Kisah Nabi Ishaq 'Alaihis Salam

Discussion in 'Education' started by Sumber Ilmu, Dec 18, 2015.

  1. Sumber Ilmu

    Sumber Ilmu New Member

    Joined:
    Dec 12, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nabi Ishaq merupakan saudara dari Nabi Ismail, namun beda Ibu. Nabi Ishaq putra dari Nabi Ibrahim dari istri pertama, yaitu Sarah. Sedangkan, Nabi Ismail merupakan putra Nabi Ibrahim dari istri kedua, yaitu Siti Hajar.

    Dikisahkan bahwa Nabi Ibrahim kedatangan tamu. Tamu tersebut sangat berbeda dengan tamu pada umumnya. Karena keanehan tersebut, Nabi Ibrahim merasa takut. Akhirnya, tamu tersebut mengatakan bahwa meraka adalah malaikat. Tujuan kedatangannya adalah untuk menyampaikan kabar gembira bahwa Nabi Ibrahim dengan Sarah akan dikarunia putra yang suatu saat akan memimpin umatnya.

    Sarah sempat mendengar percakapan antara Nabi Ibrahim dengan malaikat. Ia seakan-akan tidak percaya karena Sarah dan nabi Ibrahim sudah berusia lanjut. Ketidakpercayaan Sarah terhadap berita gembira tersebut diabadikan dalam Al-Quran.

    “Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamiku pun dalam keadaan yang sudah tua pula? Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh” (Qs. 11 : 72)

    Malaikat pun menjawab dalam firman Allah,

    “Demikianlah Tuhanmu memfirmankan. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” (Qs. Adz-Dzaariyat: 30)

    kabar gembira yang disamapaikan oleh malaikat pun terbukti kebenarannya. Sarah melahirkan seorang anak laki-laki. Anak tersebut diberi nama Ishaq. Sesuai dengan janji Allah bahwa Ishaq termasuk orang baik dan meneruskan perjuangan Nabi Ibrahim. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam (QS. Shaad: 45-47).

    “Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi.–Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.–Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.”

    Nabi Muhammad SAW pun pernah memuji Nabi Ishaq dalam sabda Beliau yang berbunyi,

    “Yang mulia putera yang mulia, putera yang mulia dan putera yang mulia adalah Yusuf putera Ya’qub, putera Ishaq, putera Ibrahim” (Hr. Bukhari dan muslim)

    Sumber: www.academia.edu
     
  2. adi hasan

    adi hasan Active Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    783
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    saya kira mau menjelaskan kisah perjuangan nabi ishaq....
     
Loading...

Share This Page