Klakson Mati Jangan Langsung Diganti, Cek Dulu Komponen Ini

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Jul 12, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Klakson di kendaraan motor punya fungsi yang sakral pastinya. Sejatinya motor masih bisa tetap berjalan meskipun klakson mati, tapi pasti potensi untuk terjadinya kecelakaan sangatlah besar.

    Oleh karena itu, fungsi klakson sangat vital dan harus tetap dijaga. Jika kondisi klakson mati, atau tidak berfungsi dengan baik segera cek penyebabnya. Jika kondisinya rusak, wajib untuk segera diganti ya. Berikut komponen yang bisa Moladiners cek saat kondisi klakson mati.


    Kondisi Aki Wajib di Cek
    Hal pertama sekali yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian aki. Pastinya kalau kondisi aki sudah soak, bikin klakson gak bunyi ya, Sobat Riders.

    [​IMG]
    Aki wajib sering di cek kondisinya | Foto: Moladin

    Untuk mengetahui aki soak gampang kok? Aki yang soak biasanya bikin kelistrikan gak maksimal seperti biasanya, mulai dari lampu yang redup, motor sulit di starter.


    Cek Kabel dan Baut Platina Klakson
    Kalau kondisi aki ternyata masih bagus, selanjutnya bisa cek kondisi kabel yang ada hubungan langsung dengan klakson. Umumnya, kabel klakson ada dua, yang pertama kabel listrik dan kabel massa. Kalau salah satu atau keduanya lepas, maka klakson dipastikan gak bunyi ya sob!!

    [​IMG]
    Gak kalah penting juga untuk selalu cek kabel klakson | Foto: Moladin

    Baut platina juga bisa jadi salah satu penyebab klakson mati. Kenapa? Sebab posisi baut yang berubah karena adanya benturan bisa membuat klakson tidak berbunyi. Nah, Sobat Riders lanjut baca ulasan selengkapnya di sini https://moladin.com/blog/klakson-mati-jangan-langsung-diganti/
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,208
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Klakson motor ane pernah kadang bunyi kadang tidak,
    setelah saklarnya dibersihin pake wede bisa kembali mudah, kalau aki soak mungkin bukan hanya klakson, tapi starter juga susah
     
Loading...

Share This Page