Kolesterol Anda Naik? Begini Loh Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

Discussion in 'Health & Medical' started by ayashafira, Jul 30, 2018.

  1. ayashafira

    ayashafira New Member

    Joined:
    Mar 20, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Kolesterol adalah zat yang ditemukan secara alami di dalam darah. Sebagian besar diproduksi di hati, tetapi kolesterol juga ditemukan di dalam makanan seperti daging merah, keju lemak tinggi, mentega dan telur, Kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik dan akan menjadi masalah ketika tingkat kolesterol dalam darah Anda terlalu tinggi.

    Peningkatan kolesterol adalah masalah umum dan faktor risiko dalam perkembangan penyakit jantung koroner, namun dengan berkonsultasi ke dokter umum, mengikuti asupan makan sehat, dan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dan secara signifikan akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

    Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
    Empat perubahan gaya hidup direkomendasikan untuk semua orang dengan kolesterol tinggi atau yang ingin memastikan level kadar kolesterolnya tetap normal. Perubahan ini akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Berikut cara menurunkan kadar kolesterol tinggi:

    1.Memiliki Berat Badan yang Ideal. Bahkan jumlah berat badan ideal yang sederhana dapat menurunkan kadar kolesterol.

    2.Kurangi jumlah gula dalam konsumsi Anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa tambahan gula (sukrosa) atau sirup jagung fruktosa tinggi merupakan penyumbang terbesar penyakit jantung daripada konsumsi lemak jenuh. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis inflamasi mungkin sebenarnya memiliki validitas lebih dari hipotesis lipid konvensional, meskipun perdebatan masih jauh dari menetap. Seorang peneliti menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan dengan tambahan gula, terutama minuman ringan dan makanan ringan yang diproses dengan sangat baik, yang dapat menyebabkan lonjakan cepat dan penurunan kadar gula darah. Hasilnya bisa makan berlebihan, kegemukan dan penyakit jantung.

    3.Hindari asam trans-lemak. Lemak yang merusak hati ini dapat menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol buruk). Lemak trans ditemukan dalam banyak merek margarin dan sebagian besar makanan olahan, serta makanan ringan seperti keripik, kerupuk dan kue, dan minyak yang digunakan untuk memasak kentang goreng, donat, dan popcorn cepat saji.

    4.Rutin Melakukan Olahraga. Olahraga aerobik setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar HDL(Kolesterol Baik).

    5.Jangan merokok. Merokok itu sendiri merupakan faktor risiko penyakit jantung. Merokok juga dapat menurunkan kolesterol HDL secara signifikan.

    6.Bersantai. Stres emosional dapat mendorong tubuh untuk melepaskan lemak ke dalam aliran darah, meningkatkan kadar kolesterol. Tangani stres dengan berlatih latihan pernapasan harian dan teknik-teknik pengurangan stres lainnya seperti yoga, meditasi, imajinasi yang dipandu atau tai chi.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Makasih banget infonya yaa, kolestrol tinggi emang bikin ga nyaman, apalagi kalau udah menyerang urat" di pundak dan lengan bagian atas, rasanya kaku dan sakit semua
     
    ayashafira likes this.
Loading...

Share This Page