Komponen Penting Genset

Discussion in 'General Business' started by Dede Kusrianto, Jan 23, 2018.

  1. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Di dalam sebuah genset terdapat komponen yang memiliki fungsi berbeda-beda yang memiliki peran penting dalam pengoperasian genset. Untuk menjadi satu kesatuan yang utuh, komponen genset akan dipilih yang tebaik untuk mem “Built-up” genset terbaik. Pelanggan jangan heran jika harga genset dipasaran cukup tinggi melihat komponen yang digunakan impor dari Negara asal. Seiring berjalannya waktu semakin banyak distributor generator set yang melakukan bisnis jual genset, mereka berlomba-lomba untuk meningkatakan kualitas gensetnya sehingga menarik dipasaran. Untuk menentukan harga genset biasanya distributor melihat komponen yang digunakan dan harga pasaran yang ada, itu belum termasuk diskon dan pajak lainnya. Ada beberapa distributor yang melakukan custom pada gensetnya, biasanya hal ini dilakukan atas permintaan pelanggan, tentu harga jual genset yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal. Komponen-komponen inti pada genset seperti mesin, alternator, Sound Proofing, Exhaust sistem, Kill Baterry switch, Sound Proofing, Emergency Stop dan panel control akan digabungkan menjadi satu sehingga terbentuklah sebuah mesih genset yang siap untuk di gunakan. Berikut adalah penjelasan lebih jauh mengenai komponen pada genset:

    1. Mesin, ini adalah komponen utama dalam genset. Mesin berfungsi sebagai sumber energi input mekanis untuk generator. Energy yang dihasilkan sesuai dengan ukuran genset. Pada prinsipnya mesin akan memutar rotor pada generator sehingga timbul medan magnet pada stator generator, medan magnet yang timbul pada stator akan bertinteraksi dengan rotor sehingga menghasilkan arus listrik.
    2. Alternator, adalah komponen yang akan menghasilkan arus listrik dari input secara mekanis yang dijalankan oleh mesin. Di dalam alternator terdapat beberapa omponen yaitu: stator, yaitu besisi set konduktor listrik dan Rotor atau komponen penggerak.
    3. Exhaust & ventilation, desain knalpot dan ventilasi pembuangan udara panas uang efisien dan baik, memastikan peredaman suara dan sirkulasi udara yang baik.
    4. Control Panel, unit genset kami di control dengan PLC dari deepsea electronic sehingga memiliki fitur keamanan yang lebih baik dibandingkan kompetitior.
    5. Kill Baterry switch, setiap unit genset kami dilengkapi dengan kill battery switch untuk memastikan daya aki tetap terjaga bila digunakan dalam waktu yang lama.
    6. Fuel Tank, setiap unit genset kamu sudah memiliki tangki solar yang cukup untuk menyuplai oprasional selama 8-10 jam kerja.
    7. Sound Proofing, dengan menggunakan kepadatan material busa yang tinggi, memastikan peredaman suara yang bagus serta tahan api.
    8. Emergency Stop, setiap unit genset kami dilengkapi dengan emergency stop yang berguna untuk memastikan genset dalam keadaan darurat.
    Demikian penjelasan tentang komponen yang biasa di gunakan pada genset. Setiap genset mempunyai komponen yang hampir mirip, namun semakin berkembangnya zaman dimana teknologi semakin canggih banyak peningkatan untuk memudahkan konsumen dalam mengoperasikannya.
     
    Last edited: Jan 23, 2018
  2. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    210
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Selama ini saya tak pernah menggunakan genset tapi karna informasi ini saya ngerti soal genset
     
  3. tonsur30

    tonsur30 New Member

    Joined:
    Nov 16, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Genset memang memiliki banyak komponen penting di dalamnya, tapi alangkah baiknya juga menjelaskan mengenai jenis-jenis genset yang ada, contohnya itu seperti genset berbahan bakar gas, bensin, urine, lalu ada juga genset portable, dan genset bermesin turbin. CMIIW
     
  4. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    215
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    nice info gan, tambah ilmu tentang mesin,...

    thanks
     
Loading...

Share This Page