambil jurusan Seni Grafis yang sekarang bertransformasi menjadi jurusan Desain Komunikasi Visual. Berawal dari jurusan inilah hobinya pada desain mendesain. Kemudian Ia mulai merintis untuk membangun suatu clothingline.

    Cikal Bakal Dinamakan UNKL347


    Alasan clothingline ini dinamakan UNKL347 Usut punya usut, karena saat itu Dandy tinggal di rumah kos yang berada di jalan Dago nomor 347. Dari rumah inilah, beragam band indie sekaligus komunitas pecinta desain grafis sering berkumpul. Nomor 347 lah yang mengilhami Dandy menamai label 347boadrider. co

    Selain itu, kediaman di jalan Dago dengan nomor 347 itu menjadi saksi bisu dari awal berdirinya kisah perjalanan panjang label distro UNKL 347. Pada tahun 1996, Dandy bersama rekan-rekannya memiliki pemikiran yang sama untuk menciptakan bisnis kaos kecil-kecilan. Mereka setuju untuk memberi nama 347boardride. co

    Berlanjut pada tahun 2003, label 347. boardrider.co ini berubah nama. Tahun 2002 clothingline ini melakukan berbagai perkembangan yang sangat pesat. Sampai satu tahun kemudian, yakni di tahun 2003 mereka merubah tag dengan nama 347/eat yang didalamnya terdapat konsep propaganda dalam desainnya.

    Di tahun 2006 akhir, consume dihilangkan dan digant i dengan UNKL347. UNKL347 ini dipakai sebagai tanda umur yang sudah melewati 10 tahun. After ten years, close friends call us uncle, begitulah semboyan dari tag tersebut. Nomor 347 ini yang jelas tak bisa dilepaskan dari nama clothingline ini walaupun namanya mengalami pergantian.

    Di Balik Suksesnya UNKL34 Antara Gairah dan Idealisme

    Setelah dua dasawarsa berkecimpung di dunia bisnis distro, sejatinya UNKL347 dibangun bukan tanpa dasar. Di balik kesuksesan atau pemikiran idealis yang selalu digenggam oleh Dendi yakni memiliki kejujuran, sepemikiran dengan pasar.

    Makna dari satu pemikiran dengan pasar yakni bahwa ia berusaha menjadi diri sendiri yang dikagumi dan berkarisma. Semua orang tahu UNKL347 telah mendirikan suatu pasar baru.

    Suatu pasar dengan merk pakaian lokal juga memiliki peminat sendiri. Meskipun peminat yang tercipta masih dikatakan kecil, akan tetapi mereka peminat dedicated.

    Ketika pemikiran antara produsen dan peminatnya bisa menjadi satu dan dapat terbentuk, maka daya tarik keduanya bisa dikatakan sama. Baik itu diawali dari musik, buku, majalah, film, atau apapun yang menjadi ketertarikan Dendy dan kawan-kawan. Itu juga yang menjadi daya tarik para peminat mereka.

    Apabila di luar sana masih banyak pengusaha yang mengejar-ngejar tujuan pasar tertentu, lain halnya dengan UNKL347. Mereka tidak perlu bekerja keras. Sebab pada dasarnya target pasar mereka yaitu diri mereka sendiri.

    Merupakan hal yang begitu menyenangkan dan memberikan semangat tatkala apa yang menjadi ketertarikan dan ide mereka bisa menjadi satu hal yang sama dengan peminat. Mereka pun bisa memaknainya menjadi sebuah merk yang akhirnya dapat diterima.

    Dendy selalu menekankan untuk bersikap jujur. Pemikiran idealismenya adalah apa yang kamu cipta, adalah cerminan diri kamu sebenarnya. Ciptakan sesuatu dari apa yang paling kamu ketahui. Demikian kata-kata yang selalu ia jadikan rujukan.

    Buatlah suatu yang paling kamu tekuni, begitulah pemikiran idealis dari Dendy si pemilik UNKL347. Bisa menjadi sebuah pemikiran idealis dan bisa menjadi gairah tersendiri ketika apa yang kamu suka juga ditekuni oleh peminat.
     
  2. Konveksi Hasan

    Konveksi Hasan New Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siap untuk meneruskan generasinya. Tapi dari belakang layar. :)
     
  3. IC Consultant

    IC Consultant Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    produk distro dari UNKL347 emang keren gak tidak diragukan lagi kualitasnya
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    pada kenyataan usaha konveksi sendiri memiliki saingan yang sangat ketat. Perlu perhitungan yang baik dan matang
     
Loading...

Share This Page