Knalpot Motor Mau Awet? Kenali Cara Merawat yang Benar!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 19, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    390
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Knalpot merupakan komponen motor yang berfungsi sebagai saluran pembuangan hasil pembakaran. Salah satu faktor yang menjadi penyebab knalpot motor tidak awet adalah karat.

    Padahal, knalpot yang berkarat rentan mengalami kebocoran sehingga menimbulkan sejumlah dampak negatif. Inilah alasan mengapa Anda perlu melakukan perawatan knalpot dengan benar. Adapun caranya adalah sebagai berikut:


    1. Bersihkan Knalpot Setiap Kali Kehujanan
    Bila musim hujan tiba, artinya Anda harus ekstra keras menjaga knalpot motor supaya tidak berkarat. Ya, seperti yang diketahui bahwa air hujan mengandung senyawa asam yang memang tidak cukup ramah pada komponen motor berbahan besi, salah satunya yaitu knalpot.

    Leher knalpot merupakan bagian yang sering menjadi lokasi bersarang karat. Kalau karat dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa knalpot jadi berlubang, lho.

    Tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Kalau begitu, setiap kali motor kehujanan, maka Anda wajib membilasnya menggunakan air bersih. Setelahnya, jangan lupa bersihkan sisa-sisa air menggunakan kain sampai kondisi knalpot kembali kering. Bila knalpot terlanjur berkarat, Anda bisa menggosoknya secara perlahan menggunakan sikat kawat.


    2. Selepas Dari Pantai, Jangan Lupa Bilas Knalpot agar Tidak Berkarat
    [​IMG]
    Jangan lupa untuk membilas knalpot supaya tidak berkarat

    Sama halnya dengan air hujan, air laut ternyata juga bisa memengaruhi kondisi knalpot. Air laut yang mempunyai rasa asin ternyata mampu menyebabkan korosi yang lebih kuat dan prosesnya lebih cepat dibanding dengan air biasa.

    Lagi-lagi leher knalpot menjadi bagian paling berisiko timbulnya karat. Bila tak segera ditangani, knalpot bisa saja patah seiring berjalannya waktu. Hal ini tentu menjadi peringatan keras bagi Anda yang doyan bawa motor ke area pantai.

    Seperti membersihkan knalpot dari air hujan, Anda bisa membilas area knalpot yang terkena air laut menggunakan air bersih. Pastikan seluruh permukaan knalpot tercuci bersih, kemudian keringkan.

    Oh iya, air laut juga memicu dampak lain yang menyebabkan kerugian, di antaranya adalah tampilan motor jadi lebih kusam dan rawan berjamur, komponen karet/sil jadi mudah rapuh, dan membuat rantai motor berisiko putus.


    3. Biar Awet, Olesi Leher Knalpot dengan Oli
    Kalau ingin knalpot motor punya umur lebih panjang, Anda bisa mengolesi knalpot menggunakan oli. Selain mencegah, mengolesi oli pada knalpot juga bisa menghilangkan karat yang menempel. Adapun cara melakukannya adalah nyalakan motor Anda selama beberapa menit hingga mesinnya mulai panas.

    Selanjutnya, olesi bagian knalpot yang berkarat menggunakan oli. Kondisi knalpot yang panas akan bereaksi pada oli yang dioleskan sehingga karat meleleh.

    Tapi Anda juga perlu tahu nih, beberapa orang di luar sana terkadang memasukkan oli pada lubang knalpot. Padahal, hal itu tak perlu Anda lakukan. Cukup mengoleskan oli di bagian luar. Dan bagian penting yang harus dilapisi oli adalah leher knalpot yang rawan korosi. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page